Pendaftaran PPDB Online Sistem Kelulusan Baru 2021/2022

Pendaftaran PPDB Online Sistem Kelulusan Baru 2021/2022 - Sejumlah daerah banyak melaporkan kendala seperti server error sehingga membuat wali murid tidak bisa mengisi form pendaftaran PPDB secara daring, mau tidak mau orang tua harus datang ke dinas terkait dan melakukan pendaftaran PPDB secara offline, beberapa wilayah yang sedang melaksanakan proses PPDB Online mengalami hal sama.

Keluhan seperti situs tidak bisa diakses, bahkan siswa/i yang sudah mendaftar namun tidak bisa mengisi form yang ada di Online. Pendaftaran secara manual terpaksa dilakukan lantaran server mengalami kerusakan para orang tua pun tidak bisa memasukan data base anak mereka secara online membuat kerumunan terjadi di dinas pendidikan setempat.



Untuk menjaga jarak aman pada saat mengantri akan sulit dilakukan, menurut beberapa daerah yang mengalami kendala disebabkan karena sistem jaringan server sempat terputus sehingga singkronisasi data pada saat pendaftaran PPDB tidak bisa dilakukan akibat banyak terjadi kendala seperti ini pelaksaan PPDB kemungkinan akan diperpanjang dan memakan waktu lebih lama dari rencana awal.

Banyak daerah yang sebenarnya tidak terlalu paham mengenai sistem data berbasis server, dimana seharusnya panitia atau dinas setempat menempatkan orang yang ahli di bidang Jaringan atau IT dan sebelum pelaksaan PPDB Online seharusnya kemampuan daya tampung server harus dihitung dengan jumlah data peserta PPDB tahun lalu, jika memungkinkan baru dilaksanakan secara serentak namun jika tidak memungkinkan untuk menghindari error seharusnya dibagi dalam beberapa sesi.

Laporan mengenai kendala seputar PPDB Online tidak hanya berada di satu wilayah saja tetapi hampir sebagian daerah yang mengalami hal sama, di sisi lain waktu pendaftaran PPDB semakin mepet dan harus segera diselesaikan, terdapat beberapa hal yang perlu diperhatikan oleh daerah pelaksana PPDB Online agar tidak terjadi diantaranya sebagai berikut :

Kendala Server Rusak PPDB Online, mengharuskan orang tua mendaftar PPDB memelalui manual, saran untuk Panitia :

  1. Harus dipersiapkan dengan matang, seperti pantia PPDB Online harus benar-benar menghitung kemampaun server dalam menampung data seperti, ruang, kemampuan penyimpanan dan lainnya dengan memperhitungkan data dari peserta tahun lalu.
  2. Jika kwatir server tidak bisa menampung data keseluruhan peserta pendaftaran PPDB Online seharunya dibagi dalam beberapa domain yang berbeda dengan pembagian ruang server, jika satu situs terkendala maka tidak mempengaruhi data lainnya.
  3. Panitia seharusnya membagi sesi pendaftaran setelah peserta berhasil membuat akun menjadi beberapa sesi.
  4. Perhitungan ruang dan daya tampung server akan berbeda dengan perhitungan trafik biasanya jika banyak data yang harus di upload maka beban server akan lebih berat.
  5. Hanya sedikit yang mengerti sistem cache dan perlu tambahan tools agar dapat lebih meringankan beban server.
  6. Persiapan PPDB Online seharusnya melibatkan orang-orang yang ahli di bidangnya bila perlu sewa jika tidak ada SDMnya.

Selain kendala ada beberapa berita penting untuk acuan kelulusan PPDB tahun ini akan sedikit berbeda dengan tahun sebelumnya bagi yang belum mengetahui apa saja acuan kelulusan PPDB yang dimaksud dapat dilihat sebagai berikut.

Untuk PPDB tahun ini memang akan mengalami beberapa perbedaan dengan tahun sebelumnya maka tahun ini sistem PPDB menggunakan acuan menggunakan nilai rapot sekolah, nilai rapot digunakan mulai dari semestar 1 hingga semestar 5, dan beberapa atauran baru yang harus dipahami terkait dengan acuan penerimaan PPDB tahun ini sebagai berikut :


Aturan Kelulusan PPDB Online 

Tahun ini PPDB online memiliki aturan baru dimana sistem kelulusan ditentukan berdasarkan penilian yang sudah ditentukan adapaun faktor yang dinilai pada saat PPDB untuk menentukan kelulusan sebagai berikut :

  1. Pelaksaan PPDB akan menggunakan acuan nilai rapot sebagai tolak ukur kelulusan karena sistem ujian nasional telah dihapuskan.
  2. Nantinya kepala sekolah diharuskan membuat rangkuman nilai dari rata-rata menjadi sebuah surat keterangan yang ditanda-tangani oleh kepala sekolah.
  3. Selain nilai rapot faktor penentu lainnya adalah akreditasi sekolah dimana sekolah yang memiliki akreditasi A maka akan mendapatkan nilai 100%,  akreditasi B akan mendapatkan nilai 90%, akreditasi C akan memiliki nilai 80% sedangkan sekolah yang belum memiliki akreditasi akan diberikan nilai 70%.
  4. Khusus untuk yang mengikuti jalur zonasi pertimbangan lainnya adalah jarak terdekat sekolah dengan tempat tinggal menjadi acuan penerimaan PPDB tahun ini.
  5. Tahun ini juga pemerintah memperikan kuota khusus untuk putra-putri tenaga medis.

Setelah kendala dan acuan kelulusan ada beberapa hal penting lainnya yang harus diketahui oleh wali murid dan siswa/i seperti tujuan dari PPDB dilaksanakan dengan menggunakan sistem baru ini sebagai berikut :

Tujuan PPDB Online dengan Sistem Terbaru.
  1. Perluasan akses pendidikan untuk menghindari penumpukan disekolah favorite, jadi setiap sekolah merata, siswa yang berprestasi tidak menumpuk di sekolah tertentu bisa tersebar.
  2. Pemerataan pendidikan dimana sistem yang sudah ditentukan diharapkan dapat memberikan pemerataan setiap sekolah dengan siswa/i potensial.

Itulah tujuan dari sistem PPDB Online yang baru diharapkan semua sekolah yang ada mendapatkan perluasan dan pemerataan, bagi yang ingin mendaftar PPDB jika terjadi kendala sebaiknya melaporkan hal ini ke dinas setempat, namun jika kendala tersebut sudah pada tahap berat kemungkinan besar pelaksaan PPDB dilaksanakan secara offline.

Untuk wali murid atau siswa/i yang belum mengetahui apa saja aturan baru acuan kelulus PPDB tahun ini dapat dibaca agar, jika hasil tidak sesuai dengan harapan tidak terjadi protes yang berlebihan karena aturan baru yang sudah di tetapkan.

Seperti contoh tahun lalu ada banyak orang tua yang protes keras ke sekolah mengapa anaknya yang pintar tapi tidak masuk sekolah favorite, hal semacam ini mungkin tidak memenuhi acuan kelulusan lainnya yang sudah ditentukan seperti jarak sekolah dengan tempat tinggal atau mungkin akreditasi sekolah yang berbeda. 

Itulah beberapa ulasan seputar Kenala, Acuan kelulusan, Tujuan PPDB Online yang dapat kami rangkum dari beberapa sumber berita, Kompas dan CNN Indonesia semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi para wali murid atau siswa/i tahun ini yang akan mengikuti PPDB secara Online.