Cara Cek Pengumuman ITERA 2021-2022

Info Penting CPNS

Cara Cek Pengumuman ITERA 2021-2022 - Institut Teknologi Sumatera (ITERA) adalah universitas negeri,  yang terletak di antara Kabputen Lampung Selatan dan Kota Bandar Lampung. Institut Teknologi Sumatera ini diresmikan pada tanggal 6 Oktober 2014, dan merupakan institute teknologi ke empat yang ada di Indonesia. 

Adapun jurusan dan Sub Jurusan yang tersedia di Institut Teknologi Sumatera adalah sebagai berikut: Jurusan Teknologi Infrastruktur dan Wilayah Arsitektur,Tenik Lingkungan, Teknik Sipil , Teknik Perkereta apian, Desain Komnukasi Visual (DKV)



Jurusan Sains

  • Matematika, 
  • Fisika, 
  • Kimia, 
  • Biologi, 
  • Farmasi, 
  • Sains Data


Jurusan Teknologi Industri dan Produksi

  • Sub Jurusan Teknik Elektro dan Informatika: Teknik Elektro, Teknik Biomedis, Teknik Biomedis
  • Sub Jurusan Teknik Proses: Teknik Rekayasa Hutan, Teknik Biosistem, Industri Pertanian
  • Sub Jurusan Teknik Manfaktur dan Kebumian: Teknik Mesin, Teknik Industri, Teknik Material


Seperti anda ketahui, bahwa untuk masuk perguruan tinggi negeri ada banyak sekali tes yang diselenggarakan.  Tes tersebut mulai dari Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN), Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN), dan Seleksi Masuk Mandiri (SMM). Sama seperti perguruan tinggi negeri yang lainnya, Institut Perguruan Tinggi Sumatera juga menyelenggarakan seleksi masuk mulai dari SNMPTN, SBMPTN, Seleksi Mandiri (SMM), dan seleksi manadiri jalur prestasi.
 

Untuk anda yang masih belum mengetahui cara untuk melihat hasil SBMPTN dan SNMPTN, kali ini kami akan membahas cara untuk melihat hasilnya.  Pembahasan akan dimulai dari cara melihat hasil seleksi SNMPTN, SBMPTN, SMM Barat, dan juga Seleksi mandiri prestasi khusus atau perkereta apian .  Mari simak informasinya berikut ini.


 

Pengumuman Lewat  Tes  SNMPTN 

Tes pertama kali untuk masuk perguruan tinggi, adalah lewat SNMPTN. SNMPTN ini dapat diperoleh lewat sebuah undangan atau raport bagus, sehingga tidak perlu lagi mengikuti berbagai tes.
Untuk mengetahui pengumuman lolos tes SNMPTN yang telah diselenggarakan, anda bisa melihatnya lewat website pengumuman-snmptn.ltmpt.ac.id.  

Bila anda lulus atau tidak lulus, nantinya anda akan diberi tahu lewat website pengumuman-snmptn.ltmpt.ac.id. Selain dapat melihat dari portal tersebut, anda juga bisa melihat hasilnya lewat website pmb.itera.ac.id.   Lewat portal kampus tersebut, nantinya anda akan mudah untuk mengetahui hasil lolos atau tidaknya SNMPTN.


 

Pengumuman Lewat Tes SBMPTN 

Selain melalui SNMPTN,  anda juga bisa tes lewat SBMPTN. Biasanya peluang dari SBMPTN ini akan lebih besar, dibandingkan dengan SNMPTN.  Tes SBMPTN ini menggunakan komputer, dan dilakukan pada sebuah gedung.


Bila anda sudah mengikuti seleksi perguruan tinggi lewat SBMPTN, anda bisa melihatnya lewat website ltmpt.ac.id.  Website tersebut website resmi pengumuman SBMPTN, dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan. Selain lewat website ltmpt.ac.id,  anda juga bisa melihat hasil  tes SBMPTN lewat website Institut Perguruan Tinggi Sumatera. Website resmi dari Institut Teknologi Sumatera, yaitu itera.ac.id.

 

Pengumuman Seleksi Mandiri Perguruan Tinggi Barat

Biasanya perguruan tinggi negeri melakukan seleksi mandiri di kampus masing masing, namun Institut Teknologi Sumatera menyelenggarakan seleksi mandiri bersama perguruan tinggi negeri yang lainnya di wilayah Barat Indonesia.

Untuk mengikuti tes lewat SMM Perguruan Tinggi Barat, anda bisa mendaftar lewat masing masing kampus yang diinginkan. Setelah anda mendaftar, anda bisa mengikuti tes yang sudah diselenggarakan.

Untuk mengetahui hasil lewat Seleksi Mandiri Perguruan Tinggi Barat, anda bisa melihatnya lewat website pengumuman.smmptnbarat.id.  Berikut ini cara untuk melihat informasi kelulusan, melalui pengumuman.smmptnbarat.id.

  1. Pertama anda pergi ke website pengumuman.smmptnbarat.id.
  2. Selanjutnya setelah anda mengunjungi laman tersebut, anda mengisi nomor ujian yang sudah anda miliki
  3. Jika anda sudah mengisi nomor ujian bisa diisi tanggal lahir, bulan, dan juga tahun kelahiran anda
  4. Klik pada lihat hasil seleksi pada bagian bawah website
  5. Setelah anda klik bagian lihat hasil seleksi, maka anda akan mengetahui apakah anda akan lolos atau tidak


Seleksi Mandiri Prestasi  Khusus 

Untuk anda yang memiliki prestasi khusus seperti mengikuti lomba olimpiade atau lomba olahraga, anda bisa mendaftar ke Institut Teknologi Sumatera lewat jalur prestasi. Bila anda berminat mendaftar ke Institut Teknologi lewat prestasi khusus,  anda bisa mendaftarkan diri anda lewat usm-pk.itera.ac.id.  

Bila anda sudah mengikuti serangkaian tes dan ingin melihat hasilnya, anda bisa melihat hasilnya lewat website pmb.itera.ac.id.  Jika anda lolos mengikuti seleksi prestasi khusus, nantinya nama anda akan masuk ke dalam website tersebut. Namun jika nama anda tidak ada dalam website, maka anda tidak lolos dalam seleksi


Seleksi Mandiri Jalur Perkereta Apian  

Tidak hanya menyediakan jalur prestasi prestasi khusus, Institut Teknologi Sumatera juga menyediakan seleksi mandiri jalur perkereta apian. Jalur khusus ini diperuntukan bagi anda, yang suka dengan dunia perkereta apian.
 

Jika anda sudah mengikuti tes yang diselenggarakan, anda bisa melihatnya di  portal pmb.itera.ac.id. Jika nama anda tidak tertera pada website tersbeut, maka anda tidak lolos dalam tes tersebut.