Cara Cek Pengumuman ISBI ACEH 2021-2022

Info Penting CPNS

Cara Cek Pengumuman ISBI Aceh 2021-2022 - Memasuki tahun ajaran baru, penerimaan Peguruan Tinggi Negeri (PTN) telah dibuka, seperti di ISBI (Institut Seni Budaya Indonesia) Aceh. Dalam melaksanakan proses penerimaan calon mahasiswa dan mahasiswi baru di tahun ini, ISBI Aceh membuka 3 jalur masuk utama, yakni jalur Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN), Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN), dan SMMPTN Barat.

Untuk pelaksanaan SNMPTN akan dilaksanakan dengan cara melihat nilai rapor SMA, SMK, atau MA dimulai dari semester 1 hingga 5, serta akan dilihat juga portofolio akademik para calon mahasiswa dan mahasiswi.


Lalu terdapat Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) yang menjadi syarat utama untuk mengikuti SBMPTN dan SMMPTN Barat. UTBK merupakan satu-satunya tes untuk memasuki perguruan tinggi yang telah memiliki standar di Indonesia, serta UTBK telah dilaksanakan oleh Lembaga Tes Masuk Peguruan Tinggi (LTMPT).

Bagi calon mahasiswa dan mahasiswi yang masih kesulitan untuk memeriksa pengumuman terkait jalur masuk SNMPTN, SBMPTN, dan SMMPTN Barat, Anda dapat mengikuti beberapa langkah dibawah ini :

Anda dapat mengunjungi situs resmi ISBI Aceh di http://pmb.isbiaceh.ac.id/ Terdapat beberapa pilihan pada dashboard situs resmi ISBI Aceh, seperti Home, Biaya Pendidikan, Jurusan, Jalur Masuk, dan Beranda

 

Pengumuman

  1. Anda dapat klik bagian Jalur Masuk untuk melihat informasi terkait SNMPTN, SBMPTN, dan SMMPTN Barat
  2. Atau Anda dapat scrolling ke bawah pada dashboard situs resmi ISBI Aceh, terdapat tulisan “Pengumuman Baru” seputar penerimaan mahasiswa dan mahasiswi baru
  3. Dalam situs resmi ISBI Aceh terdapat pengumuman resmi yang ditujukan oleh peserta SNMPTN yang telah lulus untuk tahun ini. 

 

Pendaftaran Ulang

  1. Pengumuman tersebut juga memuat tahapan pengumpulan berkas yang telah diunggah sebelumnya untuk mengikuti SNMPTN tahun ini. 
  2. Hal ini dilakukan untuk melancarkan proses verifikasi berkas bagi para calon mahasiswa dan mahasiswi.
  3. Berkas yang harus diserahkan kepada pihak ISBI Aceh yaitu meliputi rapor asli, sertifikat prestasi asli, dan fotokopi berwarna Kartu Tanda Peserta SNMPTN tahun ini. 
  4. Bagi para lulusan SNMPTN ISBI Aceh tahun  dapat menyerahkan berkas secara langsung, diwakilkan, atau dapat mengirim melalui kurir ke tempat tujuan. Tetapi sangat disarankan untuk tidak datang langsung ke tempat pengumpulan berkas, karena terjadinya Covid-19 yang mewajibkan kita untuk selalu di rumah dan menjaga jarak dengan orang lain.
  5. Bagi calon mahasiswa dan mahasiswi yang ingin mengirimkan berkas, dapat dikirim kan kepada Up. Ammar Yasir selaku Subbag Akademik dan Kemahasiswaan di alamat Ruang Sub Bagian Akademik dan Kemahasiswaan, Gedung Rektorat ISBI Aceh, Kota Jantho, Aceh Besar, Kode Pos 23911. Jadwal penyerahannya bertepatan pada tanggal yang sudah ditentukan.
  6. Setelah melakukan pengiriman akan dilanjutkan dengan verifikasi rapor dari bagian Tim Verifikasi ISBI Aceh pada tanggal yang sudah ditentukan. Lalu pengumuman hasil verfikasi rapor akan diumumkan di situs http://pmb.isbiaceh.ac.id/.

 

Pengumuman SBMPTN

  1. Hasil akhir seleksi UTBK atau SBMPTN akan dilaksanakan sesuai dengan gelombang yang diikuti.
  2. Pengumuman nilai dapat dicek melaui link Pengumuman-sbmptn.ltmpt.ac.id
  3. Setelah itu nantinya akan ditujukan ke link utama atau di alihkan ke link miror sama saja.
  4. Proses selanjutnya yaitu masukan nomor UTBK dan tanggal lahir.
  5. Klik Hasil.
  6. Nantinya hasil akan muncul.
  7. Jangan lupa download nilai UTBK baik yang lulus maupun tidak lulus karena dapat digunakan untuk persyaratan pendaftaran jalur selanjutnya seperti jalur Mandiri.
 

Jika terdapat peserta yang dinyatakan tidak lulus verifikasi rapor, maka diberikan kesempatan untuk melakukan klarifikasi bersama dengan guru pengajar di Rektorat ISBI Aceh. Setelah melakukan klarifikasi, nantinya akan diumumkan kembali mengenai status dari peserta tersebut, apakah menjadi lulus atau tidak lulus dalam verifikasi rapor di http://pmb.isbiaceh.ac.id/.

Bagi seluruh calon mahasiswa dan mahasiswi, baik yang sudah lulus dari verifikasi rapor awal maupun bagi yang baru lulus verifikasi rapor dari masa klarifikasi ISBI Aceh, wajib melakukan pendaftaran ulang agar dapat terhitung sebagai peserta yang aktif di http://pmb.isbiaceh.ac.id/. Jika tidak melakukan pendaftaran ulang, maka dengan akan dinyatakan sebagai peserta yang mengundurkan diri.

 

Pengumuman Jalur Mandiri 

Informasi terkait pendaftaran Jalur Mandiri atau SMM PTN Barat sudah terdapat jadwal pelaksanaan secara resmi untuk tahun ini, dimulai dengan pendaftaran peserta yang dilaksanakan sesuai jadwal. Dilanjutkan dengan pelaksanaan UTBK SMMPTN. Lalu pengumuman kelulusan akan dilaksanakan setelah pelaksanaan tes. 

Sedangkan pelaksanaan SBMPTN di ISBI Aceh yang akan dilaksanakan menggunakan UTBK, belum terdapat informasi lebih lanjut mengenai ini. Para calon mahasiswa dan mahasiswi dapat menunggu pengumuman resminya di http://pmb.isbiaceh.ac.id/. 

Berdasarkan situs Penerimaan Mahasiswa Baru ISBI Aceh, terdapat beberapa jurusan beserta program studi yang tersedia di ISBI Aceh, yaitu terdapat Jurusan Seni Pertunjukkan yang memiliki 2 program studi, yakni 

  • Program Studi Seni Tari, Seni Karawitan, dan Seni Teater. 
  • Jurusan Seni Rupa dan Desain yang memiliki 2 program studi, yakni Program Studi Seni Rupa Murni, Kriya Seni, dan Desain Komunikasi Visual.