PPDB Sumbar 2024/2025 : Petunjuk Teknis Pendaftaran


PPDB Sumbar 2024/2025: Petunjuk Teknis Pendaftaran - Sumatera Barat merupakan salah satu provinsi dengan penduduk yang padat di pulau Sumatera tidak heran jika ada banyak peserta didik yang akan mengikuti pendaftaran PPDB tahun ini, mulai dari tingkat SD, SMP, SMA, dari sekian banyak proses seleksi PPDB yang ada di Sumbar paling menarik perhatian adalah seleksi untuk PPDB SMA.

Secara umum tidak ada banyak perubahan untuk proses seleksi PPDB di Provinsi Sumbar hanya saja jika melihat dari data jumlah peserta terbilang tetap dan cenderung meningkat dari tahun ke tahun, pada kesempatan kali ini admin akan memberikan beberapa rincian petunjuk teknik pendaftaran PPDB Sumbar adapun beberapa syarat yang harus disiapkan diantaranya sebagai berikut :

Dokumen Persiapan Pendaftaran

  1. Akta Kelahiran
  2. KK
  3. IJasah/Bukti kelulusan.
  4. Khusus untuk Siswa jalur Prestasi memiliki seritifikat prestasi
  5. Khusus untuk siswa prestasi harus melampirkan nilai rapot.

Ini berlaku untuk untuk mendaftar secara mandiri, karena mayoritas sekolah yang ada di sekitar provinsi Sumbar menggunakan sistem penyaluran dimana siswa lulusan SMP langsung di daftarkan oleh sekolah asal untuk memilih SMA/SMK tujuan. Jika itu terjadi kita tidak perlu repot mendaftar sendiri cukup setor dokumen persyaratan saja.

Beda cerita kalau orang tua harus mencari sendiri sekolah SMA/SMK untuk anak-anak, selain mempersiapkan dokumen persyaratan orang tua atau siswa yang bersangkutan harus melakukan registrasi melalui online adapun pilihn jalur yang dibuka sebagai berikut :

Jalur Penerimaan PPDB

  1. Zonasi jalur memperhitungkan sekolah dengan lokasi tempat tinggal semakin dekat maka peluang lulus akan semakin besar.
  2. Jalur Prestasi merupakan jalur yang cukup favorite untuk mendaftar sekolah unggulan yang jauh dari tempat tinggal.
  3. Jalur Afirmasi untuk mereka yang tidak mampu secara ekonomi atau anak yatim, piatu.
  4. Jalur Perpindahan tugas kerja orang tua, salah satu alasan pindah mendadak adalah karena orang tua pindah tugas mengharuskan kita untuk mendaftarkan akan ke sekolah yang baru dengan dokumen lama, ini bisa hanya saja perhitungan tempat sekolah selain dekat dengan tempat tinggal juga bisa memilih yang dekat dengan tempat bekerja.
Setelah memilih salah satu proses seleksi PPDB ada beberapa ketentuan lanjut yang harus diselesaikan seperti melakukan pendaftaran secara online untuk lebih jelas berikut petunjuk teknik pendaftaran PPDB SMA/SMK Sumbar :

Petunjuk Teknis Pendaftaran PPDB Sumbar

  1. Buka link pendaftaran https://ppdb.sumbarprov.go.id
  2. Buat akun dengan mengisi data bisa menggunakan data siswa yang bersangkutan atau orang tua.
  3. Isi form nama dan email disarankan mengisi data sesuai nama siswa/i yang akan mendaftar.
  4. Setelah itu kirim dan kompirmasi pendaftaran.
  5. Jika sudah lakukan login dengan mengisi user dan password yang sudah dibuat.
  6. Isi Biodata, Data Keluarga, data akademik secara lengkap
  7. Jangan lupa untuk memilih salah satu jalur masuk.
  8. Bagi yang memili zonasi harus mengatur jarak kordinat tempat tinggal sesuai format yang ada di google map.
  9. Bagi yang mengikuti jalur prestasi wajib melampirkan sertifikat prestasi dan nilai rapot.
  10. Khusus untuk perpindahan tugas orang tua harus disertai dengan surat keterangan pindah tugas dari intansi atau perusahaan tempat bekerja.
  11. Setelah semua selesai dapat mengecek resume pendaftataran.
  12. Kirim 
  13. Jangan lupa untuk mencetak bukti pendaftaran 
  14. Pengumuman dapat diakses melaui link https://ppdb.sumbarprov.go.id dengan kembali login.

Bagi orang tua yang gaptek dapat langsung datang ke sekolah untuk mendaftara secara langsung biasanya sekolah yang bagus akan memberikan bantuan teknis terkait proses pendaftaran PPDB Sumbar tahun ini semoga informasi yang admin berikan bisa bermanfaat, untuk tingkat SD maupun SMP petunjuk tekniksnya kurang lebih sama.