9 Jurusan Kuliah Paling Dibutuhkan Setelah Pendemi Berakhir (Covid-19)


9 Jurusan Kuliah Paling Dibutuhkan Setelah Pendemi Berakhir (Covid-19) - Pendemi menjadi krisis terparah sepanjang sejarah yang menghantam seluruh dunia, sekaligus menjadi yang terparah dampak yang ditimbulkan sangat besar terhadap perekonomian negara, tidak hanya sampai disitu saja seluruh sektor terdampak seperti kesehatan, pendidikan, pariwisata, pertanian, manufaktur dan sektor usaha dan wirastasta.
 
Mayoritas masyakarat kehilangan mata pencarian yang menyebabkan daya beli turun bahkan beberapa sumber menyebutkan golongan masyarakat hanya terbagi menjadi dua kalangan atas yang hanya di dominasi oleh pengusaha yang masih bisa bertahan dengan berbagai kebijakan seperti pengurangan karyawan secara besar-besaran.
 

 
 
Tidak sedikit yang terkena dampak PHK masal, ditambah tidak sedikit lowongan kerja yang dibuka, dampak buruk dari pendemi akan dirasakan paling tidak 5-10 tahun kedepan. Lantas apakah kita yang hidup di masa sekarang harus berdiam diri dan menunggu waktu berlalu sampai pendemi berakhir, sementara disisi lain kebutuhan pokok tidak bisa di tunda.
 
Dalam kesulitan dan krisis semua orang butuh nafkah, terutama pada golongan masyarakat kelas bawah, mencari kehidupan saja susah apalagi untuk kebutuhan lain seperti pendidikan, masyarakat berfikir hanya mengikuti program belajar hingga SMA. Sedangkan jenjang perguruan tinggi akan terus tergerus karena ketidak mampuan orang tua untuk menguliahkan anaknya.

Bahkan ada banyak pelajar yang menunda kuliah dengan alasan apabila kuliah rugi karena full online dan tidak bisa menikmati fasilitas kampus. Padahal apabila kita mencermati dampak seperti sekarang ada peluang besar yang akan menanti untuk lima tahun kedepan.

Ketika pendemi berakhir maka sektor yang terdampak oleh krisis akan membuka peluang begitu besar, katakan sekitar 5 tahun kedepan pendemi baru akan hilang, jika kita tidak menunda kuliah artinya saat pendemi berakhir seseorang sudah lulus kuliah dan siap untuk mencari kerja, disaat itulah perusahaan maupun pemerintah akan mulai recovery atau bangkit.

Dimana pengurangan karyawan yang sudah lama terjadi akan berakhir dan berganti menjadi pembukaan lowongan kerja secara besar-besaran dan menjadi kebutuhan bagi perusahaan. Krisis ini menjadi seleksi alam bagi semua sektor dimana apabila bisa bertahan akan menjadi semakin besar sementara yang gagal bertahan akan tereliminasi.

Atas pertimbangan peluang itulah seseorang tidak boleh menunda untuk kuliah, apabila kita hanya menunggu pendemi berakhir dan mengabaikan pendidikan maka akan tertinggal peluang yang mungkin hanya akan terjadi satu kali selama hidup ini.

Hanya saja jangan sampai salah pilih jurusan kuliah, sebab nantinya akan menentukan nasib kedepan, berdasarkan beberapa riset yang sudah dilakukan selama beberapa tahun ini ada beberapa jurusan yang akan sangat dibutuhkan 5-10 tahun kedepan untuk lebih jelas berikut informasi lengkap beserta pembahasan :


Jurusan Ekonomi

Salah satu jurusan yang sangat dibutuhkan setelah pendemi berakhir adalah jurusan ekonomi seluruh program studi pada jurusan ini akan sangat dibutuhkan karena perlahan tapi pasti perusahaan yang bertahan setelah hantaman pemdemi akan membutuhkan para ekonom untuk memulihkan kondisi perusahaan, bahkan pemerintah akan sudah memulai banyak merekrut CASN di bidang ini untuk mendukung pemulihan ekonomi baik tingkat pusat maupun daerah. 


Jurusan Komputer

Seiring pendemi tanpa disadari merevolusi semua sektor ke arah Informasi Terknologi, bahkan sektor pendidikan yang paling trandisional pun terpaksa harus bertransformasi dari pendidikan konfensional ke era digital meskipun kita ketahui pendidikan merupakan salah satu sektor yang paling sulit berubah setelah berabad-abad lamanya. Apalagi sektor lain jika ingin bertahan maupun setalah pendemi harus di genjot habis-habisan agar bisa tetap bertahan. Jurusan ini dipastikan akan sangat dibutuhkan dari sekarang maupun beberapa puluh tahun kedepan. Untuk pemilihan program studi yang ada di dalam jurusan dibutuhkan.


Jurusan Kesehatan

Seperti kita ketahui bersama, sektor kesehatan menjadi salah satu ujung tombak sebagai amunisi tempur dalam menghadapi kondisi pendemi saat ini, ada banyak tenaga kesehatan yang gugur karena pendemi sebagai pahlawan, tidak ada pendemi saja tenaga kesehatan masih kurang apalagi ditambah dengan adanyak pendemi akan semakin dibutuhkan terutama untuk profesi dokter, apoteker, farmasi, perawat, bidan dan ketaga medis lainnya. Jurusan ini sangat direkomendasikan saat pendemi maupun setelah pendemi.


