Cara Mengukur & Meningkatkan Peluang Lulus SNMPTN 2022

Info Penting CPNS

Cara Mengukur & Meningkatkan Peluang Kelulusan SNMPTN 2022 - Bagaimana mengukur peluang SNMPTN 2022 - Peluang SNMPTN hanya bisa diikuti satu kali setelah lulus sekoah jadi jangan sia-sia kesempatan, semua itu sangat bergantung dari proses belajar di sekolah mengingat semua ketentuan kelulusan 100% ditentukan sekolah, setiap siswa/i yang memiliki rencana ikut SNMPTN tidak boleh santai karena tidak akan ada lagi bantuan.
 
Baik siswa SMA/SMK/MA dari mulai kelas 1,2,3 harus berusaha keras untuk mendapatkan peringkat selama di sekolah, jika dulu sekolah akan menyesuaikan nilai raport dengan hasil yang di dapat dari ujian nasional, sekarang hal itu sangat berbeda dimana nilai ijasah ditentukan dari sepenuhnya ujian sekolah. Jadi penilaian akan sepenuhnya dikembalikan ke guru mata pelajaran.
 
 

 
 
Bagi yang sudah unggul pada mata pelajaran tententu harus semakin rajin belajar mencapai nilai paling tidak peringkat 20 atau lebih bagus 10 besar. Untuk yang merasa kurang pada mata pelajaran sebaiknya untuk fokus pada bidang yang dikuasai seperti jika ada siswa/i yang tidak pandai dalam pelajaran dan unggul bidang seni atau olaharaga bisa ditekuni satu jenis pencabangan sampai mahir, hal itu akan sangat membantu meningkatkan peluang lulus SNMPTN.
 
Yang tidak kalah penting perlu diperhatikan adalah jangan sampai ikut-ikut kebanyakan trend disekolah, sejak jauh-jauh hari sudah pilih tujuan akan mengambil apa program studi setelah lulus nanti, jangan lupa untuk yang memiliki sikap kurang baik dengan guru selama ini diperbaiki, karena proses belajar tidak hanya menilai dari hasil ulangan saja tetapi berdasarkan nilai sikap juga bisa membantu meningkatkan peluang SNMPTN.

Belajar mandiri menjadi faktor utama saat ini dalam keberhasilan, tidak ada jalan pintas jika dikembalikan kepada sekolah artinya nilai proses akan menjadi peran penting, peluang SNMPTN akan sangat bergantung kepada nama besar sekolah dan proses belajar disekolah. Pengalaman admin dulu meski kita tidak pintar saat sekolah saat mendapatkan nilai ujian nasional tinggi maka nilai raport akan bisa terdongkrak menyesuaikan nilai UN dan tidak peduli nilai yang didapat dari kunci jawaban didapat atau cara lain.

Sayangnya sekarang semua itu tidak akan berlaku lagi, kalian para pelajar harus giat belajar untuk mendapatkan nilai yang bagus karena aturan yang sudah berubah ketentuan kelulusan kembali ke sekolah, yang paling penting untuk meningkatkan peluang lulus SNMPTN harus dimulai dari sekarang. Admin akan membantu memberikan pengarahan supaya peluang untuk lulus SNMPTN diraih seperti dibawah ini


Apabila Tahun Ini Lulus SMP :

  1. Cari sekolah minimal SMA/SMK/MA Negeri yang ada di daerah anda.
  2. Semakin baik akreditasi sekolah maka semakin bagus
  3. Syukur-syukur bisa masuk di sekolah Favorite seperti unggulan atau Plus.
  4. Apabila ingin sekolah di SMA/SMK/MA swasta cari yang sudah memiliki nama besar.

 

Untuk Yang Sudah Kelas 10 SMA/SMK/MA

  1. Belajar mandiri dan berperilaku baik di sekolah, jika ingin nakal tidak apa-apa tetapi harus di batasi kalau bisa hanya di kelas 10 saja.
  2. Belajar semua mata pelajaran baik itu disukai maupun tidak disukai.
  3. Ikuti bimbel diluar atau memiliki paling tidak satu skill ekskull di sekolah.
  4. Hasil nilai kelas 10 selama dua semester dapat menjadi bahan evaluasi apa yang harus ditingkatkan di kelas 11 nanti.

 

Jika Anda berada di kelas 11 SMA/SMK/MA :

  1. Baca dengan teliti rapot kalian di kelas 10 mulai perhatikan nilai mata pelajaran apa saja yang unggul.
  2. Tekuni dan perdalam mata pelajaran yang nilai di rapot besar.
  3. Ikuti bimbel mata pelajaran yang kalian unggul atau mengikuti latihan skill pada bidang yang disukai.
  4. Pastikan nilai rapot kelas 11 harus lebih tinggi dari kelas 10.
  5. Jika di butuhkan ikuti belajar tambahan yang ada di luar sekolah maupun dalam sekolah.

 

Jika anda Berada di Kelas 12 SMA/SMK/MA :

  1. Lebih ditingkatkan lagi belajar dan fokus pada mata pelajaran yang paling besar nilai di rapot.
  2. Ikuti semua hoby dan eksull yang disukai berkaitan dengan mata pelajaran unggul.
  3. Pastikan nilai kelas 12 harus mengalami peningkatan dari kelas 11 dan 10.
  4. Syukur-syukur masuk peringkat 10 besar.
  5. Jangan pernah buang waktu untuk hal yang tidak penting fokus pada mata pelajaran yang unggul dan jangan abaikan pelajaran lain.

