Cara Pendaftaran KIP-Kuliah.kemdikbud.go.id 2020/2021

Cara Pendaftaran KIP-Kuliah.kemdikbud.go.id 2020/2021 - Apakah kalian salah satu pemegang Kartu Indonesia Pintar (KIP), tahun ini pemerintah melalui Kemdikbud akan meluncurkan program KIP Kuliah sekaligus menjadi salah satu program pengganti beasiswa Bidik Misi, sekitar 400 rb peserta KIP yang ingin melanjutkan ke jenjang perguruan tinggi akan mendapatkan bantuan beasiswa selama kuliah.

Apa perbedaan dari KIP Kuliah dengan Bidik Misi ? Pada dasarnya memiliki tidak jauh berbeda, jika bidik misi sistem seleksi terintegrasi dengan sistem seleksi masuk kampus, peserta bidik misi yang sudah mendaftar dan memilih salah satu jalur masuk Perguruan Tinggi jika dinyatakan lulus akan otomatis menerima beasiswa Bidik Misi.



Hanya saja untuk mengikuti Bidik Misi peserta tidak bebas memilih kampus hanya kampus terntentu saja yang menjadi penyelenggara program ini, selain itu untuk pencairan beasiswa ini dilaksanakan dalam beberapa tahap, seperti bulan atau akhir semester. Untuk KIP Kuliah merupakan gabungan dari program beasiswa Bidik Misi dengan Beasiswa PPA/BBM keunggulan dari program ini adalah.

Peserta lebih banyak dari Bidik Misi, berdasarkan data dari situs resmi kemedikbud sekitar 400 rb orang pemegang KIP, selain itu KIP Kuliah bebas memilih kampus termasuk Perguruan Tinggi Swasta yang tidak terlalu kenal. Keunggulan lain dari program ini adalah lebih mudah di dapat asalkan mereka memiliki KIP bisa melakukan pendaftaran secara online.

Seperti contoh jika salah satu siswa/i pemegang KIP saat masih duduk di bangku Sekolah Menengah Atas dan tahun ini berencana kuliah, mencoba peruntungan di dua jalur masuk seperti SNMPTN dan SBMPTN, namun keduanya belum ada kesempatan lulus, tinggal tersisa jalur masuk Mandiri kemudian peserta tersebut dinyatakan lulus jalur Mandiri, nah pelajar ini besar kemungkinan akan menerima KIP Kuliah. Berikut kami lampirkan juga video tutorial pendaftaran KIP Kuliah.



Secara umum KIP Kuliah dibagi menjadi dua jenis/kelompok, kalian bisa memilih salah satu jenis yang ingin diikuti untuk lebih jelas berikut pembahasanya :

KIP Kuliah 

Adalah lanjutan dari program bidik misi dan beberapa pengabungan beasiswa prestasi lainnya, dimana target dari KIP kuliah adalah pelajar yang saat SMA/SMK/MA menerima bantuan melalui program KIP, Jadi pada saat kuliah program ini akan dilanjutkan.


KIP Kuliah Afirmasi 

Sedangkan untuk program KP Kuliah afirmasi sendiri di fokuskan untuk pelajar yang berasal dari daerah 3T (Terluar, Terdepan, Tertinggal), program ini merupakan bantuan Beasiswa ADik untuk daerah yang memenuhi syarat seperti papua dan daerah yang masuk dalam katagori 3T. Seandanya kalian berasal dari daerah tersebut bisa memilih kelompok ini.

Untuk mendaftar, ataupun lulus sebagai salah satu penerima KIP Kuliah tidak serta merta otomatis karena ada tahapan dan persyaratan yang harus dipenuhi oleh setiap peserta berikut kami berikan informasi sebagai berikut :

Persyaratan

  1. Pelajar SMA/SMK/MA sederajat lulusan Tahun ini, atau dua tahun yang lalu.
  2. Memiliki NISN, NPSN, NIK yang Valid.
  3. Memiliki KIP.
  4. Pelajar yang memilki potensi akademik selama sekolah, namun tidak mampu secara ekonomi dibuktikan dengan dokumen-dokumen sah.
  5. Jika peserta tidak memiliki KIP masih bisa mendaftar asalkan memiliki Kartu Keluarga Sejahtera dari pemerintah.
  6. Peserta yanng ingin mendaftar harus dinyatakan lulus disalah satu PTN, PTS dengan akreditasi A, B, Atau C.

