Panduan Terbaru Pendaftaran SNBT SNPMB 2023-2024

Info Penting CPNS

Panduan Terbaru Pendaftaran SNBT SNPMB 2023-2024 -Pendaftaran SNBT tahun ini tidak jauh berbeda dari tahun sebelumnya hanya saja ada beberapa aturan baru dan link pendaftaran yang berubah penting bagi setiap calon peserta membaca panduan terbaru sebab jika salah saat mendaftar bisa jadi akan salah strategi dalam mengikuti tes.

Harapan kita semua adalah lulus oleh sebab itu sebelum mendaftar sebaiknya baca tips dan saran agar tidak salah langkah, karena strategi tes sangat dibutuhkan untuk bisa lulus karena sifat dari tes SNBT merupakan hasil pribadi secara individu, hasil inilah yang akan digunakan sebagai pertimbangan kelulusan.


Untuk bisa mendaftar SNBT setiap peserta wajib memenuhi persyaratan dapat dilihat di bawah sekaligus bonus kisi-kisi Tes SBPT dan tips pengerjaan dan panduan terbaru dikutip dari Panduan yang dikeluarkan LTMPT tahun ini untuk lebih jelas simak selengkapnya :

Persyaratan 

  1. Setiap peserta hanya diizinkan mengikuti sebanyak 1 kali
  2. Memiliki akunSNPMB
  3. Memiliki SKHU atau ijasah tanda lulus yang ditanda tangani pihak sekolah.
  4. Memiliki kesehatan yang memdai agar nanti tidak memperhambat proses perkuliahan sesuai program studi yang dipilih.
  5. Khusus untuk peserta tuna netra diwajibkan untuk melampirkan surat keterangan tuna netra.
  6. Membayar biaya pendaftaran.
 
Kisi-Kisi Soal Tes SNBT

Tes TPA

Setiap peserta SNBT dapat menggunakan logika berfikir dalam menganalisis soal terkait dengan kemampuan kuantitatif penguasaan matematika dasar dan kemamuan logika, kemampuan umum, serta memahami bacaan dan tulisan. Tips yang bisa dilakukan adalah mendahulukan soal yang mudah jangan terjebak dengan soal yang terlihat mudah tetapi pengerjaan lama.

Tes Bahasa Inggris 

Untuk tes bahasa inggris dapat menggunakan konsep reading dan memahami arti bacaan dengan menentukan apa tema yang sudang di bicarakan pada soal, jika kita mengerti inti dari soal walaupun kita tidak menguasi bahasa inggris, kita akan dengan mudah atau jalan cerita dari sebuah soal dan pada akhirnya kita bisa menjawab dengan benar, hal itu sangat diperlukan karena setiap soal memiliki persamaan namun berbeda arti dan tujuan dari soal, untuk menentukan inti soal biasa ada dibagian awal kaliamat atau akhir kalimat.

Rata-rata pengerjaan setiap soal berkisar dibawah 1 menit setiap soal, untuk mempercepat menjawab pastikan langsung membaca inti soal baru kemudian dicari di soal. Seringkali terdapat jawaban soal penjelasan soal lainnya, apabila menemukan jenis soal yang seperti itu bonus untuk yang mengerjakan, jika dalam waktu 1 menit soal belum terjawab sebaiknya pindah ke soal lain. Untuk mengerjakan soal tidak perlu beruutan pastikan mengerjakan yang mudah terlebih dahulu. 

Proses pendaftaran dilaksanakan melalui online sama seperti tahun sebelumnya dengan beberapa update aturan dimana aturan tahun lalu berubah dan silahkan untuk menyimak Panduan Terbaru Pendaftaran SNBT dibawah ini :


1. Registrasi Akun SNPMB
  • Khusus untuk peserta yang ingin mendaftar SNBT menggunakan NISN, NPSN, dan Tanggal Lahir di laman snpmb.bpp.kemdikbud.go.id
  • Bagi peserta yang tidak mengikuti SNBP diwajibkan membuat akun sebelum batas akhir pendaftaran akun SNPMB
  • Untuk peserta yang ikut SNBP dinyatakan tidak lulus dapat menggunakan akun SNBP yang sama untuk ikut seleksi SNBT
  • Setelah mendaftar peserta harus melakukan konfirmasi ke email terdaftar.

 

2. Login

  • Kunjungi situs resmi SNPMB pilih menu login akun snpmb.bpp.kemdikbud.go.id
  • Masukan email terdaftar dan password yang sudah dibuat login.
  • Pada menu awal ada dua menu dimana ada menu verifikasi dan validasi lakukan simpan permanen data akun SNPMB sebelum melakukan pengisian data.
  • Isi menu tersebut sampai selesai.

 

3. Memilih Menu Verifikasi dan Validasi Data

  • Pada menu verifikasi dan validasi data setiap calon pendaftar wajib melengkapi dan mengisi biodata, 
  • unggah pas foto berwarna terbaru, dan 
  • verifikasi biodata
  • Pastikan data input dengan benar dan simpan permanen.

 

4. Memilih Menu Pendaftaran SNBT

Setelah berhasil melakukan validasi dan verifikasi pendaftar dapat Melengkapi 

  • Biodata, isi data diri secara lengkap mulai dari nama, dan lain sebagainya sampai selesai
  • Memilih Program Studi pilih sesuai dengan minat masing-masing pendaftar dapat memilih 2 prodi untuk jenis atau 3 pilihan tergantung pemilihan program studi.
  • Mengunggah Portofolio, pastikan peserta melakukan unggah portopolio khusus yang memilih jurusan seni atau olahraga syarat dan ketentuan dari file yang wajib di upload sudah ada di form yang ada di web SNPMB jangan sampai melebihi batas maksimal untuk file yang dikirim.
  • Memilih Pusat SNBT PTN, ini yang paling penting dapat memilih lokasi tes SNBT dari jam, hari yang akan diikuti setiap hari terdiri dari 2 sesi tes pagi dan siang ditambah dengan akhir pekan tetap bisa ikut tes.
  • mendapatkan Slip Pembayaran, Setelah mengisi data biasanya ada mekanisme simpan permanen data dimana tidak bisa dilakukan perubahan setelah simpan permanen, setelah tahap pengisian data akan menerima slip pembayaran yang harus segera di bayar.

 

5. Membayar di Bank

  • Pembayaran biaya dilakukan di bank Mitra (Bank Mandiri, BNI, BTN, dan BRI) menggunakan slip pembayaran yang harus dilakukan paling lambat 2x24 jam.
  • Dapat melalui teller, atm atau mobile bangking. 
  • Besaran biaya pendaftaran 200 rb untuk saintek dan soshum dan 300 rb untuk campuran.
  • Setelah proses pembayaran selesai sistem akan otomatis memverifikasi dapat langsung melakukan cetak kartu pada menu yang telah disediakan.

 

6. Mencetak Kartu Peserta SNBT

  • Login ke laman snpmb.bpp.kemdikbud.go.id memilih menu pendaftaran SNBT untuk mencetak Kartu Peserta SNBT
  • Download kartu peserta SNBT ikuti tes sesuai tanggal yang ada pada kartu, pastikan persiapkan perjanan anda satu hari sebelum tes berlangsung apabila lokasi tes jauh dari rumah.
  • Jangan lupa untuk mengecek lokasi tes SNBT satu hari atau 1 jam sebelum pelaksanaan berlangsung.