 

Kelulusan SMA/SMK/MA :

  1. Untuk sekolah dengan reputasi baik sebagian besar bisa mengikuti pendaftaran SNMPTN.
  2. Cara memilih program studi pilih sesuai mata pelajaran yang paling besar di rapot dari kelas 10,11,12 baik semester 1 ataupun 2 jangan ikut-ikutan teman.
  3. Konsultasi dengan pihak sekolah program studi apa saja yang paling banyak di terima SNMPTN tahun sebelumnya bisa menjadi tambahan referensi untuk memilih program studi.
  4. Setiap sekolah biasanya memiliki mayoritas program studi unggulan yang akan diterima di SNMPTN.
  5. Hindari memilih PTN yang sama dengan teman satu sekolah.
  6. Pilih Passing grade yang kecil baik PTN maupun Prodi yang akan diikuti di SNMPTN.

 

Peluang SNMPTN

  1. Peluang SNMPTN ditentukan dari Akreditasi sekolah semakin baik akreditasi sekolah akan semakin besar peluang untuk lulus.
  2. Peluang SNMPTN ditentukan dari kuota penerimaan masing-masing PTN setiap tahun.
  3. Peluang SNMPTN pengaruhi juga dari alumni sekolah yang sudah kuliah di PTN selama ini.
  4. Peluang SNMPTN ditentukan oleh hasil nilai rapot grafik nilai rapot dari kelas 10,11,12 harus meningkat terus.
  5. Peluang SNMPTN ditentukan dari prestasi sekolah seperti peringkat sekolah, semakin tinggi peringkat di sekolah akan semakin besar peluang untuk lulus SNMPTN.
  6. Peluang SNMPTN ditentukan dari persaingan satu sekolah jangan menumpuk pada satu PTN maupun Prodi yang dipilih harus menyebar jadi tidak ada persaingan di dalam sekolah yang terlalu tinggi.
  7. Peluang SNMPTN ditentukan dari prestasi non akademik seperti sastra, seni, olahraga, olimpiade dan lainnya.
  8. Peluang SNMPTN ditentukan dari Skill softskill yang dimiliki selama sekolah maupun kegiatan diluar sekolah.

 

Kesimpulan

  1. Untuk mengukur peluang SNMPTN kita tidak bisa memulainya dari kelas 12 saja tetapi semua itu dimulai sejak pertama kali masuk sekolah sampai lulus sekolah.
  2. Pastikan kalian lulus sekolah dengan nilai baik jangan hanya nilai pas-pasan saja agar bisa lulus pemeringkatan.
  3. Untuk kalian yang baru membaca artikel ini dan berada di kelas berapapun tidak ada kata terlambat yang harus di lakukan sekarang meningkatkan nilai yang ada di rapot harus lebih baik dari semester lalu.
  4. Track record lulusan alumni yang sudah kuliah di PTN menjadi pertimbangan, semakin banyak alumni yang lulus dari PTN dengan nilai memuaskan maka akan semakin tinggi peluang kelulusan SNMPTN.
  5. Pengalaman admin sekolah dulu, mayoritas sekolahan admin banyak di terima di PTN fakultas pendidikan jadi kalau mau lulus harus memilih jurusan pendidikan, begitu juga dengan sekolah para adik-adik harus diikuti, untuk mendapatkan informasi tersebut bisa ditanyakan kepada sekolah tahun lalu alumni dari sekolah kalian banyak diterima di PTN mana dan Jurusan apa bisa mengikuti jejak alumni.
  6. Jangan memaksakan memilih jurusan lain jika ingin memiliki peluang lulus lebih tinggi.
  7. Untuk memilih jurusan bebas sebaiknya tidak di SNMPTN bisa ambil di jurusan SBMPTN karena disana bebas sesuai nilai seleksi, sedangkan SNMPTN sesuai data sekolah maupun hasil nilai rapot kalian.
  8. Sekali lagi pilih program studi yang nilai di rapot paling besar, terlepas dari apakah kalian menyukainya atau hanya menyukai cara guru mengajar.
  9. Pilih program studi yang kalian sukai, karena setelah lulus SNMPTN akan ada banyak kendala yang dihadapi salah satu alasan kita bertahan karena kita benar-benar suka. Kuliah hanya sekali dan yang akan menjalani kita jadi jangan sampai salah pilih, sekali salah 4 tahun akan menderita.
  10. Minta pendapat orang tua dan guru di sekolah dalam penentukan program studi yang akan dipilih di SNMPTN.

 

Dengan cara tersebut kita baru bisa mengukur peluang SNMPTN, diluar dari itu sulit untuk kita ukur peluang, bagi kalian yang sudah dari awal memilih sekolah yang memiliki reputasi baik sudah menang satu langkah, namun bagi yang tidak belum terlambat masih bisa dimulai memperbaiki nilai rapot dengan benar dan berperilaku baik selama sekolah. Semoga informasi yang admin berikan bisa bermanfaat. Kalau kalian menunggu kelas 12 baru membaca artikel ini mungkin akan sangat terlambat jadi mulai dari sekarang semangat untuk belajar agar bisa lulus SNMPTN.