Nah apabila sudah memenuhi syarat sebelum mendaftar kuliah sebaiknya kalian cek daftar Kampus dan Program Studi yang bisa mendaftar KIP Kuliah, terutama bagi yang ingin kuliah di kampus Swasta karena tidak semua kampus swasta mendukung program ini, untuk cek silahkan melalui link berikut http://kip-kuliah.kemdikbud.go.id/#profil. Masukan nama program studi yang tujuan, jika tidak ada berarti tidak mendukung program KIP Kuliah.

Tahapan pendaftaran KIP Kuliah dimulai dari memilih jenis kelompok, selanjutnya melengkapi persyaratan, sebelum mendaftar kuliah sebaiknya cek kampus di situs resmi KIP Kuliah, untuk pemilihan PTN tidak perlu kwatir karena semua kampus mendukung program ini. Untuk kampus PTN perlu diingat bahwa peserta tidak harus lulus dari jalur SNMPTN atau SBMPTN, atau Jalur Poliktenkik Negeri dan mereka yang ikut jalur mandiri bisa mendaftar program ini.

Program KIP Kuliah harus dipersiapkan sebelum proses pendaftaran dan pemilihan jalur masuk dilakukan, namun terdapat beberapa ketentuan yang dapat berubah sewaktu - waktu bisa jadi pendaftaran KIP Kuliah setelah lulus di salah satu jalur masuk perguruan tinggi. Tetapi yang pasti berdasarkan info dari situs resmi KIP Kuliah, proses pendaftaran tersebut dipersiapkan serentak dengan persiapan pendaftaran jalur masuk perguruan tinggi ataupun polikteknik. 


Cara Pendaftaran KIP Kuliah

Untuk Lebih jelas berikut cara pendaftaran KIP Kuliah


  1. Buka situs resmi http://kip-kuliah.kemdikbud.go.id selanjutnya pada bagian atas ada menu Login Siswa. pilih menu belum punya akun klik pada link Daftar http://kip-kuliah.kemdikbud.go.id/siswa/pendaftaran/baru.
  2. Selain melalui website resmi peserta juga dapat melakukan pendaftaran melalui APPS KIP Kuliah.
  3. Pada saat mendaftar silahkan isi form NIK, NISN, NPSN serta form mendapatkan kelayakan kuliah pastikan data yang sudah diisi harus di kirim.
  4. Setelah proses pendaftaran akun selesai peserta akan menerima No peserta dan Kode Akses untuk login http://kip-kuliah.kemdikbud.go.id/siswa/auth/login  dan dikirim ke email terdaftar.
  5. Menyelesaikan proses pendaftaran KIP Kuliah dan memilih jalur masuk yang akan diikuti, seperti jalur masuk SNMPTN, SBNMPTN, SNMPN Politeknik Negeri SBMPN Politeknik Negeri dan Jalur Mandiri.
  6. Proses pendaftaran KIP Kuliah dan Jalur Masuk SNMPTN, SBMPTN, Mandiri, SNMPN, SBMPN akan terintegrasi jadi pendaftaran dilaksanakan secara serentak karena akan dilakukan singkronisasi antara KIP Kuliah dengan Jalur Masuk yang dipilih. Maka dari itu semua peserta harus menyelesaikan proses pendaftaran KIP Kuliah terlebih dahulu baru kemudian memilih jalur masuk.
  7. Bagi yang sudah dinyatakan lulus seleksi di salah satu perguruan tinggi panitian akan melakukan verifikasi data sebelum mahasiswa diusulkan sebagai calon penerima beasiswa KIP Kuliah.
  8. NIK pada saat mendapaftar digunakan untuk melakukan singkronisasi data DTKS guna memperoleh tentang informasi sosial ekonomi, jika tidak peserta harus melengkapi data ekonomi dan data aset secara manual.

Itulah beberapa  informasi mengenai proses dari awal pendaftaran KIP kuliah sampai selesai, untuk informasi yang belum jelas dapat menanyakan langsung ke bagian admin KIP Kuliah dengan mengakses pusat "Bantuan" pada situs resmi http://kip-kuliah.kemdikbud.go.id. Selamat mencoba.

0 Response to "Cara Pendaftaran KIP-Kuliah.kemdikbud.go.id 2020/2021"

Posting Komentar