8 Saran Lama Menganggur Setelah Lulus Agar Cepat Dapat Pekerjaan


8 Saran Lama Menganggur Setelah Lulus Agar Cepat Dapat Pekerjaan - Ayo sudah berapa tahun sejak lulus sekolah atau lulus kuliah hingga sekarang tetap belum mendapatkan pekerjaan alias masih menganggur. Jika bekerja penghasilan masih tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Sementara usia kini tidak lagi muda, mengharuskan kita untuk bukan sebagai fresh graduate jika ingin pindah kerja yang ditanya pasti pengalaman pekerjaan.
 
Jutaan orang merasakan hal sama belum mendapatkan pekerjaan yang sesuai. Terlebih jika seseorang laki-laki yang harus memenuhi kebutuhan, berperan sebagai tulang punggung, mempersiapkan pernikahan dengan biaya besar, belum ditambah dengan rencana untuk membangun rumah, memiliki kendaraan, memenuhi kebutuhan Istri setelah menikah atau bahkan biaya melahirkan dan sekolah anak.
 

 
 
Semua biaya tersebut harus dipersiapkan, sementara keadaan saat ini berbanding terbaik dengan rencana yang harus dipersiapkan, tanpa terasa usia telah mendekati kepala tiga namun dalam perjalanan karir masih sama seperti beberapa tahun lalu. Belum memiliki pekerjaan, sebagian lagi menggangur dan sebagian lagi pekerjaan tidak dapat memenuhi kebutuhan sehari hari.
 
Masih menjadi beban keluarga adalah salah satu cerita klasik yang sampai saat ini diperankan, setiap bulan minta uang untuk membeli paket menghabiskan sebagian besar untuk hiburan seperti bermain games, terkadang menganggur atau bekerja tidak sesuai menyebabkan stres berat kita sebagai orang normal membutuhkan hiburan untuk itu.
 
Sayangnya tanpa disadari kita terjebak dalam situasi saat ini sudah malas berusaha dan lebih hanya bersantai menghabiskan waktu untuk bergadang, nongkrong santai mengharapkan jika keluar nanti dapat info pekerjaan dari teman. Teman juga beranggapan sama berharap kumpul bareng bisa menambah referensi mendapatkan pekerjaan. 
 
Tanpa kita sadari usia setiap tahun semakin bertambah, kita melewati masa muda dengan hal yang tidak produktif, ada istilah yang paling populer yaitu Bersantai di masa muda menyebabkan bekerja keras di masa tua. Tetapi tidak sedikit juga dari kita yang memang stak sudah melamar kesana sini tetapi tetap tidak mendapatkan pekerjaan yang sesuai.
 
Dari pada menghabiskan waktu untuk bermain games lebih baik gunakan kuota untuk melakukan hal produktif seperti melamar pekerjaan dari online atau meningkatkan skill dari pelatihan atau kuliah berikut saran berdasarkan pengalaman admin :

1. Melamar Pekerjaan Online
  • Dari semua lowongan kerja yang pernah di daftar yang paling efektif dan mendapatkan panggilan adalah https://www.jobstreet.co.id dengan catatan melamar pekerjaan yang sesuai latar belakang pendidikan dan bersabar menunggu kadang sampai berbulan-bulan baru dipanggil, usahakan untuk melamar sebanyak-banyaknya pekerjaan.

2. Ikut Diklat Satpam Khusus Lulus SMA/SMK/MA

  • Apabila kalian lulusan SMA/SMK/MA yang masih belum kerja sebaiknya ikut pelatihan program diklat satpan dengan mengalokasikan dana sekitar 5 juta - 7 juta hanya satu kali dan sertifikatnya bisa digunakan untuk melamar pekerjaan.
  • Datang ke disnaker setempat untuk mencari diklat gratis yang dibuka kemudian tanyakan apakah bisa mendaftar atau tidak namun jika diminta melalui online bisa kunjungi https://pelatihan.kemnaker.go.id/ jika butuh materi belajar bisa mengunjungi https://e-training.kemnaker.go.id

3. Ikut Kursus Online Jadi Wiraswasta

  • Salah satu peluang terbesar adalah menjadi wiraswasta bisa berjualan, industri kreatif atau otomotif yang bisa dipelajari secara online.
  • Ikut pelatihan Prakerja bisa mendaftar ke https://dashboard.prakerja.go.id jika disetujui bisa mengikuti pelatihan online.

4. Pelatihan Online

  • Salah satu mendapatkan pekerjaan yang baik dengan meningkatkan skill melalui pelatihan berdasarkan pengalaman admin salah satu kursus gratis yang bisa diikuti bagus dan gratis di https://www.coursera.org/ pilih sertifikat profesional dengan mengajukan Bantuan Finasial. Karena kursusunya dalam bahasa inggris sebaiknya menggunakan ektensi google terjemah di crome.
  • Mintra Prakerja juga menyediakan berbagai macam kursus bagus yang bisa diikuti sayangnya jika tidak dari program prakerja harus membayar biaya.

5. Kuliah Oline

  • Dari pada bersantai menunggu nasib sebaiknya kuliah online dengan memilih kampus cyaber seperti https://pmb.unsia.ac.id/ keunggulan biaya kuliah lebih murah dari kuliah offline, terakreditasi dan diakui, bisa belajar online. Perbandingan biaya jauh lebih murah online dibandingkan offline.
  • Jika merasa kampus tidak familier bisa memilih salah satu kampus siber yang dikelolah oleh Muhamadiyah yang sudah terkenal melalui https://sibermu.ac.id/ biaya kuliah sangat terjangkau dibandingkan dengan jalur normal.
  • Namun jika kalian ingin kuliah tetapi tidak mau di swasta bisa mengikuti kuliah daring dari https://sia.ut.ac.id/ sayangnya biaya kuliah sama saja dengan kampus offline lainnya.

6. Mengikuti Program Sertifikasi Profesi

  • Bagi lulusan sarjana terutama sarjana pendidikan dapat mengikuti program Beasiswa PPG Prajabatan ppg-prajab.simpkb.id/ gratis tanpa dipungut biaya.
  • Sedangkan untuk lulusan Teknik bisa ambil sertifikasi profesi Insinyur dengan membayar biaya kuliah.
  • Jika ingin yang gratis bisa ikuti program bantuan finansial dari https://www.coursera.org/professional-certificates

7. Khusus Lulusan Sarjana Kuliah S2

  • Ada banyak pilihan pendidikan jika lama menggur salah satunya kuliah S2 namun jika tidak memiliki biaya cari beasiswa S2 seperti https://beasiswa.kemenag.go.id/
  • Bisa juga mengikuti program beasiswa https://beasiswa.kemdikbud.go.id/
  • Lebih populer lagi adalah lpdp https://lpdp.kemenkeu.go.id/

8. Membuka Usaha 

  • Langkah lain yang bisa dilakukan adalah membuka usaha seperti mendirikan PT perorangan dari https://ptp.ahu.go.id/ dengan modal 50 rb bisa buat PT perorangan agar usaha lebih profesional dan bisa mengikuti lelang proyek online selanjutnya buat https://oss.go.id/ badan.
  • Bisa juga membuat ijin usaha UMKM dan ajukan pinjaman ke bank untuk membuat usaha.
  • Cara mencari ide usaha amati jajanan viral, kemudian tiru dan modifikasi jual di daerah kalian.

Semoga informasi yang admin berikan bisa menambah inspirasi anda untuk berubah, halangan terbesar adalah yang datang dari dalam diri sendiri.