4 Cara Pengajuan Student Loan Indonesia

Info Penting CPNS

4 Cara Pengajuan Student Loan Indonesia - Student Loan Indonesia adalah pinjaman yang diberikan pihak perbankan, Fintech, atau Kampus dengan skema hutang untuk biaya kuliah. Konsep pinjaman pendidikan yang ada di Indonesia masih baru dan berbeda dengan Student Loan yang ada di Luar negeri, jika di luar negeri student loan diberikan kepada mahasiswa langsung saat kuliah biasanya pengajuan pinjaman sejak awal pertama masuk.
 
Biaya kuliah di luar negeri sangat tinggi jadi kecil kemungkinan bagi mereka yang berpenghasilan menengah kebawah bisa berkuliah oleh sebab itu pihak perguruan tinggi memfasilitasi pinjaman untuk membayar semua biaya kuliah. Hanya saja konsepnya jauh berbeda mahasiswa yang berkuliah diberikan kesempatan bekerja part time dan diutamakan bisa bekerja sambil kuliah.
 

Sedangkan di Indonesia seseorang yang memiliki ijasah saja sulit untuk mendapatkan kerja apalagi masih berstatus mahasiswa tidak ada istilah prioritas bagi mahasiswa, untuk bekerja sambil kuliah sangat sulit dilakukan di Indonesia. Perbandingan dengan Student Loan yang ada di Luar Negeri sangat berbeda dimana kita sebagai mahasiswa jika sudah mendapatkan Studen Loan bisa membayar dengan mencicil dari hasil kerja part time.

Di Indonesia mahasiswa yang bekerja sambil kuliah sangat sedikit. Beruntungnya jika kita tinggal di Indonesia biaya kuliah tidak semahal di luar negeri jadi jika dibutuhkan untuk mengambil Student Loan tidak terlalu besar jumlahnya, di Indonesia sendiri admin sudah menelusuri sistem Student Loan yang masih baru dimana terdapat 4 jenis Student Loan yang ada di Indonesia dengan konsep berbeda dari Pinjaman Pendidikan yang ada di Luar Negeri seperti berikut :


1. Student Loan Bank

Pinjaman pendidikan yang bisa di dapat dengan proses pengajuan dimana harus masih harus melibatkan orang tua dalam pengajuannya hanya saja persetuan akan di dasarkan pada anggota keluarga yang sedang menempuh pendidikan di perguruan tinggi nantinya pihak bank akan menghitung kebutuhan biaya kuliah dari awal hingga lulus kemudian akan mengkoversi menjadi cicilan dengan bunga yang cukup rendah antara 6%-12% pertahun.

Student Loan Bank lebih mudah di setujui karena termasuk pembiayaan produktif istilah yang sering dikenal adalah semacam KTA, hanya saja setiap mahasiswa yang ingin mengajukan pinjaman pendidikan ini harus melalui persetuan orang tua karena untuk membayar cicilan masih di bebankan kepada orang tuta.

Hanya saja ada toleransi jika tenor yang diberikan yaitu selama kuliah masih belum lunas, bisa dilanjutkan pembayaran apabila mahasiswa setelah lulus kuliah langsung bekerja. Syarat utama apakah pinjaman ini di setujui oleh bank atau tidak tergantung dari perguruan tinggi tempat dimana mahasiswa kuliah. Berikut Student Loan bank yang adi di Indonesia

  1. BRI Briguna Pendidikan : menawarkan pinjaman dengan proses cepat, bunga rendah, cicilan ringan, limit kredit besar, jangka waktu disesuaikan dengan masa studi, dan sudah tercover asuransi dapat diajukan melalui kantor cabang terdekat atau cek infonya melalui https://bri.co.id/briguna-pendidikan
  2. Kredit Pendidikan Bank Mandiri : merupakan kredit pendidikan dalam rangka meningkatkan SDM Indonesia, dimana dapat diajukan bagi peserta yang memiliki potensi seperti UKM prestasi dan berbasis pendidikan proses pengajuan dapat langsung ke kantor cabang bank mandiri.
  3. BNI Cerdas : merupakan pinjaman pendidikan yang diberikan kepada orang tua/pegawai yang menempuh pendidikan tanpa jaminan dengan bunga rendah dan limit pinjaman hingga 200 juta dengan memenuhi syarat seperti yang sudah ditetapkan dapat di cek melalui link https://www.bni.co.id/id-id/personal/pinjaman/bnicerdas
  4. Kredit Pendidikan BTN bagi yang berminat mendapatkan pinjaman untuk biaya pendidikan dari diploma hingga S3 BTN akan memberikan pinjaman hingga 200 juta dengan ketentuan untuk alokasi dana pendidikan, proses pengajuan dapat dilakukan melalui bank BTN terdekat.


