Kapan SNBT 2024 dibuka ?


Kapan SNBT 2024 Dibuka ? - Sesuai timeline pendaftaran SNBT akan dibuka pada bulan Maret meski terbilang agak lama registrasi akun sudah dilakukan sejak bulan Januari hingga berakakhir bulan Februari peserta didik yang tidak melakukan registrasi akun sampai batas akhir penutupan dipastikan tidak akan bisa melanjutkan ke fase pendaftaran SNBT.
 
Transformasi dunia pendidikan khususnya SNPMB telah banyak mengalami perubahan yang cukup signifikan, hal ini bermula diawal tahun pemerintah mengumumkan bahwa saat ini jalur prestasi hanya untuk kuliah mereka yang dinyatakan lulus tidak akan bisa seumur hidup ikut jalur SNBT, sementara untuk jalur SNBT bisa digunakan multifungsi.
 

 
Sebut saja seperti sekolah kedinasan yang mengharuskan salah satu pelamar lulus SNBT terlebih dahulu dengan syarat nilai yang sudah ditetapkan akan menjadi salah satu tujuan utama pelamar, tidak hanya untuk seleksi PTN atau Politeknik Negeri tetapi berguna untuk bekerja seperti seleksi sekolah kedinasan ataupun syarat sebagai nilai untuk melamar BUMN atau perusahaan swasta.
 
Dari manfaatnya jauh lebih menguntungkan ikut SNBT oleh sebab itu jalur tertulis ini akan sangat diminati terutama tahun ini dimana notabanenya SNBP hanya untuk kuliah dan setelah lulus tidak bisa ikut SNBT banyak siswa/i fokus ikut seleksi SNBT dibandigkan jalur undangan. Tidak heran jika antusias siswa/i tahun ini terhadap jalur SNBT meningkat drastis.

Hanya saja dari segi persaingan akan semakin berat hal ini dikarenakan banyak siswa/i berprestasi tidak ikut SNBP dan memilih SNBT, berdasarkan penelusuran dilapangan terdapat banyak sekolah merekomendasikan untuk ikut SNBT karena selain dapat digunakan sebagai seleksi kuliah juga nilainya bisa mengikuti seleksi sekolah kedinasan maupun untuk bekerja.

Kembali pada topik utama kita kali ini kapan pendaftaran SNBT Dibuka, pastikan semua pelamar harus sudah memiliki akun terlebih dahulu dibuka pada tanggal berikut :
  1. Registrasi Akun SNPMB Siswa 08 Januari – 15 Februari 
  2. Pendaftaran UTBK-SNBT 21 Maret – 05 April 
  3. Pelaksanaan UTBK Gelombang 1 30 April dan 02 – 07 Mei
  4. Pelaksanaan UTBK Gelombang 2 14 – 20 Mei 
  5. Pengumuman Hasil SNBT 13 Juni 
  6. Masa Unduh Sertifikat UTBK 17 Juni – 31 Juli 

SNBT diikuti oleh 75 PTN, 44 PTN Vokasi/Politeknik Negeri dan 25 PT KIN yang tersebar diseluruh Indonesia, untuk tahapan pendaftaran SNBT akan dilaksankan sesuai waktu yang sudah ditentukan adapun tahapan pendaftaran yang diikuti sebagai berikut :

Login terlebih dahulu melalui Portal SNPMB https://portal-snpmb.bppp.kemdikbud.go.id/ masuk menggunakan email dan password akun masing-maisng kemudian pilih menu Pendaftaran UTBK-SNBT.

Melengkapi Biodata.

  • Mengisi dan melengkapi biodata
  • Unggah pas foto berwarna paling baru.

Verifiasi biodata 

  • Undah dan Unggah pernyataan tunanetra bari calon mahasiswa berkebutuhan khusus.

Memilih Prodi 

  • Setiap siswa/i dapat memilih 1-2 pilihan sesuai dengan minat.
  • Khusus untuk bidang seni maupun olahraga diwajibkan untuk mengunggah portofolio.

Memilih Pusat UTBK

  • Pastikan sudah memperoleh slip pembayaran untuk biaya peserta non pelamar KIP Kuliha

Melakukan Pembayaran

  • Lembaga dan mekanisme pembayaran dapat melalui mobile bangking BNI, Mandiri, BRI.

Mengundah Kartu Peserta UTBK-SNBT.

  • Jangan lupa untuk undah kartu peserta setelah proses finalisasi pengisian data SNBT.

Peserta pelamar Beasiswa KIP Kuliah

  • Banyak orang kelas menangah yang layak mendapatkan KIP Kuliah namun tidak mengajukan karena alasan dianggap mampu padahal ketentuan KIP Kuliah Gaji kotor orang tua tidak melebihi 4 juta perbulan.
  • Bagi yang sudah memiliki kartu KIP saat sekolah dapat langsung mendaftar ke https://kip-kuliah.kemdikbud.go.id/ atau untuk sekolah keagamaan islam melalui https://kip-kuliah.kemenag.go.id
  • Sementara untuk yang memenuhi syarat penghasilan namun tidak memiliki KIP saat sekolah dapat meminta surat keterangan kurang mampu dari kelurahan atau dasa guna untuk mendaftar ke website KIP.
  • Terdapat dua skema KIP Kuliah saat ini skema 1 mereka mendaftar melalui kartu KIP, jika lulus mendapatkan full gratis UKT dan biaya hidup 800 rb - 1.3 juta perbulan dengan fasilitas asrama kampus yang dibayar perbulan hanya 150 rb sampai 180 rb.
  • Sementara skema 2 mereka yang mengajukan KIP menggunakan surat keterangan tidak mampu dari desa atau kelurahan akan digratiskan biaya UKT saja dan tidak ada biaya hidup yang diberikan tiap bulan.
  • Pastikan mendaftar KIP Kuliah terlebih dahulu sebelum mendaftar SNBT.

Bagi yang merasa berat untuk kuliah karena keadaan ekonomi saat ini yang tidak menentu karena berbagai alasan seperti tingginya kebutuhan pokok terkadang membuat orang tua memutuskan untuk tidak akan menguliahkan anaknya, solusi dari hal tersebut dapat mengajukan KIP Kuliah yang dapat membantu kuliah.

Jangan sampai kesempatan untuk kuliah tahun ini terhenti hanya karena tidak ada biaya kuliah, pemerintah telah mempersiapkan banyak sekali beasiswa untuk membantu dalam mengatasi masalah biaya kuliah. Semoga informasi yang admin berikan bermanfaat.