Cara Cek Pengumuman UNSAM 2021-2022

Info Penting CPNS

Cara Cek Pengumuman UNSAM 2021-2022 - Pendaftaran Perguruan Tinggi Negara (PTN) telah dibuka, salah satunya yaitu Universitas Samudra. Untuk memasuki Universitas Samudra, calon mahasiswa dan mahasiswi dapat memasuki melalui 3 jalur, yaitu Seleksi Nasional Masuk Peguruan Negeri Tinggi (SNMPTN), Seleksi Bersama Masuk Peguruan Negeri Tinggi (SBMPTN), dan SMM PTN Barat.

Jalur SNMPTN merupakan pengganti SNMPTN jalur undangan, proses seleksinya tidak jauh berbeda dengan proses sebelumnya, yakni dengan nilai yang terdapat pada rapor dan prestasi lainnya dari peserta dan dilaksanakan secara nasional. Sedangkan jalur SBMPTN merupakan pengganti SBMPTN jalur ujian tulis, proses seleksinya melalui ujian tertulis atau ujian keterampilan yang dimiliki oleh peserta. SBMPTN juga dilaksanakan secara nasional dan serentak.


 

Jalur terakhir yaitu jalur SMM PTN Barat, biasa disebut sebagai jalur mandiri. Proses dari seleksi melalui SMM PTN Barat dilakukan dengan seluruh PTN lainnya yang termasuk pada bagian BKS-PTN Indonesia Wilayah Barat. Untuk jalur pendaftaran SBMPTN dan SMM PTN Barat terdapat syarat utamanya, yaitu dengan melakukan Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) yang diselenggarakan oleh Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT). 

 

Pengumuman UNSAM

Bagi para peserta yang mengikuti pendaftaran melalui SNMPTN, SBMPTN, dan SMM PTN Barat di Universitas Samudra, ikuti langkah-langkah dibawah ini cara untuk melihat pengumuman hasil jalur ujian, antara lain:

  1. Kunjungi situs resmi Universitas Samudra di https://pmb.unsam.ac.id/ 
  2. Lakukan pencarian di kolom search yang terdapat di bagian atas kanan
  3. Ketik “Pengumuman UTBK” atau “Pengumuman Jalur Mandiri”
  4. Tunggu informasi lebih lanjut mengenai pengumuman tersebut
Jika Anda ingin menggunakan cara lain untuk memeriksa pengumuman terkini mengenai SBMPTN, SNMPTN, dan Jalur Mandiri, ikut beberapa cara dibawah ini:
  1. Kunjungi situs resmi Universitas Samudra di https://pmb.unsam.ac.id/ 
  2. Lalu scrolling ke bawah
  3. Nantinya akan terlihat “Berita” dan “Pengumuman” 
  4. Lalu Anda dapat klik pengumuman yang ingin Anda ketahui

 

Pendaftaran Ulang

Di situs resmi Universitas Samudra, terdapat pengumuman mengenai pendaftaran ulang calon mahasiswa baru jalur SNMPTN tahun ini yang terdapat 2 kategori, yaitu umum dan Kartu Indonesia Pintar (KIP) – Kuliah. Pengumuman ini dibuat untuk calon mahasiswa dan mahasiswi yang berhasil lolos melalui jalur SNMPTN di Universitas Samudra. 

Bersamaan dengan pengumuman tersebut, pihak panitia menjelaskan persyaratan dan berkas dikumpulkan oleh para calon mahasiswa dan mahasiswai, baik melalui kategori umum maupun KIP-Kuliah, isi dari pengumuman tersebut meliputi :

Bagi calon mahasiswa yang mengambil jalur umum, terdapat beberapa berkas yang harus dikirimkan, antara lain:

  1. Membawa rapor asli serta sertifikat asli yang telah diupload saat pendaftaran SNMPTN
  2. Calon mahasiswa dan mahasiswi wajib membawa kartu peserta SNMPTN yang asli
  3. Setelah itu, harus membawa surat keterangan yang menyatakan bahwa calon mahasiswa dan mahasiswa tidak buta warna dari surat rujukan Rumah Sakit. Surat ini hanya dikhususkan bagi mereka yang telah diterima dalam prodi Kimia, Fisika, Biologi, Pendidikan Kimia, Pendidikan Fisika, Pendidikan Biologi, Agribisnis, Agroteknologi, Budidaya Perairan, PGSD, Pendidikan Geografi, Teknik Industri, dan Teknik Informatika.
  4. Dikarenakan tengah terjadinya Covid-19, maka seluruh berkas yang telah disebutkan diatas harus dimasukkan ke dalam map bertali, serta harus ditulis nama, prodi, no. hp, lalu kirim ke alamat Gedung Rektorat Unsam Kampus Meurandeh pada jam 09:00 sampai dengan 16:30 WIB.

Terdapat beberapa tambahan berkas untuk calon mahasiswa dan mahasiswi yang lulus melalui jalur KIP-Kuliah, yaitu :

  • Melampirkan fotokopi kartu peserta KIP-Kuliah sebanyak 2 lembar
  • Fotokopi Kartu Peserta SNMPTN sebanyak 2 lembar
  • Fotokopi rapor yang telah dilegalisir oleh Kepala Sekolah dari Sekolah Menengah Atas pada semester 1 sampai dengan 5
  • Jika ada, fotokopi keterangan prestasi dan KIP
  • Surat keterangan penghasilan orang tua
  • Fotokopi KK 2 lembar
  • Fotokopi rekening listrik
  • Foto rumah tinggal peserta dari berbagai sisi dan ruang dalam
  • Fotokopi KTP
  • Fotokopi KTP orang tua
  • Surat pernyataan dengan materai 10.000

Bagi calon penerima KIP-Kuliah akan diberikan verifikasinya setelah terdapat kuota KIP-Kuliah yang tersedia dari pihak Kemendikbud. Kuota KIP-Kuliah sangat terbatas, jadi tidak semua peserta yang mencalonkan dapat diterima.


Pengumuman terakhir ditujukan oleh calon mahasiswa dan mahasiswi dari golongan umum dan KIP-Kuliah, yakni mengenai pengumuman kelulusan hasil verisikasi berkas. Bagi yang tidak lulus, dapat melakukan klarifikasi berkas pada tanggal yang sudah ditentukan. Lalu dilanjut dengan mengumpulkan berkas seputar foto rumah dari berbagai macam sisi, scan KK, scan rekening listrik, dan scan slip gaji orang tua.