Hasil Kelulusan Pengumuman https://snbp.bppp.kemdikbud.go.id 2023/2024

Info Penting CPNS

Hasil Kelulusan Pengumuman https://snbp.bppp.kemdikbud.go.id 2023/2024 - Terdapat beberapa pertayaan umum yang muncul apabila kita mengakses pengumuman SNBP mulai dari teknis pengumuman sampai masalah yang sering ditumekan bagi peserta SNBP yang ingin Cek Hasil Kelulusan SNBP dapat langsung kunjungi situs resmi SNPMB.

Sebagai tambahan admin akan memberikan jawab atas pertanyaan yang terkadang membuat banyak peserta kebingungan langkah apa yang harus dilakukan setelah cek pengumuan untuk lebih jelas admin sudah membuat rincian secara lengkap seputar Hasil Kelulusan Pengumuman SNBP untuk lebih jelas simak selengkapnya dibawah ini :

 


Faktor Penentu Kelulusan SNBP

Terdapat beberapa faktor penting dalam kelulusan SNBP dimana beberapa program studi mengharuskan memiliki nilai rapot tinggi dan memiliki bukti prestasi akademik maupun non akademik beberapa informasi mengenai faktor kelulusan SNBP dipengaruhi seperti berikut :

  1. Nilai Rapot dengan nilai rata-rata peringkat tertinggi di sekolah.
  2. Memiliki sertifikat prestasi akademik maupun non akademik tingkat sekolah, kabupaten/kota, provinsi, nasional atau internasional, semakin tinggi prestasi akan semakin besar kemungkinan untuk lulus.
  3. Kesesuaian prestasi dengan pemilihan program studi yang dipilih, ada banyak peserta yang memiliki nilai mata pelajaran tinggi namun dalam pemilihan prodi berbeda kelompok tes maka nilai rapot tidak akan bisa membantu proses kelulusan, begitu juga dengan sertifikat yang dimiliki harus sesuai dengan pemilihan jurusan yang nantinya akan diambil.
  4. Persentasi jumlah siswa/i sekolah yang dikirim semakin sedikit siswa/i yang ikut SNBP maka kesempatan lulus akan semakin tinggi.
  5. Traking Alumni lulusan sekolah asal, semakin banyak alumni yang lulus PTN pada tahun sebelumnya maka persentase kelulusan akan semakin tinggi. 
  6. Hindari memilih program studi yang sama saat daftar SNBP di sekolah untuk menghindari persaingan antar siswa/i di dalam satu sekolah.
  7. Semua ketetapan ditentukan oleh SNPMB dimana hasil kelulusan tidak dapat di ganggu gugat.


Melihat Pengumuman SNBP Jika Lupa Nomor Peserta

Beberapa hal yang banyak di pertanyakan saat cek pengumuman adalah apakah kita bisa melihat pengumuman SNBP jika kita lupa nomor peserta, tanpa nomor peserta tidak bisa mengecek pengumuman bagi peserta yang ingin cek kelulusan SNBP tetapi lupa nomor peserta dapat dilakukan seperti berikut :

  1. Login ke https://portal-snpmb.bppp.kemdikbud.go.id/ login menggunakan akun yang dimiliki cek data pendaftaran SNBP download ulang kartu peserta untuk mengecek nomor peserta yang lupa dan hanya dapat dilakukan dengan cara login ke portal pendaftaran SNBP.
  2. Langkah lain mengingat simpanan file kartu peserta yang sudah terdownload saat pendaftaran SNBP sebelumnya.
  3. Beberapa portal online akan mengupload data kelulusan sesuai yang bisa dicek hanya saja yang paling disarankan cek pengumuman melalui situs resmi SNPMB

 

Apakah Hasil SNBP Bisa Berubah ?

Tidak akan ada perubahan hasil pengumuman karena sifatnya tidak permanen dan tidak bisa di ganggu gugat hasil SNBP tidak bisa berubah kecuali :

  1. Terapat kesalahan sistem dari web yang disebabkan trafik tinggi menyebabkan hasil yang ditampilkan tidak valid.
  2. Sistem tidak mempilkan loading sempurna biasanya hasil yang tidak sesuai.
  3. Untuk hasil SNBP tidak bisa berubah biasanya hanya terjadi karena server error atau tidak terhubung dengan lancar, sebaiknya lakukan pengecekan pengumuman secara berkala tidak hanya sekali untuk memastikan pengumuman bisa diakses dengan lancar.

 

Kenapa Pengumuman SNBP Tidak Bisa di Buka ?

Pengumuman SNBP akan yang dilaksanakan secara serentak sangat tinggu oleh peserta biasanya menyebabkan link web terjadi gangguang yang menyebabkan error tidak bisa dibuka, atau bahkan dialihkan ke link mirror lainnya berikut cara mengatasi masalah tersebut :

  1. Apabila peserta SNBP menemukan situs error tidak bisa diakses maka sebaiknya cek link pengumuman lainnya dari puluhan link biasanya ada saja yang bisa dibuka.
  2. Satu jam pertama pengumuman akan menyebabkan situs susah diakses untuk pengatasi lakukan pengecekan secara berkala sampai normal.
  3. Usahakan tanpa terburu-buru jika sore hari belum bisa diakses bisa mengecek pada malam hari atau di hari berikutnya.
  4. Batas pengecekan pengumuman SNBP cukup panjang sampai batas sebelum pendafatan ulang jadi jangan terburu-buru masih ada waktu.

