Cara Cek Pengumuman UIN Jakarta 2021-2022

Info Penting CPNS

Cara Cek Pengumuman UIN Jakarta 2021-2022 - Universitas Islam Negeri Jakarta (UIN JAKARTA) merupakan sebuah Islam Negeri Jakarta, yang terbentuk pada 1 Juni 1957. Perguruan Tinggi Negeri Islam ini terletak di Ciputat Timur, dan memiliki motto Knowledge (pengetahuan), Piety (kesalehan), Integrity (integritas).

Fakultas dan Program Studi yang tersedia di Universitas Islam  Negeri Jakarta adalah sebagai berikut:

  1. Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan : Program Studi: Pendidikan Agama Islam, Bahasa Arab, Bahasa Inggris, Bahasa Indonesia, Kimia, Fisika, Matematika
  2. Fakultas Syariah dan Hukum : Program Studi: Perbandingan Madzhab, Hukum Tata Negara, Hukum Pidana Islam
  3. Fakultas Ilmu Dakwah dan Komunikasi : Program Studi: Komunikasi dan Penyiaran Islam, Kesejahteraan Sosial, Manajemen Dakwah, Jurnalistik
  4. Fakultas Dirasat Islamiyah : Program Studi: Dirasat Islamiyah (S1), Dirasat Islamiyah (S2)
  5. Fakultas Syariah dan Hukum : Program Studi: Hukum Ekonomi Syariah (Muamalat),  Ilmu Hukum, Ilmu Keluarga Islam, Hukum Pidana Islam


Bagi anda yang tertarik untuk masuk ke Universitas Isla Negeri Jakarta, ada beberapa tes yang diselenggarakan untuk diterima di perguruan tinggi ini.  Tes tersebut adalah tes SNMPTN, SBMPT, dan juga tes jalur mandiri.

Jika anda sudah mengikuti tes yang telah diselenggarakan oleh pihak kampus, anda bisa melihat pengumuan dari tes tersebut. Kali ini kami akan membahas cara melihat penguman tes mulai dari SNMPTN, SBMPTN, dan Seleksi Mandiri. Berikut adalah infromasinya, dan anda bisa melihat secara detail informasi yang  telah diberikan tersebut

 

1. Pengumuman Lewat SNMPTN 

SNMPTN merupakan tes,  yang diselenggarakan di semua perguruan tinggi negeri di seluruh Indonesia.  Untuk pengumuman hasil SNMPTN biasanya diumumkan secara serenatak, yaitu lewat website Pengumuman-snmptn.ltmpt.ac.id. Website ltmpt.ac.id ini merupakan website satu satunya yang bisa diakses, untuk mengetahui hasil dari SNMPTN. Selain dari website tersebut, hasil yang diinformasikan bisa tidak benar atau palsu.


 

2. Pengumuman Lewat SBMPTN 

Selain terdapat tes SNMPTN, pemerintah juga menyelenggarakan tes SBMPTN untuk masuk ke dalam perguruan tinggi negeri.  Jika anda ingin mengetahui hasil tes SBMPTN, anda bisa langsung berkunjung ke pengumuman-sbmptn.ltmpt.ac.id. Bila anda lolos seleksi, akan ada tulisan lolos di website tersebut. Namun jika anda tidak lolos, anda mendapatkan tulisan tidak lolos pada website. Bila anda tidak lolos dalam SBMPTN, anda bisa mengikuti SBMPTN di tahun berikutnya.

 

3. Pengumuman  Lewat SPAN PTIKN 

Perguruan tinggi Islam melalui Kementerian Agama,  menyelenggarakan tes masuk perguruan tinggi Islam lewat Seleksi Prestasi Akademik Nasional Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri.  Biasanya calon mahasiswa dilihat nilai raportnya, sehingga pendaftarannya gratis. Untuk melihat hasil dari SMPAN PTIKN, anda bisa berkunjung ke pengumuman.span-ptikn.ac.id. Isi nomor pendaftaran yang telah anda miliki, kemudian setelah itu anda bisa melihat hasil seleksinya lewat website yang sudah tersedia.



4. Pengumuman UM PTIKN 

UM PTIKN juga merupakan tes masuk perguruan tinggi negeri Islam, yang diselenggarkan oleh Kementerian Agama.  Berbeda dengan SPAN PTIKN, UM PTIKN dikenakan biaya untuk pendaftarannya. Akan ada beberapa tes yang dilakukan, supaya diterima lewat UM PTIKN. Untuk melihat hasil dari UM PTIKN, anda bisa melihatnya di pengumuman.um-ptikn.ac.id.  Setelah anda lolos mengikuti tes yang diselenggarakan, biasanya akan diumumkan di website tersebut. Nantinya akan ada pengumuman lebih lanjut, jika anda diterima tes UM PTIKN.

 

5. Pengumuman Lewat SMM PTN Barat 

Untuk mendaftar ke Universitas Islam Negeri Jakarta, bisa melalui SMM PTN Barat, atau Seleksi Masuk Negeri Perguruan Tinggi Negeri Barat. Universitas Islam Negeri Jakarta mengadakan seleksi mandiri, bersama sama dengan perguruan tinggi negeri  lain di wilayah Barat Indonesia.
Untuk mengetahui hasil dan juga pengumuman SMM PTN Barat, anda bisa melihatnya di smmptnbarat.id.  Hasil pengumuman biasanya diumumkan secara serentak, melalui website tersebut.

 

6. Pengumuman Lewat Seleksi Mandiri Universitas Islam Negeri Jakarta 

Jika anda tidak diterima lewat SNMPTN, SBMPTN, SMM PTN Barat, anda bisa mengikuti Seleksi Mandiri yang dilakukan oleh Universitas Islam Negeri Jakarta. Akan ada beberapa mata pelajaran yang diujikan, ketika anda mengikuti tes Mandiri di Universitas islam Negeri Jakarta. Bila anda sudah mengikuti tes mandiri yang dilakukan oleh Universitas Islam Jakarta, anda bisa melihat hasilnya di spmb.uinjkt.ac.id. Pada website tersebut tertera tulisan pengumuman, dan anda langsung klik tulisan tersebut untuk mengetahui pengumumannya.

 

7. Pengumuman Seleksi Lewat Beasiswa Kartu Indonesia Pintar (KIP) 

Kartu Indonesia Pintar merupakan Pemerintah Indonesia, supaya anak anak bisa sekolah dan kuliah. Universitas Islam Negeri Jakarta memberi kesempatan bagi calon mahasiswa, untuk mendaftar kuliah lewat program Kartu Indonesia Pintar. Bila anda sudah memenuhi kriteria untuk mendapatkan Kartu Indonesia Pintar di Universitas Islam Negeri Jakarta, anda bisa melihat pengumumannya lewat spmb.uinjkt.ac.id. Pertama anda mendaftar untuk seleksi dahulu, dan anda bisa melihat hasilnya lewat website tersebut.