10 Aturan Penerimaan Mahasiswa Baru UTBK 2024/2025


10 Aturan Penerimaan Mahasiswa Baru PTN 2024/2025  - SNPMB merupakan salah satu sistem yang membantu para rektor dalam melaksanakan tes masuk perguruan tinggi negeri, salah satu tes tertulis yang paling penting adalah UTBK, dimana nantinya hanya akan ada satu kali tes saja, dan peserta yang sudah mendaftar UTBK langsung akan mendapatkan pengumuman akhir.

Tahun ini akan ada pola sistem penerimaan mahasiswa baru yang berbeda dari tahun sebelumnya, ada beberapa pembaruan yang akan terjadi pada sistem SNBT dimana proses pendaftaran yang lebih singkat, setiap peserta yang sudah mendaftar UTBK sudah pasti langsung otomatis mendaftar.




Jadi intinya proses pendaftaran tidak lagi menunggu nilai UTBK, sebab nilai ini akan dijadikan tolak ukur untuk pengumuman akhir, selain itu pemerintah melalui UTBK akan meminimalisir tes untuk penerimaan mahasiswa baru, hampir seluruh PTN akan menggunakan nilai UTBK untuk Tes Mandiri.

Bagi kalian yang sudah mendaftar sebaiknya mengikuti tes UTBK dengan sungguh-sungguh karena nilai tersebut tidak hanya digunakan untuk saja tetapi akan berlanjut ke jalur mandiri, apabila kalian mendapatkan nilai kecil sebaiknya cari PTN yang memiliki passing grade yang kecil juga pada saat mendaftar Jalur Mandiri.

Jika keadaan tahun ini tidak kunjung normal dipastikan kebijakan hanya akan ada satu kali tes saja untuk penerimaan mahasiswa baru PTN dengan menggunakan nilai UTBK untuk semua jalur masuk akan benar dilakukan, oleh sebab itu bisa jadi kesempatan untuk masuk PTN tahun ini akan memiliki peluang lebih besar bagi yang mendapatkan nilai UTBK yang baik.

Sementara akan memiliki peluang semakin kecil bagi mereka yang mendapatkan nilai UTBK yang kurang baik, seperti apa strategi dan prosedural penerimaan masiswa jalur SNBP dan SNBT bagaimana parameter yang digunakan untuk menjaring calon mahasiswa baru PTN. Terdapat beberapa perubahan yang akan terjadi pada saat tes UTBK dan Tes Mandiri beberapa perubahan yang perlu dicatat bagi para peserta tes UTBK tahun ini adalah sebagai berikut terkait dengan prosedur sistem penerimaan mahasiswa baru PTN :


10 Sistem Penerimaan Mahasiswa Baru SNBT

1. ProsedurProtokol Kesehatan
  • Setiap peserta tes Akan ada prosedur pengecekan suhu badan.
  • Wajib menggunakan Masker 
  • Wajib menggunakan hendsinestaiser sebelum masuk ruangan.
  • Menjaga jarak aman.

2. Nilai UTBK Sebagai Nilai Pengumuman Akhir
  • Hasil Nilai UTBK akan dibagikan 2 Jam sebelum pengumuman
  • Atau 2 jam setelah pengumuman.
  • Nilai UTBK dijadikan parameter untuk pengumuman.

3. Tes UTBK  langsung pengumuman.
  • Hanya akan ada satu kali proses dimana setelah tes UTBK langsung pengumuman tanpa harus menunggu nilai UTBK terlebih dahulu untuk mendaftaran, jadi UTBK langsung daftar.

4. Hanya diizinkan Mengikuti 1 Kali Tes.
  • Setiap peserta hanya diizinkan mengikuti maksimal 1 kali tes.

5. Hanya ada 1 Jenis Tes
  • Bentuk tes hanya ada dua Tes Potensi Akademik dan Gabungan soal IPA dan IPS (IPC)

6. Bebas Memilih Program Studi IPA Maupun IPS
  • Setiap peserta bebas memilih program studi baik IPA/IPS pada saat tes tanpa harus memilih jenis tes, bisa dibilang semua mengikuti tes Campuran (IPC).
  • Namun ada batasan dalam pemilihan program studi dimana panitia akan mempertimbangkan faktor kegagalan, jika tinggi maka pemilihan jurusan tidak diizinkan.
  • Pada saat pemilihan program studi nantinya pada form pengisian akan muncul jurusan/program studi apa saja yang diizinkan untuk diikuti sesuai dengan jenjang lulusan.

7. Jaga Jarak Aman dan Sesi Tes Akan Lebih Banyak
  • Jarak komputer tes akan diatur sesuai dengan anjuran pemerintah, itu artinya akan komputer yang akan digunakan hanya setengah dari jumlah yang ada dan membutuhkan waktu tes yang lebih lama jika dibandingkan dengan kondisi normal.

8. Kemungkinan Ada Revisi Jadwal UTBK
  • Pelaksanaan tes UTBK sudah ditetapkan namun jika tidak memungkinkan akan ada jadwal yang diundur sampai dinyatakan aman.

9. Nilai UTBK Untuk Tes Mandiri PTN
  • Nilai UTBK nantinya dapat digunakan untuk tes Mandiri setelah berakhir, baik digunakan secara keseluruhan maupun sebagian.
  • PTN akan dihimbau tidak melakukan tes lagi setelah UTBK dilaksanakan dan menggunakan nilai tersebut untuk parameter tes mandiri PTN.

10. Tempat dan Waktu tes
  • Tes akan dimaksimalkan di kampus PTN/PTS dan Sekolah yang telah ditunjuk 
  • dengan menggunakan 2 kali sesi tes Pagi dan Siang dengan satu jenis tes saja.

Demikianlah informasi yang bisa kami berikan semoga bermanfaat semua informasi yang sudah kami muat dikutip dari wawancara mentro pagi dengan ketua Panitia SNPMB yang dimuat melalui situs Official, tetap patuhi semua aturan baru pada saat tes agar semuanya dapat berjalan dengan baik. Kita doakan semoga indonesia kembali normal dan proses seleksi tahun ini tidak terganggu.