Pengumuman UTBK SBMPTN ULM 2022-2023

Info Penting CPNS

Pengumuman UTBK SBMPTN ULM 2022-2023 - ULM adalah salah satu perguruan tinggi negeri tertua yang berada di wilayah Kalimantan Selatan. Berlokasi di Banjarmasin dan Banjarbaru, ULM Memiliki visi misi yang mengandung tiga kata kunci utama yaitu terkemuka, berdaya saing dan lingkungan lahan basah, ULM semakin melebarkan sayapnya dengan berbagai pencapaian kampus dan prestasi dari mahasiswa-mahasiswanya.
 
Baru-baru ini bahkan FMIPA ULM telah meresmikan pojok statistik yang merupakan hasil dari kerjasama antara Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Kalsel bersama ULM. Selain itu ULM juga menjadi tuan rumah penyelenggaraan Bekantan Awards yang tentunya hal ini menjadi kebanggaan tersendiri karena merupakan perhelatan besar dan sangat diminati oleh banyak orang.
 
ULM terkenal hingga ke seluruh penjuru negeri hingga saat ini tentu diperoleh dari banyaknya keunggulan-keunggulan yang dimiliki baik dari segi fasilitas, sejarah atau hal lainnya. Beberapa keunggulan ULM adalah sebagai berikut:
 
 
 

  1. Pernah berpartisipasi dalam Go-Abroad Fair
  2. Kegiatan ini merupakan kegiatan pameran Pendidikan tinggi tingkat dunia yang tentunya pada kesempatan ini keunggulan ULM diakui secara Internasional.
  3. Memiliki banyak pilihan jurusan yang sudah terakreditasi ban PT
  4. Kulilah di ULM tidak perlu lagi bingung soal sedikitnya pilihan jurusan atau program studi karena di sini kalian akan menemukan hingga 64 jenis jurusan yang sudah terakreditasi Ban PT kecuali beberapa jurusan yang baru dibuka seperti geografi, sosiologi dan statistika. Namun demikian ketiga jurusan ini juga memiliki kualitas yang sangat baik dari segi pengajar maupun sistem perkuliahannya, selain it ketiga jurusan ini sudah menjadi incaran banyak orang akan segera mendapatkan ban PT dengan kualifikasi yang baik tentunya karena pengelolaan ULM yang sangat baik.
  5. ULM menjadi universitas terbaik di Kalimantan Selatan versi Kemenristekdikti : ULM dengan segala pencapaiannya telah memiliki dosen sebanyak 1169 orang yang tentunya memiliki kualifikasi dan kompetensi mumpuni dibidangnya serta aktif melakukan infovasi-inovasi dalam mendidik mahasiswanya serta mengembangkan kualitas dirinya. Selain itu ULM sampai saat ini telah mengampu banyak mahasiswa hingga mencapai sekitar 37.430 orang.
  6. Memiliki profil lulusan yang berkualitas : Para alumni ULM terkenal sebagai alumni yang solid dan aktif dengan terbentuknya himpunan organisasi Ikatan Keluarga Alumni (IKA) ULM. Selain itu prestasi dan kesuksesan mereka di dunia kerja ataupun dunia usaha setelah kuliah juga sudah tercetak dimana-mana hampir di seluruh pelosok negeri. Sehingga saat kalian lulus nanti dari kampus ini dan akan melamar pekerjaan tentu akan menjadi nilai plus pada latar belajang pendidiakn kalian.
  7. IKA ULM :  ini juga sering menjadi sponsor dalam kegiatan-kegiatan umum mahasiswa maupun kegiatan ilmiah lainnya Tak hanya itu, IKA ULM juga sangat memperhatikan kualitas alumni lain yang lulus setelah mereka diantaranya adalah dengan membantu memberikan informasi pekerjaan yang sesuai bidang keahlian.
  8. Melahirkan tokoh nasional : Tak hanya menjadi orang sukses dalam pekerjaan dan bisnis, para alumni ULM juga banyak ynag menjadi tokoh nasional terkemuka di negeri ini. Gusti Muhammad Hatta adalah salah satu alumni yang menjabat sebagai Menteri Lingkungan Hidup Republik Indonesia pada Kabinet Indonesia Bersatu jilid 2, kemudian Mardani H. Maming yang pernah menjabat sebagai Bupatii Tanah Bambu, dan masih banyak lagi.

Tak hanya itu, tokoh seni dan sastra juga banyak dilahirkan dari ULM diantaranya adalah Tajuddin Noor Ganie yang merupakan sastrawan dan penulis cerpen serta puisi asal Banjar dan masih banyak lagi.
Sama seperti perguruan tinggi negeri lainnya, ULM memiliki tiga jalur masuk yaitu jalur SNMPTN yang sudah pengumuman di tanggal yang sudah ditentukan, dan jalur Seleksi Mandiri yang telah dibuka sudah mulai dibuka.

Jalur yang sedang ditunggu-tunggu saat ini tentu adalah SBMPTN UTBK yaitu jalur tes yang sebentar lagi akan dirilis pengumumannya. Untuk melihat pengumumannya kalian bisa mengakses laman resmi LTMPT di link ltmpt.ac.id kemudian login menggunakan nomor pendaftaran dan tanggal lahir. Link pengumuman dapat diakses melalui https://pengumuman-sbmptn.ltmpt.ac.id

Apabila dinyatakan diterima pada jalur UTBK SBMPTN di ULM maka Langkah selanjutnya adalah melakukan daftar ulang dengan cara mengakses link registrasi mahasiswa baru ULM https://sirema.ulm.ac.id/login dan mengikuti instruksi yang ada.

Namun apabila ternyata kalian dinyatakan tidak lolos pada jalur UTBK SBMPTN di ULM maka kalian bisa lanjut ke jalur seleksi mandiri dengan cara daftar melalui laman admisi.ulm.ac.id kemudian membayar biaya pendaftaran melalui Bank Mandiir, BNI atau BTN. Untuk biaya yang harus dibayar Rp. 275.000 untuk jurusan pada kelompok ujian saintek atau soshum kemudian Rp. 300.000 untuk jurusan pada kelompok ujian Campuran. 

Seleksi mandiri ULM memiliki 3 kategori ujian yaitu:

  1. Kategori regular, yaitu ujian tulis berbagis komputer (UTMBK) untuk pilihan jurusan umum dan ujian keterampilan dengan menggunakan portofolio jika memilih jurusan Pendidikan jasmani, Kesehatan dan rekreasi serta jurusan Pendidikan seni drama tari dan musik
  2. Kategori prestasi tahfizh al-Qur’an 30 juz, yaitu tes langsung oleh tim hafizh yang telah mutqin 30 juz, kemudian bisa juga melampirkan bukti tanda lulus tahfizh al-Qur’an 30 juz dari Lembaga, Yayasan atau pondok tahfizh, kemudian bisa juga membuat surat pernyataan untuk murojaah atau menjaga hapalannya selama mengikuti Pendidikan di ULM, serta ujian keterampilan dengan menggunakan portofolio jika memilih jurusan Pendidikan jasmani, Kesehatan dan rekreasi serta jurusan Pendidikan seni drama tari dan musik
  3. Materi Ujian, yaitu tes potensi Skolastik dan tes kompetensi akademik.