Cara Cek Pengumuman ISI Padang Panjang 2024/2025


Cara Cek Pengumuman ISI Padang Panjang 2024/2025 - Berbagai Perguruan Tinggi Negeri (PTN) tengah sibuk dengan berbagai macam persyaratan untuk calon mahasiswa dan mahasiswi yang akan daftar. Sama halnya seperti PTN Institut Seni Indonesia (ISI) Padang Panjang yang telah membuka PMB tahun ini. Terdapat beberapa pilihan jalur masuk dari ISI Padang Panjang, yaitu :
  1. Seleksi Nasional Berbasis Prestasi (SNBP)
  2. Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) - Seleksi Nasional Berbasis Tes (SNBT)
  3. Seleksi Mandiri Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SMM - PTN Barat)

 


Pengumuman SNBP

Bagi para calon mahasiswa dan mahasiswi ISI Padang Panjang yang masuk melalui jalur SNBP, harus mengetahui pengumuman lebih lanjut terkait SNBP di ISI Padang Panjang. Cara melihat pengumuman resminya, yaitu :

  1. Anda harus membuka browser antara di laptop, komputer, atau ponsel
  2. Kunjungi situs resmi PMB ISI Padang Panjang di https://www.isi-padangpanjang.ac.id/
  3. Lalu Anda akan memasuki bagian beranda
  4. Anda dapat memilih bagian “Akademik (Proses Pembelajaran)” 
  5. Pilih “Penerimaan Mahasiswa Baru” 
  6. Klik “SNBP”

 

Pada laman tersebut akan menampilkan berbagai macam perngumuman dan informasi terkait SNBP Penerimaan SNBP dilaksanakan dengan menerima calon mahasiswa dan mahasiswi berprestasi yang dilihat dari nilai rapor, serta prestasinya selama di bangku Sekolah Menengah Atas (SMA). Dalam proses SNBP, pihak sekolah dari siswa tersebut berperan penting, karena harus mengisi Pangkalan Data Sekolah dan Siswa (PDSS) berdasarkan rekam jejak sekolah dan prestasi siswa yang mendaftar. 

Segala proses pengolahan data yang berkaitan dengan jalur masuk SNBP, nantinya akan diurus oleh SNPMB yang menjadi lembaga penyelenggara tes untuk ke perguruan tinggi yang berstandar di Indonesia.

 

Pengumuman UTBK SNBP

Jika Anda ingin mengetahui pengumuman seputar jalur masuk UTBK - SNBT di ISI Padang Panjang, Anda dapat ikuti beberapa langkah dibawah ini, antara lain :

  1. Bukalah browser yang berada di laptop, komputer, atau ponsel
  2. Kunjungi situs resmi PMB ISI Padang Panjang di https://www.isi-padangpanjang.ac.id/
  3. Lalu Anda akan masuk ke beranda situs resmi PMB ISI Padang Panjang
  4. Anda dapat memilih “Akademik (Proses Pembelajaran)” 
  5. Lalu pilih “Penerimaan Mahasiswa Baru” 
  6. Anda dapat klik “UTBK 

 

Setelah itu, Anda akan masuk ke laman mengenai pengumuman terkait UTBK di ISI Padang Panjang Beberapa PTN di Indonesia menetapkan syarat utama mengikuti SNBT yaitu melalui UTBK yang diselenggarakan oleh SNPMB. Selain PTN, UTBK juga menjadi syarat utama bagi calon mahasiswa dan mahasiswi yang ingin masuk ke Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN) dan Politeknik Negeri.  

 

Pengumuman SMMPTN

Untuk jalur masuk ke ISI Padang Panjang yang terakhir yaitu melalui SMM PTN Barat. Jika Anda ingin melihat pengumuman resmi terkait SMM PTN Barat di ISI Padang Panjang, Anda dapat mengikuti beberapa cara dibawah ini, yaitu :

  1. Buka browser di antara laptop, komputer, handphone
  2. Kunjungi situs resmi PMB ISI Padang Panjang di https://www.isi-padangpanjang.ac.id/penerimaan-mahasiswa-baru/  atau https://pengumuman.smmptnbarat.id/
  3. Lalu Anda akan masuk ke beranda PMB ISI Padang Panjang
  4. Anda dapat memilih “Akademik (Proses Pembelajaran)” 
  5. Lalu pilih “Penerimaan Mahasiswa Baru” 
  6. Setelah itu, klik “SMM PTN Barat”
  7. Nanti Anda akan masuk ke lama yang berisi pengumuman resmi terkait SMM PTN Barat

SMM PTN Barat merupakan seleksi mandiri di wilayah PTN bagian barat yang dapat diikuti oleh calon mahasiswa dan mahasiswi. Seleksi mandiri ini dilaksanakan secara bersamaan oleh PTN di bagian barat, peserta dapat memilih 2 program studi serta memilih perguruan tinggi yang masuk pada daftar PTN bagian barat. 

Selain pengumuman mengenai jalur masuk di situs resmi PMB ISI Padang Panjang, di situs tersebut juga terdapat informasi lainnya terkait dengan informasi seputar kampus ISI Padang Panjang, informasi mengenai Fakultas yang terdiri dari 2 fakultas, yaitu Fakultas Seni Pertunjukan dan Fakultas Seni Rupa dan Desain, dan kontak untuk menghubungi pihak ISI Padang Panjang jika terjadi kesulitan.  

Jika Anda scrolling ke bawah pada situs tersebut, terdapat beberapa layanan yang menyediakan seperti akses jurnal online, pustaka online, download arsip, dan lain lain. Lalu terdapat lembaga yang merupakan bagian dari ISI Padang Panjang, serta terdapat Unit Pelaksanaan Teknis.