Cara Cek Pengumuman UIN SUSKA 2021-2022

Info Penting CPNS

Cara Cek Pengumuman UIN SUSKA 2021-2022 - Seperti Universitas Islam Negeri (UIN) Sultan Syarif Kasim (Suska) yang telah membuka Pendaftaran Mahasiswa Baru (PMB) melalui situs resminya. UIN Suska resmi membuka 5 jalur masuk utama untuk PMB pada tahun ini yang terdiri dari Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN), Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN), Seleksi Prestasi Akademik Nasional Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (SPAN PTKIN), Ujian Masuk Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (UM PTKIN), dan PMB Mandiri.

 


Pengumuman SNMPTN

Bagi calon mahasiswa dan mahasiswi yang mendaftarkan diri melalui jalur masuk SNMPTN, Anda dapat melihat pengumuman resmi dengan mengikuti beberapa langkah dibawah ini, yaitu:

  1. Buka browser di handphone, laptop, atau komputer
  2. Kunjungi situs PMB UIN Suska di http://pmb.uin-suska.ac.id/ atau pengumuman-snmptn.ltmpt.ac.id
  3. Jika sudah masuk ke beranda, terdapat beberapa pilihan, Anda dapat memilih “Jalur”
  4. Lalu klik “SNMPTN” 
  5. Anda akan melihat pengumuman resmi terkait SNMPTN di situs tersebut

 

Pengumuan PMB UIN Suska

Jika Anda mendaftarkan diri sebagai calon mahasiswa atau mahasiswi di UIN Suska melalui jalur SBMPTN, maka Anda dapat mengikuti beberapa langkah dibawah ini untuk melihat pengumuman terkait SBMPTN, yaitu :

  1. Kunjungi situs resmi PMB UIN Suska di http://pmb.uin-suska.ac.id/
  2. Setelah masuk ke beranda, terdapat beberapa pilihan
  3. Anda dapat memilih “Jalur” 
  4. Lalu klik “SBMPTN” 
  5. Anda akan diarahkan ke situs resmi SBMPTN

 

Pengumuman SPAN PTKIN

Selain melalui kedua jalur diatas, terdapat jalur SPAN PTKIN yang tersedia di UIN Suska. Jika Anda mengambil jalur masuk yang satu ini, ikuti beberapa langkah dibawah ini untuk melihat pengumuman lebih lanjut, yaitu :

  1. Kunjungi situs PMB UIN Suska di http://pmb.uin-suska.ac.id/ atau pengumuman.span-ptkin.ac.id
  2. Anda akan memasuki beranda dan melihat beberapa pilihan
  3. Lalu Anda dapat memilih bagian “Jalur” pada beranda
  4. Setelah itu, Anda dapat klik SPAN PTKIN
  5. Di dalam situs tersebut, terdapat dua pilihan antara melihat pengumuman dan website resmi SPAN PTKIN Anda dapat klik “Pengumuman” 
  6. Lalu nanti Anda akan diminta nomor pendaftaran, Anda dapat memasuki nomor pendaftaran terlebih dahulu, lalu klik “Lihat Hasil”

 

Pengumuman UM PTKIN

Nanti Anda akan melihat hasil dari SPAN PTKIN yang Anda lalui sebelumnya Jalur masuk selanjutnya yaitu UM PTKIN. Jika Anda ingin melihat pengumuman mengenai UM PTKIN di UIN Suska, ikuti beberapa langkah dibawah ini, yaitu :

  1. Kunjungi situs resmi PMB UIN Suska di http://pmb.uin-suska.ac.id/ atau Pengumuman.um-ptkin.ac.id
  2. Lalu Anda akan masuk ke beranda PMB UIN Suska
  3. Anda dapat memilih “Jalur” 
  4. Klik “UM PTKIN” 
  5. Anda akan masuk ke laman resmi UM PTKIN
  6. Anda dapat scrolling ke bawah, lalu Anda dapat klik “Log In” 
  7. Masukkan nomor Slip Instruksi Pembayaran (SIP) dan PIN yang Anda miliki
  8. Lalu klik “Log in”

 

Pengumuman PMB Mandiri

Anda akan memasuki laman yang memperlihatkan segala proses UM PTKIN dan pengumuman resmi
Jalur masuk terakhir di UIN Suska, yaitu PMB Mandiri. Bagi Anda yang ingin melihat pengumuman mengenai PMB Mandiri di UIN Suska, Anda dapat ikuti beberapa langkah dibawah ini :

  1. Masuk ke situs resmi PMB UIN Suska di http://pmb.uin-suska.ac.id/ 
  2. Lalu Anda dapat memilih “PMB Mandiri” dan akan terlihat beberapa pilihan yang muncul, seperti Undangan Mandiri, Ujian CAT, Tata Cara Ujian CAT Mandiri, dan Tata Cara Pembayaran Uang Pendaftaran
  3. Anda dapat memilih sesuai dengan keinginan Anda terkait informasi resmi PMB Mandiri di UIN Suska
  4. Ujian CAT yang dilaksanakan pada jalur masuk PMB Mandiri merupakan salah satu seleksi PMB di UIN Suska yang berbasis ujian tertulis. Dalam mengikuti ujian CAT dalam jalur masuk PMB Mandiri, terdapat beberapa persyaratan, biaya yang ditanggung peserta, tata cara pendaftaran, serta pengumuman hasil seleksi di UIN Suska.
  5. Selain melihat jalur masuk ke UIN Suska, Anda dapat melihat informasi lainnya mengenai PMB UIN Suska di situs resminya, seperti Jadwal Pendaftaran dengan menunjukan proses pendaftaran jalur mandiri dan ujian daring yang akan dilaksanakan di rumah masing-masing peserta.  Selain itu, terdapat Program Studi yang terbagi menjadi 3, yaitu Program Studi Umum, Program Studi Agama, dan Program Studi Jalur Mandiri.

 

Lalu terdapat opsi Pra – Daftar yang ditujukan untuk peserta Jalur Ujian CAT S1 dan D3, Jalur Psikologi S2, dan Jalur PGMI S2. Setelah itu, terdapat opsi Kelulusan untuk peserta yang ingin melihat status kelulusan. Pilihan lainnya yaitu Unduhan untuk peserta yang ingin mengunduh dokumen terkait PMB di UIN Suska, dan peserta juga dapat log in dengan PIN serta password.