Jurusan Pertanian

Masa krisis akan menjadi masa dimana kebutuhan pangan akan sangat dibutuhkan tidak hanya digunakan untuk kebutuhkan domestik sektor ekspor impor pun menjadi kendala, saat ini negara di dunia memprioritaskan sektor ekonomi untuk kebutuhan dalam negeri, karena banyak negara tidak mampu mengimpor kebutuhan bahan pertanian dari luar negeri karena keterbatasan anggaran dalam sektor ini, mau tidak mau harus meningkatkan produksi dalam negeri untuk memenuhi kebutuhan pangan tersebut.  Untuk mencapai hal tersebut dibutuhkan sarjana pertanian yang banyak, sayangnya jurusan ini kurang diminati karena masih banyak memandang rendah pertanian dianggap setara dengan petani. Orang tua enggan menyekolahkan anaknya ke jurusan ini beranggapan anak tidak ada peningkatan jika menjadi petani sama dengan orang tua. Padahal sangat jauh berbeda dan tentu sektor ini akan sangat dibutuhkan dimasa yang akan datang.


Jurusan Kewirausahaan

Pendemi melahirkan banyak jurusan baru perguruan tinggi seperti ekonomi digital, Inteligence Analis, Games developer, software developer, sistem analyst, database, UI.UX enginner, Network Engginer, IT Consultan, Staf R&D Digital, IUMK, dan beberapa jurusan berbasis kewirasusahaan lainnya tentu akan dibutukan oleh sektor usaha kecil, menengah dan besar bahkan perushaan starup baru untuk mempercepat digitalisasi. Infrastruktur kewirausahaan berbasis digital menjadi salah satu jurusan yang akan dibutuhkan kedepan. Sayangnya jurusan ini masih tergabung dalam jurusan yang sudah ada dan belum berdiri sendiri tentu masih sangat sedikit hanya beberapa perguruan tinggi saja belum merata, jika ingin memilih jurusan ini harus mencari kampus karena tidak semua kampus ada jurusan tersebut. Hampir sebagian besar sektor wirausaha tutup karena daya beli masyarakat turun, setelah pulih ekonomi kebutuhan akan permintaan kembali normal dan menyediakan peluang baru bagi wiraswasta baru.


Jurusan Pendidikan

Untuk sektor pendidikan masih tetap berjalan apapun yang terjadi hanya saja baik yayasan dan pemerintah sementara waktu mengurangi jumlah tenaga pendidik karena layanan pendidikan 80% beralih ke daring hanya saja selama pendemi pendidikan tidak banyak melakukan rekrutmen tenaga pendidik. Namun kebutuhan akan dunia pendidikan masih tetap tinggi. Peluang baru yang bisa dapat dari pendemi adalah membuka pembelajaran privat kepada peserta didik selama pendemi. Setelah pembelajaran tatap muka dilaksanakan kembali maka rekrumen tenaga pendidik akan dibuka besar-besaran.


Jurusan Sains

Dunia sains menjadi salah satu indikator yang dapat mengejar ketertinggalan suatu negara, selama pendemi ini sangat dibutuhkan para sainstis di semua bidang terutama bidang yang terdampak pendemi, akan ada banyak tenaga sainstis dibutuhkan selama pendemi maupun setelah berakhirnya pendemi oleh sebab itu jurusan sains menjadi salah satu jurusan yang tepat dimasa depan.


Jurusan Teknik

Sektor manufaktor seperti infrastruktur, properti dan bisnis turunannya sementara waktu saat pendemi terhenti, baik perintah maupun perusahaan mengalihkan dana yang ada ke SDM membuat bisinis ini mati suri selama pendemi, namun itu akan berakhir setelah semua pendemi mulai membaik hanya saja pemulihan sektor ini menjadi urutan terakhir pulih selama sektor kebutuhan utama belum membaik maka sektor ini tidak akan pulih dalam jangka panjang bisa dipastikan sektor manufaktur akan menyerap lebih banyak tenaga kerja. Pilihan jurusan teknik akan lebih lambat dibandingkan sektor lainnya yang lebih penting.


Jurusan Pariwisata

Salah satu sektor yang paling terpuruk dan hancur lebur adalah pariwisata dipastikan menjadi yang paling terakhir pulih, selama ada pendemi pariwisata tidak akan pulih, bagi yang sudah memilih jurusan ini jangan berkecil hati meski pulih lama tetapi akan bangkit seiring pendemi berakhir.


Tidak ada yang tau masa depan akan seperti apa, tetapi kita bisa memprediksi masa depan dari data yang ada saat ini dimana saat krisis pendemi terjadi ada banyak pengurangan lapangan kerja, para pelaku usaha menahan diri dengan SDM secukupnya agar bisa bertahan, setelah semua berakhir dipastikan semua kekurangan SDM yang terjadi saat krisis akan kembali ditambah ketika sudah normal.

Krisis seperti pendemi ini bukan yang pertama terjadi bahkan pendemi sudah terjadi sejak jaman Nabi dan pada periode dekade tertentu kembali muncul, hanya saja yang membuat berbeda krisis ini terjadi di seluruh dunia, semua negera akan berusaha bertahan dari hantaman krisis tersebut. Bagi Indonesia ini merupakan moment yang tepat untuk mengejar ketertinggalan selama ini dimana seluruh negera masih secara keseluruhan ekonomi tidak bergerak maju, Indonesia memiliki keuntungan jumlah penduduk terbesar yang bisa menjadi kekuatan dalam perputaran ekonomi dalam negeri.

Kita doakan semoga pendemi segera berakhir, untuk yang berencana kuliah jangan tunda rencana anda karena pendemi akan terjadi 5 tahun kedepan, jika kita menunda rencana kuliah sekarang dan tidak berbuat apa-apa, maka akan tertinggal, kuliah adalah waktu terbaik untuk menunggu pendemi berakhir. Semoga informasi yang diberikan bermanfaat.