Pengumuman UTBK SBMPTN UINSA 2022-2023

Info Penting CPNS

Pengumuman UTBK SBMPTN UINSA 2022-2023 - UINSA adalah salah satu perguruan tinggi yang dijadikan barometer kampus agama Islam di wilayah Indonesia Timur. UINSA yang berada di Kota pahlawan ini tentu memiliki kesan tersendiri dan keunggulan-keunggulan yang sangat menarik untuk diketahui. Berikut adalah beberapa keunggulan UINSA yang sangat memotivasi kalian untuk masuk ke kampus ini tentunya:
 
1. Memiliki reputasi Internasional
 
UINSA telah menerima predikat yang membanggakan dari berbagai Lembaga pemeringkat kampus tingkat dunia seperti sertifikat ISO 9001:2008 untuk Pelayanan Sistem Informasi Akademik (SIAKAD); Ranking Webometrcis untuk Website dan University Repository; dan Ranking 4 International Colleges and Universities (4ICU)
 

 
2. Menerapkan pola integrative – informatif 
 
Proses belajar dan mengajar UINSA menggunakan yang mengintegrasikan sistem pembelajaran, riset, dan pengabdian kepada masyarakat. 
 
3. Menerapkan Sistem Pembelajaran Model Blended-Learning
 
System pembelajaran UINSA memadukan antara face to face learning dan online learning.

4. Fasilitas ICT Sangat Lengkap 

Fasilitas internet dan wifi tentunya sudah tidak perlu dikhawatirkan lagi karena jangkauannya sudah menyeluruh tersebar di sudut-sudut kampus

5. Menyediakan Pesantren Bagi Mahasiswa
Selain belajar di kampus pada pagi hingga sore hari, kalian bisa juga belajar memperdalam Islam dipesantren mahasiswa UINSA

6. Banyak pilihan Unit Kegiatan Mahasiswa

7. Banyak Pilihan Jurusan

 

Pengumuman UTBk SBMPTN UINSA

Tidak lama lagi, para pejuang perguruan tinggi akan segera mendapatkan hasil jerih payah mereka pada jalur masuk UTBK SBMPTN khususnya di UINSA dengan mengakses website resmi LTMPT di pengumuman-sbmptn.ltmpt.ac.id kemudian login dengan menginput nomor pendaftaran serta tanggal lahir, setelah itu klik lihat hasil lalu cetak atau unduh sertifikat UTBK.

Setelah melihat hasil pengumuman maka bagi kalian yang dinyatakan lolos pada jalur UTBK SBMPTN UINSA diharuskan segera melakukan daftar ulang secara online melalui link laman pmb.uinsby.ac.id/login. Setelah membuka link tersebut maka selanjutnya adalah login dengan menggunakan User-ID No peserta SBMPTN dan PIN/password tanggal lahir (ddmmyyyy). 

Kemudian sistem akan menuju ke halaman pengisian boring daftar ulang atau dokumen yang harus dilengkapi sesuai pada tanggal yang ditentukan. Apabila borang dan dokumen sudah dilengkapi secara benar maka langkah selanjutnya adalah klik simpan dan finalisasi lalu masuk ke menu daftar ulang. 

Merujuk pada link pengumuman SBMPTN UINSA pada link https://pmb.uinsby.ac.id dokumen-dokumen yang harus diupload adalah sebagai berikut:

  1. Scan Slip gaji atau Surat Pernyataan penghasilan orang tua (ayah dan/atau ibu – jika kedua orang tua bekerja, menjadi 1 file dalam bentuk PDF);
  2. Scan Surat Pernyataan Tanggungan Keluarga;
  3. Scan Foto rumah (tampak dari luar, kondisi di dalam rumah: ruang tamu, ruang makan, ruang tidur, ruang dapur, kamar mandi). Karena photo lebih dari 1, upload dalam format PDF;
  4. Hasil scan Kuitansi Pembayaran Listrik terbaru;
  5. Hasil scan Kuitansi pembayaran air (jika langganan air PDAM);
  6. Hasil scan Surat Pemberitahuan Pajak Bumi dan Bangunan (PBB);
  7. Hasil Scan Surat keterangan kepemilikan kendaraan bermotor yang formatnya bisa diunduh;
  8. Hasil Scan Kartu Keluarga;
  9. Hasil scan Kartu Keluarga Sejahtera (bila ada);
  10. Hasil Scan Bukti permohonan KIP-K (bila ada);
  11. Hasil scan Surat Keterangan Lulus (SKL), atau hasil scan ijazah bagi lulusan tahun sebelumnya
  12. Pas foto calon mahasiswa baru saat melakukan pendaftaran SBMPTN), dan upload pada form biodata, jika masih belum ada photo;
  13. Hasil scan Surat pernyataan kebenaran data dan dokumen yang sudah diisi dan dibubuhi materai bernilai 1000 lalu di tandatangani. Adapun format suratnya dapat di unduh dari link pengumuman SBMPTN.

Setelah menyelesaikan serangkaian daftar ulang tersebut maka selanjutnya pihak kampus akan memproses validasi dan verifikasi nilai UKT (Uang Kuliah Tunggal) yang kemudian diumumkan pada tanggal yang ditentukan. Adapun pengumuman hasil UKT yang diberikan dapat dilihat pada akun masing-masing di pmb.uinsby.ac.id/login, sebagaimana login awal di atas;

Apabila sudah mengetahui besaran UKT yang dibebankan maka selanjutnya adalah membayarkan sesuai nilai UKT tersebut dengan cara login pada link pmb.uinsby.ac.id/login lalu masuk ke menu Riwayat Keuangan, kemudian klik centang pada tagihan pendaftar dan klik generate. setelah itu system akan memunculkan kode bayar atau virtual akun. Virtual akun inilah yang nantinya digunakan untuk melunasi UKT melalui Bank. 

Hal yang perlu diperhatikan setelah pengumuman UTBK SBMPTN UINSA adalah ketepatan waktu pelaksanaan daftar ulang dan pembayaran UKT karena apabila waktunya terlewat maka akan  dinyatakan mengundurkan diri 

Apabila ternyata kalian dinyatakan tidak lolos pada jalur UTBK SBMPTN UINSA maka kalian harus perbanyak doa agar bisa masuk juga ke jalur masuk lainnya seperi UMPTKIN (Ujian Masuk Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri) dan Jalur seleksi mandiri UINSA jika sebelumnya sudah mendaftar ke jalur tersebut.

Namun apabila ternyata kalian belum mendaftar pada jalur tersebut maka kalian bisa mencoba jalur mandiri reguler UINSA yang pendaftarannya dibuka sampai 8 Juli melalui link https://pmb.uinsby.ac.id/ Pada jalur ini kalian akan menjalani seleksi berupa tes CBT.