Step by Step Pendaftaran Online SPAN PTKIN 2024/2025


Step by Step Pendaftaran Online SPAN PTKIN 2024/2025 - Hai teman-teman bagaimana dengan ujian sekolah kalian apakah sesuai dengan yang diharapkan atau mungkin tidak begitu memuaskan, apapun yang terjadi semua sudah berlalu, sekarang kita tinggal memilikirkan rencana kedepan, kira-kira mau kuliah dimana, nah untuk mereka yang bersekolah di sekolah islam atau pondok pesantren pastinya ingin melanjutkan kuliah dengan latar belakang yang sama.

Perlu kalian tau ternyata ada salah satu PTKIN milik pemerintah pastinya berbasis keagamaan islam, salah satu jalur yang paling diminati adalah SPAN PTKIN atau jalur undangan, memang sih kalau mau daftar harus melalui sekolah tidak bisa mendaftar secara pribadi. Untuk kalian yang sudah mendapatkan info dari sekolah harap bersiap-siap ya.



Setelah proses pengisian PDSS kalian akan mendapatkan login untuk melakukan pendaftaran, bagi yang belum mengetahui urutan pendaftaran SPAN PTKIN, jangan kwatir kami akan memberikan reviewnya secara lengkap disin, sebelum lanjut ada baiknya cek terlebih dahulu Prodi apa saja yang tersedia jalur ini.


Program Studi

Berikut kami informasikan mengenai Program Studi dan PTKIN yang tergabung dalam SPAN PTKIN anda dapat langsung mengakses link https://span-ptkin.ac.id/prodi Tahapan pendaftaran SPAN PTKIN dilaksanakan dari awal pengisian PDSS oleh sekolah, pendaftaran oleh siswa, seleksi, sampai dengan pengumuman hasil akan dibahas secara lengkap seperti dibawah ini :

Pengisian PDSS

Sekolah

  1. Melakukan pengisian data PDSS melalui situs resmi https://pdss.span-ptkin.ac.id hanya dilakukan oleh pihak sekolah.
  2. Isi semua data PDSS sesuai templet yang ada di situs resmi sampai dengan selesai, proses ini berlaku bagi semua data siswa yang akan diikut sertakan pada seleksi SPAN PTKIN.
  3. Setelah semua data sudah terisi dengan benar pihak sekolah akan menerima rekap login untuk siswa.
  4. Tahap selanjutnya adalah membagikan login SPAN PTKIN kepada siswa yang bersangkutan.

Verifikasi PDSS

  1. Proses verifikasi dilakukan oleh sekolah maupun oleh siswa kedua proses ini biasanya melibatkan kedua belah pihak.
  2. Data yang sudah diverifikasi selanjutnya sudah bisa digunakan untuk proses pendaftaran SPAN PTKIN.
  3. Hanya saja untuk verifikasi memang hanya untuk siswa yang layak hal tersebut ditetapkan oleh sekolah.
  4. Bagi siswa yang sudah dinyatakan memenuhi persyaratan dapat melakukan login menggunakan akun yang sudah diberikan oleh pihak sekolah.

Pendaftaran

Siswa
  1. Proses pendaftaran dilaksanakan melalui situs https://siswa.span-ptkin.ac.id Menggunakan NISN dan password yang sudah diberikan oleh sekolah.
  2. Pastikan semua biodata dientri dengan benar, periksa kembali apabila semua data sudah diisi.
  3. Untuk pemilihan program studi setiap siswa dapat memilih 2 dari 2 PTKIN yang ada.
  4. Pilihan pertama adalah prioritas pastikan memilih kampus tujuan dan meletakannya di pilihan pertama.
  5. Selain itu pertimbangkan kuota dan passing grade kampus yang dipilih.
  6. Setelah semua data terisi dengan benar tahap selanjutnya melakukan finalisasi data. Semua data yang sudah melalui proses finalisasi tidak akan bisa dirubah kembali.
  7. Apabila sudah selesai selanjutnya cetak kartu peserta ujian.

Proses Seleksi

  1. Proses seleksi SPAN PTKIN menggunakan sistem prestasi akademik dengan pemeringkatan nilai rapot dan kuota perwakilan setiap sekolah.
  2. Tes SPAN PTKIN merupakan non tes.

Pengumuman
  1. Pengumuman hasil kelulusan SPAN PTKIN dilaksanakan secara online melalui link http://pengumuman.span-ptkin.ac.id/

Pendaftaran Ulang
  1. Selamat untuk yang dinyatakan lulus SPAN PTKIN proses selanjutnya adalah melakukan proses verifikasi data ke kampus tujuan sekaligus melakukan pendaftaran ulang.
  2. Untuk waktu dan tempat silahkan langsung cek melalui situs resmi/media sosial PTKIN tujuan.
  3. Melengkapi proses tersebut sampai selesai dari mulai pembayaran UKT pertama, cek kesehatan, penyerahan berkas, pengambilan perlengkapan kuliah perdana. 
  4. Seperti yang sudah dijelaskan proses tersebut ditentukan oleh masing-masing kampus tempat anda lulus.

Bagi yang tidak lulus jangan berkecil hati karena masih ada jalur lain untuk bisa masuk PTKIN seperti seleksi UM PTKIN, dan Jalur Mandiri PTKIN.