Daftar Situs Resmi pengumuman-snbp-snpmb.bppp.kemdikbud.go.id Terbaru 2025/2026


Daftar Situs Resmi Untuk Mencari Informasi Pengumuman SNBP Terbaru 2025/2026 - pengumuman-snbp-snpmb.bppp.kemdikbud.go.id - Proses pelaksanaan SNBP telah berakhir kini tiba saatnya mencari informasi pengumuman. Sesuai namanya Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi, tidak ada proses seleksi ujian karena semua hasil akan ditentukan berdasarkan nilai rapot dan prestasi akademik maupun non akademik.

Kuota penerimaan dari jalur SNBP tergolong kecil hanya 20%-30% dari total jalur masuk yang dibuka dan sebagian besar dibuka untuk jalur tertulis. Namun kita tidak boleh berkecil hati maski kecil pembagian kuota cukup adil karena ditentukan berdasarkan masing-masing sekolah dengan pertimbangan beberapa faktor penting seperti akreditasi sekolah, rekam jejak alumni yang pernah kuliah di perguruan tinggi negeri yang dituju.

Semakin banyak alumni yang sudah kuliah dan rekam jejak bagus di PTN maka akan semakin besar kesempatan lulus SNBP, namun sebaliknya banyak alumni sekolah yang menyia-nyiakan kesempatan masuk PTN setelah lulus SNBP tetapi tidak diambil dengan alasan berbuah pikiran atau tidak mendapatkan izin dari orang tua karena jurusan tidak sesuai keinginan dan lainnya.
 

 

Tentu hal seperti ini akan berdampak buruk pada proses seleksi SNBP, bahkan banyak sekolah yang setiap tahun tidak mendapatkan jatah SNBP karena sekolah tersebut di becklist oleh PTN. Intinya proses SNBP akan sangat dipengaruhi oleh nama besar sekolah, dari nilai rapot juga biasanya setiap sekolah beragam tidak semua sekolah memberi nilai tinggi kepada siswanya.

Banyak yang menempati peringkat pertama disekolah namun nilai yang didapat standar, meski berada di peringkat pertama tetapi jika dibandingkan sekolah yang ada di kabupeten atau kota tersebut tergolong kecil tentu membuat kita akan memiliki kesempatan lulus SNBP jauh lebih kecil dibandingkan sekolah kompetitor.

Selain itu pemilihan program studi yang tidak sesuai dengan prestasi non akademik membuat seseorang sulit untuk bisa lulus SNBP, biasanya siswa/i memiliki prestasi dan bakat pada bidang tertentu seperti seni atau olahraga namun orang tua menginginkan anak tersebut kuliah dibidang lain diluar dari prestasi tersebut tentu akan kecul untuk lulus SNBP.

Tahun ini menjadi tahun berbeda karena jika siswa/i cerdas dalam memilih perguruan tinggi negeri maka akan jauh lebih besar memiliki kesempatan lulus seperti contoh pemilihan universitas hanya pada pilihan pertama dan yang kedua memilih politeknik negeri sebagai alternatif, tentu memiliki peluang lulus jauh lebih besar dibandingkan yang memilih 2 pilihan universitas yang sama, selanjutnya informasi terkait sistem dan proses seleksi SNBP akan dijelaskan seperti dibawah ini :


Memahami Sistem dan Proses Seleksi SNBP

Kita sudah membahas secara umum seperti diatas, terdapat beberapa faktor penentu kelulusan sistem dan proses seleksi SNBP diantaranya sebagai berikut :

  1. Akreditasi Sekolah akan menentukan seberapa banyak siswa/i yang akan lulus jalur SNBP semakin tinggi akreditasi sekolah maka akan semakin besar kesempatan lulus SNBP.
  2. Nama Besar sekolah, hal ini akan sangat bergantung pada nama besar sekolah, apakah berada di sekolah unggulan, favorite, atau sekolah biasanya. Semakin besar nama sekolah akan semakin banyak siswa/i yang akan lulus SNBP.
  3. Pertimbangan nilai rapot yang sudah diisi akan menjadi indikator penting dalam proses seleksi, semakin tinggi nilai akan semakin besar kesempatan lulus.
  4. Grafik nilai yang meningkat dari awal masuk sekolah hingga lulus memberikan nilai tambah.
  5. Kesesuaian antara nilai yang didapat dengan pemilihan program studi akan menjadi pertimbangan penting dalam proses seleksi SNBP.
  6. Pemilihan program studi harus sesuai dengan prestasi non akademik yang sudah diraih, akan jauh lebih baik dibandingkan memilih prodi yang tidak ada kaitan dengan prestasi yang didapat.
  7. Rekam jejak alumni di PTN terdahulu akan menjadi pertimbangan penting untuk menentukan lulus atau tidak siswa/i dalam proses seleksi SNBP, semakin banyak alumni dari sekolah yang sama kuliah di PTN akan semakin banyak kesempatan untuk lulus jalur SNBP. Ini akan sangat membantu terlebih jika alumni masing-masing sekolah memiliki prestasi membanggakan selama kuliah dikampus akan mendapatkan lebih tinggi kepercayaan oleh PTN.
  8. Tidak masuk dalam becklist PTN, beberapa sekolah kena backlist karena tahun sebelumnya banyak siswa yang diterima tetapi tidak diambil akan mengakibatkan dampak buruk untuk proses seleksi tahun ini karena kampus memiliki data buruk terhadap sekolah, meski tidak terang-terangan menyebutkan backlist tetapi dalam proses seleksi SNBP tidak satupun siswa/inya lulus.
  9. Sekolah Negeri akan memiliki peluang lebih besar dibandingkan sekolah swasta meski berada pelosok tetap mendapatkan kesempatan untuk lulus SNBP.