 

Ketika Sudah Menerima Pengumuman SNBP tahapan apa yang harus dilakukan ?

Setelah pengumuman SNBP keluar tahap selanjutnya yang harus dilakukan oleh peserta adalah mempersiapkan diri jika :

  1. Lulus persiapkan dokumen pendaftaran ulang dan uang UKT pertama dimana proses jadwal pendaftaran ulang dapat dilihat melalui situs resmi PTN tempat lulus pastikan melengkapi berkas persyaratan dan mengikuti tes kesehatan dikampus.
  2. Membayar uang UKT pertama dan mengikuti registrasi ulang dikampus sampai mengikuti persiapan ospek dan perkuliahan perdana.
  3. Peserta yang dinyatakan lulus tidak melakukan pendaftaran ulang sampai batas waktu yang sudah ditentukan maka dianggap tidak lulus.
  4. Bagi yang tidak lulus dapat mendaftar UTBK menggunakan akun SNPMB yang sudah ada.

 

 Apakah bisa mengikuti tes lain padahal tes SNBP Belum Keluar ?

  1. Proses seleksi SNBP tidak akan mempengaruhi tes lainnya meski pengumuman SNBP belum keluar.
  2. Kecuali Untuk pendaftaran UTBK SNBT harus menunggu hasil SNBP baru bisa ikut karena tidak bisa membuat dobel akun SNPMB.
  3. Sedangkan jenis tes serupa lainnya dapat diikuti secara bersamaan meski hasil kelulusan belum keluar.


Jika Lolos SNBP apakah KIP Kuliah akan di Seleksi Lagi ?

Proses seleksi SNBP KIP Kuliah saat ini satu paket peserta yang dinyatakan lulus SNBP otomatis lulus KIP Kuliah karena data yang tersingkronisasi kecuali terdapat catatan khusus sebagai berikut :

  1. Jika dicurigai terdapat manipulasi data maka pihak PTN berhak melakukan proses tes tambahan seperti wawancara untuk memastikan kelakan peserta.
  2. Sedangkan untuk proses seleksi normal tidak ada tambahan seleksi lagi atau hasil SNBP sudah cukup.
  3. Terdapat perbedaan data SNBP KIP Kuliah yang menyebabkan tidak tersingkronisasi dengan baik meskipun jarang terjadi biasanya ada saja entah itu salah dalam pengisian data atau error semacamnya.
  4. Intinya apabila lulus SNBP maka KIP Kuliah yang di daftarkan otomatis lulus juga kecuali terbukti data yang diisi dimanipulasi sedemikian rupa.
  5. Semua ketetapan dapat dilakukan oleh pihak PTN sewaktu-waktu dan penetapan bersifat mutlak tidak dapat di ganggu gugat.

 

Hal Yang Menyebabkan Kelulusan SNBP di Anulir atau dibatalkan

Beberapa hal yang dapat menyebakan pembatalan kelulusan SNBP meski hasil yang didapat sudah lulus sebagai berikut :

  1. Nilai Ujian Sekolah akhir yang baru keluar ternyata kecil dan tidak memenuhi syarat masuk prodi yang sudah dipilih dapat menyebabkan status kelulusan SNBP dibatalkan.
  2. Data yang diisi tidak sesuai dengan identitas kependudukan atau terdapat indikasi kecurangan dalam pengisian data.
  3. Tidak melakukan registrasi ulang sampai batas waktu yang telah ditentukan.
  4. Tidak membayar UKT pertama tepat waktu juga dapat menyebabkan status kelulusan dibatalkan.

 

Link Pengumuman SNBP

Pastikan setiap peserta membaca beberapa pertayaan yang sering muncul saat mengecek pengumuman SNBP diatas. Untuk link resmi pengumuman SNBP https://snbp.bppp.kemdikbud.go.id/ dan lin mirror :

  1. https://snbp.bppp.kemdikbud.go.id/
  2. https://ipb.ac.id
  3. https://isbi.ac.id
  4. https://itb.ac.id
  5. https://itk.ac.id
  6. https://its.ac.id
  7. https://ugm.ac.id
  8. https://ui.ac.id
  9. https://ulm.ac.id
  10. https://unair.ac.id
  11. https://unand.ac.id
  12. https://undip.ac.id
  13. https://unesa.ac.id
  14. https://unhas.ac.id
  15. https://unimal.ac.id
  16. https://unm.ac.id
  17. https://unnes.ac.id
  18. https://unp.ac.id
  19. https://unpad.ac.id
  20. https://unram.ac.id
  21. https://unsrat.ac.id
  22. https://unsri.ac.id
  23. https://unsyiah.ac.id
  24. https://untan.ac.id
  25. https://untirta.ac.id
  26. https://uny.ac.id
  27. https://upnjatim.ac.id
  28. https://usu.ac.id
  29. https://ut.ac.id

 

Semoga informasi yang admin berikan bermanfaat jangan lupa berdoa sebelum cek kelulusan SNBP harapan semoga tahun ini bisa lulus SNBP amin.