Cara Cek Pengumuman UMRAH 2021-2022

Info Penting CPNS

Cara Cek Pengumuman UMRAH 2021-2022 - Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) di Perguruan Tinggi Negeri (PTN) telah resmi dilaksanakan sejak awal tahun ini. Salah satu PTN yang telah membukan PMB tahun ini yaitu Universitas Maritim Raja Ali Haji (Umrah). Umrah telah menyediakan beberapa jalur masuk dalam PMB tahun ini yang dapat diikuti oleh calon mahasiswa dan mahasiswi, antara lain :

  1. Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN)
  2. Seleksi Mandiri Masuk Peguruan Tinggi Negeri (SMM-PTN)
  3. Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN)
  4. Mutiara Umrah
  5. Alih Jenjang Program Sarjana
  6. Jalur Mandiri Paralel

Jika Anda memasuki Umrah melalui jalur masuk SNMPTN, Anda dapat melihat pengumuman resmi terkait SNMPTN dengan mengikuti beberapa langkah dibawah ini, yaitu :

  1. Kunjungi situs resmi PMB Umrah di https://penerimaan.umrah.ac.id/ 
  2. Setelah itu, Anda akan masuk ke beranda situs tersebut
  3. Terdapat beberapa pilihan di situs tersebut, Anda dapat memilih “Jalur Masuk” 
  4. Lalu Anda dapat klik “SNMPTN” 
  5. Nanti Anda akan dialihkan ke situs resmi SNMPTN di https://www.ltmpt.ac.id/?mid=4#  dengan berbagai pengumuman terbaru

Jalur masuk ke Umrah lainnya yaitu SMM PTN, salah satu jalur mandiri yang tersedia dari Umrah. Bagi para calon mahasiswa dan mahasiswi Umrah yang ingin melihat pengumuman resmi mengenai SMM PTN, ikuti beberapa langkah dibawah ini, yaitu :

  1. Kunjungi situs resmi PMB Umrah di https://penerimaan.umrah.ac.id/
  2. Anda akan memasuki bagian beranda PMB Umrah
  3. Terdapat beberapa pilihan yang tersedia
  4. Anda dapat memilih “Jalur Masuk” 
  5. Lalu Anda dapat klik “SMM PTN” 
  6. Anda akan dialihkan ke situs resmi SMM PTN Barat di https://smmptnbarat.id/ yang menyediakan pengumuman terbaru terkait SMM PTN

Selanjutnya terdapat jalur masuk melalui SBMPTN di Umrah. Untuk calon mahasiswa dan mahasiswi yang ingin mengetahui pengumuman terkait PMB melalui jalur SBMPTN di Umrah, lihatlah beberapa langkah dibawah ini, yaitu :

  1. Kunjungi situs resmi PMB Umrah di https://penerimaan.umrah.ac.id/ 
  2. Setelah memasuki bagian laman PMB Umrah, Anda dapat memilih “Jalur Masuk” 
  3. Lalu klik “SBMPTN” 
  4. Setelah itu, nanti Anda akan memasuki laman resmi PTN Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) di https://sidata-ptn.ltmpt.ac.id/ptn_sb.php?ptn=133 yang menyediakan pengumuman resmi

   

Bagi mahasiswa dan mahasiswi baru yang ingin mendaftar ke Umrah melalui jalur masuk Mutiara Umrah, serta ingin melihat pengumuman terkait PMB, ikuti beberapa langkah dibawah ini untuk melihatnya, antara lain :

  1. Kunjungi situs resmi PMB Umrah di https://penerimaan.umrah.ac.id/ 
  2. Anda akan memasuki bagian beranda situs PMB Umrah
  3. Pilih “Jalur Masuk” 
  4. Lalu klik “ Mutiara Umrah” 
  5. Nanti akan terlihat seluruh pengumuman resmi terkait Mutiara Umrah di Umrah 
  6. Mutiara Umrah merupakan salah satu jalur masuk PMB non akademik di Umrah. Penilaian non akademik ini seputar bidang seni dan bidang budaya, bidang olahraga, bidang agama dan bidang bahasa, bidang minat dan bidang bakat.
  7. Dalam pelaksanaan PMB Umrah melalui jalur masuk Mutiara Umrah akan dibagi berdasarkan tingkat dari partisipasi siswa yang mendaftar, seperti berdasarkan kategori tingkat sekolah, tingkat kabupaten atau kota, tingkat provinsi, tingkat nasional, dan tingkat regional atau internasional.

 

Selanjutnya terdapat jalur masuk Alih Jenjang Program Sarjana yang ditujukan untuk calon mahasiswa dan mahasiswa yang ingin pindah jurusan dan pernah kuliah di kampus sebelumnya.  Jika Anda ingin melihat pengumuman atau informasi resmi terkait jalur masuk Alih Jenjang Program Sarjana, ikuti beberapa langkah dibawah ini, antara lain :

  1. Kunjungi situs resmi PMB Umrah di https://penerimaan.umrah.ac.id/ 
  2. Anda akan masuk ke beranda PMB Umrah dan akan melihat beberapa pilihan pada beranda
  3. Anda dapat memilih “Jalur Masuk” 
  4. Lalu klik “Alih Jenjang Program Sarjana” 
  5. Anda akan masuk ke laman pengumuman terkait Alih Jenjang Program Sarjana

Jalur masuk terakhir untuk PMB Umrah yaitu Jalur Mandiri Paralel. Jika Anda ingin melihat pengumuman resmi terkait Jalur Mandiri Paralel, ikuti beberapa langkah dibawah ini :

  1. Kunjungi situs resmi PMB Umrah di https://penerimaan.umrah.ac.id/
  2. Lalu Anda akan masuk ke beranda PMB Umrah dan melihat beberapa pilihan
  3. Lalu pilih “Jalur Masuk” 
  4. Klik “Jalur Mandiri Paralel”
  5. Anda akan melihat laman pengumuman resmi terkait Jalur Mandiri Paralel

 

Di situs resmi PMB Umrah menunjukan beberapa informasi terkait Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) yang menjadi syarat utama untuk SBMPTN.  Lalu terdapat pilihan beberapa fakultas, seperti Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Ekonomi, Teknik, Ilmu Kelautan dan Perikanan, dan Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Selain itu, terdapat informasi terkait Informasi Calon Mahasiswa seputar Kehidupan Kampus dan Beasiswa.