Cara Cek Pengumuman Pemeringkatan SNBP dari Sekolah TA 2025/2026


Cara Cek Pengumuman Pemeringkatan SNBP dari Sekolah TA 2025/2026 - Ada beberapa hal yang harus diperhatikan pada saat mendaftar SNBP, salah satu langkah awal adalah melakukan permanen data akun dengan cara verifikasi, proses ini sudah dilakukan perpanjangan waktu diharapkan semua siswa/i yang ingin mengikuti proses SNBP menyelesaikan tahap awal tersebut.

Akun SNPMB yang sudah dibuat tidak hanya digunakan untuk SNBP, apabila siswa/i gagal mengikuti seleksi SNBP maka bisa digunakan untuk mendaftar SNBT, untuk waktu registrasi sudah ditentukan, yaitu terbatas. Sampai dengan menjelang penutupan registrasi dan verifikasi akun SNBP masih banyak siswa yang belum melakukan permanen data.




Hanya saja kita tidak akan membahas terlalu jauh mengenai hal tersebut karena akan segera berlalu, untuk tahapan selanjutnya adalah sekolah mulai akan menentukan hasil pemilihan sekolah SNBP dimana mereka yang dinyatakan masuk dalam pemeringkatan berhak mengikuti SNBP, proses ini akan berlangsung setelah semua data pdss sudah berhasil di pernanenkan.

Apabila anda salah satu peserta SNBP, mungkin masih bingung bagaimana cara melakukan pengecekan hasil pemeringkatan SNBP yang sudah dilakukan, cara sederhanya adalah melakukan login melalui situs resmi SNPMB menggunakan akun yang sudah dibuat.

Untuk menenktukan siswa yang layak mengikuti SNPMB, sekolah akan mempertimbangkan hal tersebut berdasarkan kriteria, baru kemudian dilakukan pemeringkatan, untuk jumlah kuota akan ditentukan sesuai akreditasi sekolah sementara untuk nilai sesuai dengan jurusan masing-masing berikut rincian kriteria yang dimaksud.


Kriteria Pemeringkatan

Kriteria pemeringkatan siswa yang akan dilaksanakan oleh sekolah berdasakan beberapa hal yang mendasar seperti jurusan, akreditasi sekolah, prestasi akademik adapun rincianya sebagai berikut :
  • Jurusan IPA meliputi mata pelajaran matematik, bahasa indo, bahasa inggris, fisika, kimia, biologi.
  • Jurusan IPS, Matematik, B. ingris, B.indo, geografi, sosiologi, ekonomi.
  • Jurusan Bahasa, untuk mata pelajaran pokok umum saja, sedangkan sesuai jurusan yaitu antropologi, sastra indonesia, dan bahasa asing.
  • Khusus SMK, Sesuai kepetensi keahlian sesuai kejuruan dan haris ujian praktek.
Penetapan berdasarkan akreditasi sekolah akan ditentukan besaran kuota siswa yang dapat lulus SNBP semakin baik akreditasi suatu sekolah maka akan semakin banyak kuota yang bisa diisi rincian kuota seperti berikut dari total calon siswa yang diikutkan SNBP :
  • Untuk Sekolah Berakreditasi A : dapat menyerap 40% dari total siswa/i yang ada.
  • Sedangkan sekolah berakreditas B : mampu menyalurkan 25% kuota 
  • Bagi sekolah yang berakreditasi C dan dibawahnya : Masih menyediakan sekitar 5%.
Jika berhasil login maka dipastikan berhak mengikuti SNBP, untuk peserta yang tidak lulus pemeringkatan sangat disayangkan tidak akan bisa mendaftar SNBP, adapun beberapa rincian tata cara melakukan pengecekan hasil pemeringkatan SNBP yang dilakukan oleh sekolah seperti berikut :


Pemeringkatan SNBP

  1. Proses pengisian pdss akan berlangsung beberapa hari, dilakukan oleh pihak sekolah.
  2. Setelah itu proses pemeringkatan akan dilaksanakan.
  3. Bagi siswa/i yang ingin memastikan lulus pemeringkatan SNBP caranya cukup mudah tinggal login melalui situs resmi https://portal-snpmb.bppp.kemdikbud.go.id menggunakan username berupa email dan password akun SNPMB.
  4. Penentuan siswa/i yang berhak mengikuti SNBP dilaksanakan setelah sekolah melakukan finalisasi data PDSS.
  5. Untuk proses selanjutnya apabila kalian berhasil login akun ltmpt maka dipastikan bisa mengikuti SNBP.
  6. Sementara untuk yang tidak lulus pemeringkatan tidak akan bisa login, alternatif bagi yang gagal bisa mengikuti jalur lain.
  7. Baru kemudian dilanjutkan dengan prosedur pendaftaran SNBP.
  8. Selamat bagi yang dinyatakan lulus pemeringkatan SNBP dan layak mendaftar SNBP.

Untuk siswa yang memiliki nilai sama dapat memepertimbangkan aspek lain seperti prestasi akademik, maupun non akademik sesuai jurusan yang dipilih.  Untuk siswa yang tidak mau mengecek sendiri untuk mengetahui cara lain apakah lulus pemeringkatan SNBP atau tidak caranya yaitu.

Nantinya setelah semua data PDSS selesai diisi dan dilakukan finalisasi SNPMB melalui sistem PDSS akan menerbitkan daftar siswa yang layak mengikuti pendaftaran SNBP sesuai dengan kriteria pemeringkatan, biasanya data ini akan di tempel ke papan pengumuman. Prosesnya sama saja hanya saja ada banyak sekolah yang malas melakukan hal ini dan meminta kepada siswa untuk mengecek langsung dengan cara login ke Portal SNPMB. Jika berhasil login maka bisa mendaftar SNBP. Semoga bermanfaat.