Cara Cek Pengumuman UNRI 2024/2025


Cara Cek Pengumuman UNRI 2024/2025 - Pada umumnya, Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) dapat dilaksanakan melalui 3 jalur masuk utama, yaitu jalur Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNBP), jalur Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNBT), dan jalur Mandiri.

Salah satu PTN yang telah melaksanakan penerimaan calon mahasiswa dan mahasiswi yaitu Universitas Riau. Untuk mengikuti pendaftaran di Universitas Riau sebagai calon mahasiswa dan mahasiswi, terdapat 3 jalur masuk utama, yaitu Jalur SNBP, Jalur UTBK - SNBT, dan Jalur Mandiri yang terbagi menjadi 3, yaitu :


  1. Jalu Mandiri PBUD (Penerimaan Bibit Unggul Daerah) dan PBM (Penelusuran Bakat dan Minat)
  2. Jalur Mandiri Ujian Tulis S1/Bina Lingkungan (Kerja Sama dengan BKS-Barat)
  3. Jalur Mandiri Ujian Tulis Diploma (Untuk Penerimaan Diploma III dan Diploma III ke Strata 1).

 

Pengumuman SNBP

Jika Anda mengikuti PMB di Universitas Riau melalui jalur masuk SNBP, ikuti beberapa langkah dibawah ini untuk melihat pengumuman resminya, yaitu :

  1. Buka browser Anda di komputer atau laptop
  2. Kunjungi situs resmi PMB Universitas Riau di https://pmb.unri.ac.id/ atau di https://pengumuman-snbp-snpmb.bppp.kemdikbud.go.id/
  3. Anda akan masuk ke tampilan beranda dari situs resmi PMB Universitas Riau
  4. Terdapat beberapa pilihan di beranda
  5. Anda dapat klik “SNBP” 
  6. Lalu nanti Anda akan diarahkan langsung ke situs resmi SNBP
  7. Untuk mengikuti SNBP, Anda harus membuat akun di SNPMB pengumuman kelulusan SNBP dapat dilihat pada situs resmi Anda juga diwajibkan untuk melakukan pendaftaran ulang melalui situs unri.ac.id.

 

Pengumuman SNBT

Jika Anda mengikuti PMB di Universitas Riau melalui jalur masuk UTBK – SNBT, ikuti beberapa langkah dibawah ini untuk melihat pengumuman resminya, yaitu :

  1. Buka browser di komputer, laptop, atau handphone
  2. Kunjungi situs resmi PMB Unri di https://pmb.unri.ac.id/ atau https://pengumuman-snbt-snpmb.bppp.kemdikbud.go.id/
  3. Anda akan masuk ke beranda PMB Unri
  4. Terdapat beberapa pilihan pada beranda
  5. Klik “SNBT” 
  6. Nanti Anda akan diarahkan ke situs resmi SNPMB

Dalam proses mengikuti UTBK – SNBT, Anda harus membuat akun di SNPMB. Lalau segala proses dari pelaksanaan jalur masuk UTBK – SNBT, dilaksanakan sesuai jadwal. Jalur masuk ini dibagi menjadi 2 gelombang di waktu yang berbeda, setelah itu akan pengumuman hasil akhir akan dilaksanakan pada tanggal yang sudah ditetapkan.

 

Pengumuman Jalur Mandiri

Lalu terdapat jalur masuk Mandiri yang terbagi menjadi 3 jenis, yaitu PBUD dan PBM, Ujian Tulis S1, dan Ujian Tulis Diploma. Berikut ini terdapat beberapa langkah untuk melihat pengumuman yang berkaitan dengan jalur masuk Mandiri di Unri, yaitu:

  1. Buka browser di handphone, laptop, atau komputer
  2. Kunjungi situs resmi PMB Unri di https://pmb.unri.ac.id/
  3. Lalu Anda akan masuk ke beranda PMB Unri
  4. Jika Anda mengikuti Jalur Mandiri PBUD dan PBM, klik “PBUD & PBM” pada situs
  5. Jika Anda mengikuti Jalur Mandiri Ujian Tulis S1, maka Anda dapat pilih “Ujian Mandiri”, lalu klik “Mandiri S1”
  6. Jika Anda mengikuti Jalur Mandiri Ujian Tulis Diploma, maka Anda dapat pilih “Ujian Mandiri”, lalu klik “Mandiri D3 > S1”
  7. Di setiap lama yang Anda klik akan ada pengumuman resmi langsung dari Unri
  8. Untuk pengumuman mengenai PBUD dan PBM, terdapat biaya yang ditanggung setiap peserta. Proses pelaksanaan PBUD dan PBM sesuai jadwal yang sudah ditentukan. 
  9. Jika Anda mengikuti seluruh jalur masuk ke Unri dan Anda keterima melalui jalur masuk lain, Anda diberikan kesempatan untuk membatal akan jalur masuk Mandiri. Untuk melihat informasi lebih lengkap, dapat kunjungi situs mandiri.unri.ac.id.
  10. Proses pelaksanaan Jalur Mandiri Ujian Tulis S1 dimulai sesuai jadwal. Untuk informasi lebih lengkap mengenai Ujian Tulis S1, Anda dapat kunjungi situs smmptnbarat.id.   
  11. Proses pelaksanaan Jalur Mandiri Ujian Tulis Diploma hanya dilaksanakan selama sebulan. Jalur masuk yang satu ini juga melalui UTBK sama seperti jalur masuk SNBT. Jika Anda ingin mengetahui informasi lebih lanjut dan lebih lengkap dapat kunjungi situs um.unri.ac.id.
  12. Dalam situs resmi PMB Unri, terdapat informasi mengenai profesi yang tersedia di Unri. Unri juga membuka Program Ujian Mandiri Unri untuk jenjang studi lainnya, seperti Program D3, Program D3 > S1, Program S1 (Jalur Mandiri), Program Pasca Sarjana (S2 dan S3), Program Profesi, dan Program Kerjasama Kedokteran.