2. Student Loan Fintech

Di era serba digital saat ini sistem keuangan juga semakin ketat persaingannya tidak hanya perbankan yang bermain di Industri pinjaman salah satunya adalah Fintech dengan produk nya adalah Pinjaman Online Pendidikan yang dapat diajukan melalui daring, ada banyak pinjaman online yang diberikan dengan tujuan sebagai kebutuhan biaya kuliah. Berikut daftar fintech yang memberikan fasilitas biaya pendidikan :

  1. Dana Didik salah satu P2P landing yang berkontribusi memberikan pinjaman untuk tujuan pendidikan adalah https://danadidik.id/ proses pengajuan dapat dilakukan individu atau perorangan maupun institusi dengan sistem pinjaman online pengajuan juga full daring dengan ketentuan bunga lebih tinggi dari bank namun masih wajar.
  2. Cicil merupakan pinjaman online khusus pinjaman pendidikan dimana bunga yang ditawarkan memang lumayan tinggi tetapi masih wajar dan terdaftar serta diawasi oleh OJK proses pengajuan dapat dilakukan secara online melalui https://www.cicil.co.id/.
  3. Flaxi Cash By Jenius : Merupakan salah satu pinjaman serbaguna dari bank jenius berbasis online dimana bagi yang sudah mendapatkan limit dapat digunakan untuk biaya pendidikan karena bunga yang ditawarkan 1%-3% perbulan bisa digunakan untuk pinjaman biaya pendidikan.

 

3. Student Loan PTN

Beberapa PTN terbaik Indonesia sudah mulai menerapkan sistem Student Loan seperti UGM dan ITB pengajuan Student Loan diberikan kepada mahasiswa dengan seleksi ketat dimana nantinya setiap mahasiswa yang sudah terpilih dapat berkuliah di kampus tersebut dengan sistem biaya kuliah bisa dicicil sampai nanti setelah bekerja, konsep student loan di PTN ini mirip yang ada di Luar Negeri dimana mahasiswa yang dianggap pihak kampus tidak mampu secara ekonomi akan diberikan bantuan berupa pinjaman biaya kuliah yang dapat diangsur sampai selesai kuliah.

Selain dari Student Loan mahasiswa juga akan diarahkan untuk mengajukan beasiswa seperti KIP Kuliah, Beasiswa Prestasi Akademik atau beasiswa kurang mampu setelah lulus di salah satu PTN tersebut, sistem ini akan sangat membantu mahasiswa jika di tengah jalan saat kuliah orang tua/wali di phk atau di berhentikan atau tidak memiliki penghasilan tetap, hanya saja pinjaman ini masih bekerjasama dengan pihak bank pelat merah tidak 100% dikelolah oleh kampus. Hampir seluruh kampus PTN yang ada di Indonesia telah bekerjasama dengan Bank BUMN untuk menyalurkan pinjaman pendidikan namun beberapa lider PTN yang sudah mulai menerapkan Studen Loan seperti

  1. ITB salah satu PTN terbaik di Indonesia yang sudah merapkan Studen Loand dan teritegrasi dengan sistem keuangan yang berdiri secara mandiri di ITB, dan bekerjasama dengan Bank BUMN untuk menyalurkan Pinjaman Pendidikan dan memberikan fasilitas kepada mahasiswa yang terpilih.
  2. UGM beberapa sumber berita ternama di Indonesia sudah mulai menerapkan Student Loan dan tergolong sangat bagus.
  3. Kedepan akan diikuti oleh seluruh PTN yang ada di Indonesia dengan sistem yang tidak juah berbeda seperti bekerjasama dengan pihak bank untuk memberikan pinjaman pendidikan atau memberikan angsuran biaya UKT persemestar yang bisa dicicil.

 

5. Student Loan PTS

Jika kalian kuliah di salah satu perguruan tinggi swasta hampur sebagian besar pihak kampus akan memberikan Student Loan dengan konsep mencicil biaya UKT seperti 3 kali bayar atau bahkan ada yang enam kali bayar setiap semesetar, atau beberapa kampus PTS juga memberikan diskon kepada mahasiswa tertentu berupa potongan biaya semestar apabila memiliki prestasi tertentu. Pada dasarnya biaya yang bisa di cicil oleh mahasiswa tersebut merupakan bagian dari Student Loan. 

Tidak hanya kampus negeri pihak perguruan tinggi swastas sudah sejak lama menerapkan student loan untuk menarik minat mahasiswa baru agar memilih kuliah di salah satu PTS ini merupakan strategi market untuk menggaet mahasiswa baru dari pihak kampus dengan tawaran seluruh biaya kuliah baik UKT maupun biaya pangkal bisa dicicl hingga 3-6 kali setiap semesternya bahkan pihak PTS memberikan banyak diskon untuk memberikan keringanan bagi mahasiswa yang akan kuliah di salah satu PTS atau yang telah bertatus sebagai mahasiswa. Hanya saja ketentuan tersebut harus ditanyakan sebelum bertatus menjadi mahasiswa sebab setiap PTS memiliki kebijakan yang berbeda.


Apapaun jenis Studen loan atau bantuan pendidikan yang berikan oleh kampus merupakan bentuk untuk memudahkan mahasiswa meraih gelar dengan biaya yang ringan diharapkan mahasiswa yang tidak mampu secara ekonomi dapat terbantu dan yang sudah bertatus sebagai mahasiswa tidak putus di tengah jalan. Semoga informasi seputar Student Loan Indonesia dapat menjadi referensi solusi keuangan anda dan keluarga dalam meraih gelar pendidikan perguruan tinggi baik di negeri maupun di swasta.