Pendaftaran SNBT SNPMB 2023-2024

Info Penting CPNS

halo-snpmb.bppp.kemdikbud.go.id - Pendaftaran SNBT SNPMB 2023-2024 - Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (SNBT) sesuai dengan Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru (SNPMB) dibawah Balai Pengelolaan Pengujian Pendidikan kembali melakukan perubahan besar dalam sistem seleksi nasional berbasis tertulis saat ini Kemdikbud mengganti dan sistem seleksi agar lebih sesuai dengan perubahan dan penyesuaian kurikulum.
 
SNBT adalah singkatan dari seleksi nasional berdasarkan tes atau lebih dikenal dengan jalur tes tertulis masuk perguruan tinggi negeri saat ini Kemdikbud merubah sistem dan tata kelola seleksi nasional penerimaan mahasiswa baru (SNPMB) langsung dibawah balai pengelolaan pengujian pendidikan. Pertanyaan mengapa sistem tes tertulis yang sudah bagus sekarang malah dirubah ?
 

Secara histori dan data memang penyelenggaraan tes SNBT sebelumnya sudah sangat baik dan terbukti menghasilkan lulusan yang memiliki kemampuan akademik baik dan bahkan luar biasanya, selain itu kuota beasiswa KIP Kuliah manyoritas di isi dari jalur SNBT hanya saja muncul sebuah permasalah pada sistem penerapannya.
 
Berdasarkan penelusuran admin dan tim pada pertengahan tahun yang lalu terdapat beberapa sistem pendidikan yang berubah karena SNBT. Karena sistem ujian nasional resmi dihapuskan yang menjadi pemetaan pemeringkatan sekolah secara nasional didapat dari hasil SNBT. Jadi banyak sekolah terutama swasta unggulan di berbagai kota yang lebih fokus mempersiapkan tes SNBT dari pada pembelajaran sekolah.
 
Seharusnya sekolah lebih memprioritaskan pembelajaran, tetapi kenyataan karena untuk persiapan SNBT siswa/i disekolah diberikan full materi dan latihan untuk mempersiapkan SNBT dan belajar kelas 12 menjadi nomor dua, hal ini dinilai sebagai salah satu strategi sekolah swasta dan unggulan untuk meningkatkan citra dan peringkat secara nasional.
 
Dengan naiknya peringkat nasional berdasarkan SNBT maka akan semakin meningkat cintra dan minat siswa untuk bersekolah di sekolah, ajang tes SNBT menjadi cara sekolah untuk meningkatkan reputasi agar tahun depan dapat lebih banyak mendapatkan siswa/i baru.
 
Untungnya pemerintah melalui Kemdibud cepat tanggap dan sadar bahwa permasalahan penghapusan ujian nasional belum selesai jika sistem seleksi ke PTN masih belum dilakukan perbaikan, bahkan sekolah dan siswa/i lebih memprioritaskan belajar SNBT dan sistem pembelajaran khusus kelas 12 semester akhir akan dirubah dan disesuaikan agar materi pelajaran sesuai dengan SNBT.
 
Sistem SNBT akan mempengaruhi pembelajaran sekolah dan sistem kurikulum baru tidak akan berguna jika tidak dilakukan perubahan SNBT. Selain nama SBPT juga melakukan perubahan pada penghapusan mata pelajaran tes. Membuat perubahan dan penerapan kurikulum sesuai dengan tujuan Kemdibud mentransformasi sistem pendidikan di Indonesia menjadi lebih baik.
 
Kesempatan lulus SNBT akan terbuka, tidak hanya mereka yang memiliki uang untuk belajar bimbel mata pelajaran atau siswa/i yang mayoritas dari kota saja, bahkan sekolah pedesaan bisa memiliki kesempatan yang sama untuk lulus SNBT. Sistem yang baru ini dinilai lebih adil dalam cakupan pemerataan pendidikan karena siswa/i bisa lebih fokus untuk mengembangkan diri dalam menghadapi tes SNBT bukan dengan metode hafalan.

Bagi yang berminat mengikuti pendaftaran SNBT, silahkan untuk membaca semua syarat dan ketentuan berikut ini :

Persyaratan Pendaftaran

  1. Pendaftaran dapat diikuti secara pribadi langsung mendaftar secara online.
  2. Saat mendaftar siswa/i kelas 12 semester akhir.
  3. Sudah mengikuti ujian akhir sekolah
  4. Melampirkan surat keterangan lulus/SKL
  5. Pria/Wanita tidak hanya yang normal saja, tetapi teman-teman berkebutuhan khusus juga bisa ikut mendaftar.
  6. Memiliki KTP/Kartu Palajar
  7. Memiliki KK
  8. Siap membayar uang pendaftaran SNBT
  9. Bagi pendaftar KIP harus memiliki kartu KIP/Kartu Bansos atau kartu bantuan lain dari pemerintah pusat.
  10. Bersedia untuk mengikuti tes tertulis sesuai dengan jadwal yang sudah ditetapkan.
  11. Bagi pendaftar KIP Siap untuk menanggung biaya hidup selama 6 bulan diawal sampai proses pencairan KIP Kuliah.
  12. Untuk pelamar KIP sebaiknya mendapatkan dukungan wali/keluarga yang tinggal dekat dengan domisili kampus tujuan.
  13. Melampirkan bukti tambahan lainnya berupa sertifikat prestasi non akademik jika ada, namun jika tidak ada tidak wajib.

 

Cara Pendaftaran SNBT

  1. Membaca semua syarat dan ketentuan pendaftaran dapat diakses melalui link halo-snpmb.bppp.kemdikbud.go.id
  2. Melakukan pendaftaran melalui link snpmb.bpp.kemdikbud.go.id
  3. Memilih seleksi SNBT
  4. Melakukan pendaftaran Akun SNBT
  5. Mengisi formulir pendaftaran SNBT
  6. Mengisi data orang tua/wali
  7. Mengisi data pendidikan 
  8. Memilih 2-3 program studi sesuai minat dan bakat atau pilih jurusan yang paling disukai
  9. Isi juga data prestasi jika ada
  10. Upload berkas pendaftaran
  11. Upload Foto
  12. Upload portopolio bagi yang memilih program studi olahraga atau seni
  13. Periksa kembali berkas pendaftaran
  14. Kirim
  15. Bayar biaya pendaftaran untuk pendaftar umum, bagi pendaftar dengan KIP gratis
  16. Donwload kartu jian
  17. Mengikuti Ujian tertulis sesuai dengan jadwal pada kartu ujian
  18. Menunggu hasil pengumuman.

Materi tes SNBT 100 persen menggunakan penalaran dan logika jadi setiap siswa/i yang akan mengikuti tes tidak perlu untuk menghafal materi tes, cukup belajar pemahaman logika dalam menjawab soal sudah bisa menjadi modal untuk mengikuti tes. Proses tes akan berjalan sesuai dengan ketentuan yang berlaku setiap peserta disarankan untuk datang lebih awal ke lokasi tes.

Bagi yang belum mengetahui lokasi tes, sebaiknya cek lokasi tersebut satu hari sebelum pelaksanaan supaya pada saat tes tidak buang-buang banyak waktu. Bagi yang tidak memiliki keluarga sebaiknya mencari penginapan atau kost yang dekat dengan lokasi tes. Semoga informasi yang admin berikan bisa bermanfaat.