Cara Cek Pengumuman UNIMED 2021-2022

Info Penting CPNS

Cara Cek Pengumuman UNIMED 2021-2022 - Pengumuman Penerimaan mahasiswa dan mahasiswi baru di Perguruan Tinggi Negeri (PTN) tahun ini sudah resmi dilaksanakan sejak awal tahun ini. Biasanya jalur penerimaan PTN ini dilalui dengan 3 jalur masuk utama, seperti jalur Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN), jalur Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN), dan jalur Mandiri.

PTN yang telah melaksanakan penerimaan calon mahasiswa dan mahasiswi baru yaitu salah satunya Universitas Negeri Medan (Unimed). Terdapat 3 jalur pendaftaran yang disediakan oleh Unimed, yaitu jalur SNMPTN, jalur SBMPTN, dan jalur Mandiri.


 

Pengumuman SNMPTN

Bagi mahasiswa dan mahasiswi baru yang ingin melihat pengumuman resmi mengenai SNMPTN di Unimed, Anda dapat mengikuti beberapa langkah dibawah ini untuk melihat, yaitu :

  1. Kunjungi situs resmi penerimaan mahasiswa dan mahasiswi Unimed di https://ltmpt.unimed.ac.id/ 
  2. Jika sudah masuk beranda situs resmi Unimed, Anda dapat memilih “Seleksi Masuk” 
  3. Lalu Anda dapat klik “SNMPTN” 
  4. Di laman tersebut, nantinya Anda dapat mendapatkan pengumuman baru dari pihak Unimed
  5. Untuk saat ini pengumuman terkait SNMPTN di Unimed masih seputar tahun sebelumnya. Pengumuman paling terbaru yaitu mengenai peluncuran seleksi SNMPTN secara umum untuk bekal para calon mahasiswa dan mahasiswi tahun ini yang ingin mendaftar di Unimed.
  6. SNMPTN dilaksanakan dengan melakukan seleksi dari nilai rapor pada saat dibangku Sekolah Menengan Atas (SMA). SNMPTN telah dimulai sejak tanggal yang sudah ditetapkan dengan melakukan registrasi akun di LTMPT. Seluruh proses seleksi jalur SNMPTN dilakukan dari bulan Februari hingga Maret.
  7. Pengumuman hasil SNMPTN di UNIMED telah keluar sejak tanggal yang sudah ditetapkan. Bagi Anda yang telah melakukan pendaftaran sebagai mahasiswa dan mahasiswi baru di Unimed, Anda dapat melihat pengumuman resmi pada situs resmi Unimed di https://www.unimed.ac.id/.

 

Pengumuman SBMPTN

Untuk memeriksa pengumuman mengenai SBMPTN Unimed, Anda dapat melakukan beberapa langkah dibawah ini :

  1. Kunjungi situs resmi penerimaan mahasiswa dan mahasiswi Unimed di https://ltmpt.unimed.ac.id/ 
  2. Jika sudah masuk ke beranda, Anda dapat memilih “seleksi masuk” 
  3. Lalu klik “SBMPTN” 
  4. Nanti Anda akan menemukan pengumuman resmi dari pihak Unimed
  5. SBMPTN akan dilakukan melalui Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) yang dilaksanakan sesuai jadwal. Seluruh proses penerimaan mahasiswa dan mahasiswi melalui jalur SBMPTN akan dilaksanakan sesuai gelombang yang diikuti.

Selanjutnya terdapat jalur masuk melalui SBMPTN. Bagi Anda yang ingin memeriksa pengumuman resmi mengenai jalur SBMPTN di Unimed, Anda dapat melakukan beberapa langkah dibawah ini, yaitu :

  1. Anda dapat mengunjungi situs resmi penerimaan mahasiswa dan mahasiswi baru Unimed di https://ltmpt.unimed.ac.id/ 
  2. Lalu Anda akan masuk ke beranda situs tersebut
  3. Anda dapat memilih “Seleksi Masuk 
  4. Anda dapat memilih “SBMPTN” 
  5. Nantinya akan terdapat pengumuman resmi mengenari Jalur SBMPTN dari pihak Unimed
  6. Jalur SBMPTN memiliki cara yang berbeda dengan SNMPTN, diketahui jalur SBMPTN harus dilalui dengan melaksanakan Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) terlebih dahulu dengan biaya yang ditanggung oleh peserta atau terdapat subsidi dari pemerintah.
  7. Lalu proses SBMPTN ini dilaksanakan sesuai jadwal yang ada di web resmi
  8. Pengumuman dari hasil SBMPTN para calon mahasiswa dan mahasiswi akan dilaksanakan akhir seleksi baca di website resmi SBMPTN

 

Pengumuman Jalur Mandiri

Sedangkan cara melihat pengumuman resmi untuk calon mahasiswa dan mahasiswi yang mengambil jalur Mandiri, Anda dapat mengikuti beberapa langkah dibawah ini, yaitu :

  1. Kunjungi situs resmi Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi Unimed di https://ltmpt.unimed.ac.id/
  2. Lalu Anda akan masuk ke beranda LTMPT Unimed
  3. Anda dapat memilih bagian “Daya Tampung” 
  4. Lalu nanti akan muncul beberapa pilihan lalu pilih bagian “Mandiri” 
  5. Nantinya akan muncul pengumuman resmi mengenai penerimaan mahasiswa dan mahasiswi baru melalui jalur Mandiri

Untuk pengumuman melalui jalur Mandiri di Unimed, sejauh ini masih meliputi daya tampung yang tersedia data base beberapa tahun lalu, Unimed membuka daya tampung pada fakultas yang terdapat di Unimed, yaitu :

  • Fakultas Ilmu Pendidikan
  • Fakultas Bahasa dan Seni
  • Fakultas Ilmu Sosial
  • Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
  • Fakultas Teknik
  • Fakultas Ilmu Keolahragaan
  • Fakultas Ekonomi
  • Fakultas Teknik untuk D3

Selain menampilkan pengumuman mengenai jalur masuk Unimed, Anda dapat melihat siaran pers terkait penerimaan calon mahasiswa dan mahasiswi sebelumnya. Serta Anda dapat melihat unduhan mengenai informasi terkait portofolio dan panduan untuk melakukan pendaftaran UTBK dan SBMPTN untuk calon mahasiswa dan mahasiswi tahun ini.