Pengumuman UTBK SBMPTN UTM UNIJOYO 2023-2024

Info Penting CPNS

Pengumuman UTBK SBMPTN UTM UNIJOYO 2023-2024 - Universitas Trunojoyo adalah salah satu kampus terkenal di Madura. Selain karena berstatus negeri dan berada di Madura, perguruan tinggi ini juga memiliki bangunan yang sangat megah dan luas serta memiliki banyak keunggulan lain dari segi fasilitas dan kualitas selurut civitas akademikanya mulai dari dosen hingga mahasiswanya.
 
Hal ini dibuktikan dengan adanya beberapa mahasiswa atau lulusannya yang berhasil meraih beasiswa LPDP ke Amerika Serikat. Tentunya akan ada banyak pengalaman dan keuntungan yang bisa kalian dapatkan jika bisa bergabung bersama mahasiswa UTM lainnya. 
 
Satu-satunya Universitas Negeri di Madura Meskipun Madura memiliki banyak perguruan tinggi namun hanya UTM sajalah yang berstatus sebagai perguruan tinggi negeri (PTN). Hal ini tentu menjadi kebanggaan tersendiri karena selain berkualitas tentunya biaya kuliah di PTN relative lebih murah dari pada PTS. 
 
Selain itu persaingan untuk masuk ke UTM juga menjadi sangat ketat sehingga apabila kalian diterima maka kalianlah pemenangnya yang benar-benar memenangkan kompetisi besar untuk menuju masa depan yang lebih cerah Memiliki sarana dan prasarana yang lengkap Asrama Bagi kalian yang harus pandai-pandai berhemat karena memiliki keterbatasan dana maka kalian bisa tinggal di asrama dengan syarat dan ketentuan yang berlaku. Asrama UTM bisa digunakan untuk mahasiswa putra dan putri dengan pengaturan dan tata tertib yang ketat untuk menjaga kondusifitas asrama. 
 
 

 
Pendaftaran dan Segala informasi mengenai asrama ini bisa kalian lihat melalui link http://asrama.trunojoyo.ac.id/, Ruang kuliah, Auditorium, Gedung student centre Laboratorium (lab Komputer, lab Bahasa, lab kimia, lab fisika, lab biologi, lab hukum dan pusat dokumentasi ilmu hukum, lab pasar modal, lab audit, lab perpajakan, lab perbankan, lab agronomi, lab agribisnis, lab teknologi industry pertanian, lab ilmu kelautan, kebun percobaan, lab komputasi dan system cerdas, lab digital multimedia, lab system terdistribusi, lab system informasi dan rekayasa perangkat lunak, lab common computing, lab aplikasi teknologi dan informasi, lab bisnis intelijen system, lab teknologi informasi, lab manajemen industry, lab system manufaktur, lab simulasi dan komputasi, lab ergonomi dan perancangan system kerja, lab rekayasa kualitas, lab lab otomasi industry, lab mekatronika, lab dasar komputer, lab network computing, lab dasar elektro, lab energi terbarukan, lab pemrograman, lab digital, dan lab system produksi)
 
Perpustakaan dan masih banyak lainnya. Kampus ini juga sangat terkenal dengan jurusan Teknik informatikanya yang terlihat dari banyaknya peminat yang mendaftar melalui berbagai jalur masuk UTM. Sama seperti kampus negeri pada umumnya, UTM memiliki tiga jalur masuk kuliah yaitu jalur SNMPTN, Jalur UTBK SBMPTN dan Jalur SMMUTM (Seleksi Bersama Masuk Jalur Mandiri Universitas Trunojoyo Madura).

Jalur yang saat ini sedang ditunggu-tunggu adalah UTBK SBMPTN. Pengumuman hasil seleksi UTBK SBMPTN dapat diliat melalui laman resmi https://pengumuman-sbmptn.ltmpt.ac.id dengan cara login dan memasukkan nomor pendaftaran serta tanggal lahir.

Setelah itu kalian harus langsung melakukan daftar ulang sesuai waktu yang ditentukan apabila dinyatakan lolos dalam seleksi UTBK SBMPTN UTM. Untuk gambaran tata cara daftar ulang jalur SBMPTN 2021 kalian bisa download tata cara daftar ulangnya pada link https://www.trunojoyo.ac.id 

Dalam tata cara daftar ulang tersebut dijelaskan secara lengkap bahwa:

Bagi calon mahasiswa yang mendaftar KIP kuliah akan ada tim yang berkunjung langsung ke rumah untuk melihat langsung dan memverifiaksi kondisi ekonomi calon penerima bantuan KIP Kuliah.
Pemberkasan daftar ulang dilakukan secara online dengan cara login dan mengisi borang pada link https://sidamaba.trunojoyo.ac.id. Pengisian borang ini harus dilakuan secara benar, akurat dan jujur sesuai keadaan saat ini. Adapun dokumen yang harus diupload adalah sebagai berikut:

  1. Pas foto dengan pakaian berwarna putih, berlatar merah, berukuran 4x6 sebesar 100 – 200 Kb dengan format JPG (disarankan gambar diambil di studio foto professional agar hasil gambar lebih proporsional dan berkualitas)
  2. Mengupload dokumen-dokumen pendukung berukuran 200 kb – 1 mb dengan format JPG yang harus tampak jelas. Dokumen pendukung berisi: Foto rumah yang diambil dari beberapa sisi yaitu tampak depan, tampak samping, ruang tamu dan dapur
  3. Scan Kartu keluarga
  4. Scan Slip gaji kedua orangtua atau wali, namun apabila orangtua atau wali tidak bekerja di perkantoran dan tidak memiliki slip gaji, atau bagi yang orangtua/walinya menganggur maka diharuskan menyertakan surat keterangan dari kantor desa atau kelurahan.
  5. Scan Surat keterangan sehat yang setidaknya dikeluarkan oleh Puskesmas setempat dengan keterangan kondisi Kesehatan fisik dan mata (tidak buta warna)
  6. Scan surat pernyataan data dan dokumen yang ditanda tangani di atas materai 10.000 (format surat ini bisa di unduh pada link sidamba.trunojoyo.ac.id)
  7. Scan surat pernyataan berkelakukan baik yang ditanda tangani di atas materai 10.000 (format surat ini bisa di unduh pada link sidamba.trunojoyo.ac.id)

Apabila sudah menyelesaikan Langkah di atas maka selanjutnya adalah melihat pengumuman besaran UKT yang dibebankan dan sekaligus melihat pengumuman seleksi KIP Kuliah apabila mengajukan. Kemudian membayar besaran UKT yang telah ditentukan Lalu mengajukan pembuatan KTM (kartu tanda mahasiswa) dan mencetaknya dengan cara login ke link sidamba.trunojoyo.ac.id lanjut masuk ke menu cetak daftar ulang.

Namun demikian, terkadang keadaannya tidak selalu sama denga napa yang kita inginkan. Bagi kalian yang tidak lolos pada jalur UTBK SBMPTN UTM maka kalian bisa mengikuti jalur Mandiri yaitu SMMUTM melalui link https://pmb.trunojoyo.ac.id/ dan membayar biaya pendaftara sebesar Rp. 300.000 melalui Bank BRI.