5 Jalur Pendaftaran PPDB Online SMA-SMK 2020/2021 Pendemi Corona Covid-19

5 Jalur Pendaftaran PPDB Online SMA/SMK 2020/2021 - Pelaksaan PPDB tahun ini akan berjalan sesuai jadwal meski dalam keadaan tidak biasa, pemerintah melalui dinas pendidikan terkait akan memberikan monitoring terhadap sistem penerapan PPDB dengan menggunakan standar yang digunakan saat ini, dimana penerimaan akan dilaksanakan secara online.

Bagi daerah yang belum mendukung penerimaan PPDB secara online akan diberikan dukungan dari Pusdatin Kemdikbud melalui provinsi, sementara bagi daerah yang tidak memungkinkan untuk melakukan pendaftaran PPDB secara online dapat melaksanakan secara luring atau kehadiran dengan aturan ketat yang harus dipatuhi.



Penerimaan peserta didik baru dibuka melalui 5 jalur yang akan dilaksanakan secara online hingga akhir bulan. namun ada beberapa wilayah yang juga membuka PPDB kurang dari 5 jalur, secara umum penerimaan PPDB tahuun ini tidak jauh berbeda dengan penerimaan PPDB tahun lalu, bagi daerah yang biasa melaksanakan PPDB Online tentu tidak akan ada kendala.

Hanya saja untuk yang belum tentu akan lebih repot jika dibandingkan dengan tahun sebelumnya, Setiap calon pendaftaran diwajibkan melengkapi persyaratan adminstasi yang sudah ditentukan. Penerimaan jalur PPDB akan dilaksanakan dua tahap untuk lebih jelas rinciannya sebagai berikut.

Penerimaan 3 jalur akan dilaksanakan pada tahap 1,dan sisanya akan dilaksanakan pada tahap kedua, sementara tahap kedua diperuntukan untuk siswa/i yang belum diterima dari tahap 1. Total ada 380 rb lebih kuota penerimaan siswa sma/smk untuk tahin ajaran baru di daerah jawa timur dan ratusan ribu kuota lainnya di derah lain.

Berikut beberapa informasi mengenai 5 Jalur Pendaftaran PPDB Online yang sudah maupun akan dibuka pendaftaran seperti dibawah ini :


Tahap 1 
Afirmasi

PPDB jalur Afirmasi merupakan salah satu jalur untuk masyarakat dengan latar belakang keluarga Tidak mampu dengan jumlah kuota sebesar 15 %, hanya dapat diikuti oleh masyarakat yang kurang mampu diukur dari penghasilan orang tua yang dibawah upah minimum regional daerah setempat dan latar belakang keuangan lainnya.


Jalur Perpindahan Tugas

Bagi orang tua yang sedang berada di kota/kabupaten tertentu dapat mengikuti jalur ppdb khusus perpindahan tugas wali murid/orang tua untuk Kuota pnerimaan dari jalur ini sebesar 5% yang akan dilaksakan pada tahap 1.


Jalur Prestasi Perlombaan

Untuk anak yang berprestasi dapat mengikuti program PPDB jalur Prestasi perlombaan dengan minimal prestasi tingkat sekolah daerah sampai internasional untuk mengikuti jalur ini setiap siswa/i wajib melampirkan bukti prestasi seperti sertifikat, piagam penghargaan atau lainnya Kuota penermaan melalui jalur ini sebesar 5%.


Tahap 2

Jalur Zonasi

Jalur Zonasi merupakan salah satu jalur yang akan mengukur secara real antara tempat tinggal dengan sekolah terdekat dimana semakin dekat tempat tinggal dengan sekolah tujuan akan semakin tinggi peluang untuk lulus PPDB, jalur ini akan menampung Kuota terbanyak dari semua jalur sekitar 50 %.


Jalur Prestasi

Jalur prestasi merupakan salah satu jalur yang akan mengukur prestasi dari hasil belajar seperti nilai rapot, dimana jalur ini akan memberikan kontribusi kuota penerimaan sebesar 25% sekaligus menjadi yang terbanyak kedua mengisi kuota setelah jalur zonasi.


Untuk proses pendaftaran PPDB Online akan dilaksanakan melalui situs resmi Provinsi tempat mendaftar biasanya ada format tersendiri sesuai dengan provinsi masing-masing, pelaksanaan PPDB SMA/SMK sepenuhnya diatur oleh provinsi lansung dan akan dibantu oleh kota/kabupaten. Selanjutnya siswa/i melakukan registasi secara online.

Dengan melakukan pembuatan akun sampai komprimasi, setelah akun selesai tahap selanjutnya adalah memilih jalur masuk yang akan diikuti baru kemudian mengisi form pendaftaran, jangan lupa untuk melengkapi dokumen persyaratan yang sudah ditentukan, untuk proses pendaftaran PPDB tahap 1 hanya akan berlaku pada tahap yang sama.

Itulah sedikit rincian mengenai pendaftaran PPDB pada tahun ini, dimana akan mayoritas dilaksanakan secara online sesuai dengan aturan dan kebijakan masing-masing provinsi, berlangsung sekitar 1 bulan pendaftaran untuk dapat mendaftar silahkan langsung kunjungi situs resmi provinsi. terima kasih semoga bermanfaat.

0 Response to "5 Jalur Pendaftaran PPDB Online SMA-SMK 2020/2021 Pendemi Corona Covid-19"

Posting Komentar