Itulah beberapa sistem dan proses seleksi SNBP, analisis dibuat berdasarkan pengalaman admin yang sudah beberapa tahun membawa siswa/i mengikuti proses seleksi SNBP selanjutnya admin akan memberikan beberapa Daftar Situs Resmi untuk Mencari Informasi Pengumuman SNBP Terbaru untuk mengecek pengumuman peserta dapat mengakses website berikut :

 

Daftar Situs Resmi Untuk Mencari Informasi Pengumuman SNBP Terbaru

  • https://pengumuman-snbp-snpmb.bppp.kemdikbud.go.id silahkan cek pengumuman sesuai tanggal yang sudah ditentukan
  • Universitas Syiah Kuala atau sering disingkat Unsyiah/USK merupakan kampus negeri tertua di aceh, sebelumnya memiliki singkatan Unsyiah dan saat ini berubah menjadi USK, berlokasi tidak jauh dari ibukota, meski memiliki nama islam namun USK merupakan PTN, hasil pengumuman dapat diakses melalui link https://snbp.usk.ac.id/
  • Universitas Negeri atau disingkat UNP merupakan kampus ternama di kota padang, tidak hanya terbaik di kota asal, kampus ini memiliki reputasi terbaik di wilayah sumatera dan sekitarnya, pengumuman SNBP dapat diakses melalui link https://snbp.unp.ac.id/

 

Mengatasi Kesulitan saat Mengakses Situs Pengumuman SNBP

Lebih dari 1 juta peserta akan mengakses link pengumuman SNBP secara bersamaan pada tanggal yang sudah ditetapkan tentu saja akan membuat situs mengalami kendala seperti kesulitan diakses, lemot bahkan tidak bisa dibuka sama sekali untuk memastikan semua informasi pengumuman didapat akurat maka ada beberapa hal yang harus dilakukan untuk mengatasi kesulitan saat mengakses situs pengumuman diantaranya sebagai berikut :

  1. Perasaan untuk mengetahui hasil SNBP lebih cepat menjadi salah satu keharusan karena biasanya sesuatu yang sangat ditunggu membuat kita tidak sabar dan ingin segera mengetahui hasilnya, tetapi biasanya website tidak bisa dibuka karena terlalu banyak pengunjung yang mengakses, saran yang harus dilakukan sabar menunggu bahkan jika kita mengakses besok tidak akan telat.
  2. Membuka situs pengumuman secara berkala hingga bisa.
  3. Waktu awal pengumuman SNBP dipastikan membuat website tidak bisa diakses sebaiknya membuka pada jam sepi pengunjung seperti malam hari atau subuh.
  4. Gunakan VPN, untuk mengecek website yang error biasanya menggunakan VPN karen mayoritas pengunjung dari Indonesia server sumber Indonesia telah mencapai batas sedangkan jika sumber kunjungan dari VPN terdeteksi luar negeri dan masih bisa diakses.
  5. Browsing Website Pendaftaran Ulang masing-masing PTN, seolah-olah mau mendaftar ulang dengan memasukan data nomor peserta jika data kita muncul artinya lulus namun jika tidak dipastikan tidak lulus ini bisa menjadi salah satu alternatif yang bisa dilakukan jika kesulitan mengakses situs Pengumuman SNBP.
  6. Sabar menunggu hingga kembali normal.

 

Demikian informasi yang bisa admin berikan semoga bermanfaat, pelaksaan pengumuman SNBP dimulai pada puku 15.00 wib dan untuk zona waktu wita/wit disesuaikan saja. Admin doakan semoga diberikan kelulusan SNBP tahun ini, terutama yang membaca artikel ini amin. 40 orang lelih mengaminkan amak akan diijabah,