Pendaftaran Online Jalur Prestasi SPAN, SNBP, DIKDIN TA 2024/2025


Pendaftaran Online Jalur Prestasi SPAN, SNBP, DIKDIN TA 2024/2025 - Pemerintah membagi pendidikan tinggi sekurang-kurangnya dalam empat jenis diantaranya adalah perguruan tinggi vokasi Negeri (Diploma) kemudian Perguruan Tinggi Keagamaan Islam negeri, Perguruan tinggi negeri, dan perguruan tinggi sekolah kedinasan. Dari sekian banyak jenis perguruan tinggi setiap jenis diwakilkan 1 jalur masuk nasional.

Hanya saja rata-rata siswa/i lulusan SMA/SMK/MA sederajat hanya fokus satu atau dua jalur masuk saja, apabila sudah tidak lulus baru bingung mencari alternatif seleksi, sementara sebagian besar jalur masuk perguruan tinggi dari keempat bidang ini dilaksanakan hampir berdekatan waktunya karena menggunakan sistem yang sama yaitu jalur prestasi undangan.



Padahal tidak ada larangan untuk mengikuti semua jalur masuk secara bersamaan, toh tidak akan bertabrakan waktu karena menggunakan tes non tulis, jadi kalau sudah daftar tinggal nunggu hasil, bisa dibayangkan apabila ada 3-4 jalur masuk kesempatan untuk lulus akan semakin tinggi, kita juga tinggal meminta sekolah mengikuti tidak hanya jalur SNBP saja.

Terdapat 4 jalur masuk yang akan dilaksanakan waktunya serentak yaitu SNBP VOKASI khusus jalur masuk nasional untuk yang ingin kuliah diploma yaitu politeknik negeri, selain itu ada SPAN PTKIN jalur khusus undangan untuk Perguruan Tinggi Keagmaan Islam seperti UIN/IAIN/STAIN.

Terakhr ada jalur SNBP yang sudah sama-sama tau dan jalur khusus rekrutmen cpns dengan pola sekolah kedinasan melalui sistem SSCN Dikdin, beberapa jalur seperti SNBP Poliktenik, SPAN PTKIN dan SNBP dilaksanakan serentak, dari sini seharusnya sekolah juga menangkap peluang ini untuk merekomendasikan semua siswa yang ada di sekolah agar lebih banyak terserap ke perguruan tinggi pemerintah.

Seperti PTN, PTKIN, POliteknik Negeri dan PTK, karena kalau nunggu pelaksanaan SNBP selesai sudah telat sebab 3 dari 4 jalur masuk dilaksanakan serentak pada awal tahun kecuali untuk Sekolah Kedinasan. Untuk pihak sekolah yang belum mengetahui mungkin siswa dapat aktif memberikan informasi agar sekalian bisa jadi alternatif jalur masuk.

Sebut saja seperti SNBP Politeknik dan SPAN PTKIN tidak sebanyak peserta SNBP, maka peluang untuk lulus juga akan semakin tinggi bagi peserta, terutama bagi siswa yang ingin kuliah tapi kalah saing tidak masuk pemeringkatan SNBP padahal nilai rapot tergolong bagus, bisa diikutkan jalur masuk ini, berikut kami berikan rincian mengenai proses pendaftaran dari masing-masing jalur masuk Perguruan Tinggi milik pemerintah :


SPAN PTKIN

Seleksi Prestasi Akademik Nasional Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri adalah salah satu jalur prestasi menggunakan sistem undangan melalui pemeringkatan nilai rapot ditujukan bagi peserta yang ingin masuk ke perguruan tinggi keagamaan islam negeri, seperti UIN/IAIN/STAIN dibawah kementerian agama adapun tata cara pendaftaran seperti berikut :

  1. Pengisian PDSS adalah proses pemilihan siswa yang dilakukan oleh sekolah melalui portal https://pdss.span-ptkin.ac.id.
  2. Verifikasi PDSS dilakukan setelah data sudah berhasil di entri kemudian harus dilakukan pengecekan/verifikasi yang melibatkan sekolah dan siswa dengan login melalui situs PDSS.
  3. Pendaftaran SPAN PTKIN dilakukan setelah proses verifikasi selesai, siswa yang bersangkutan dapat login melalui situs https://siswa.span-ptkin.ac.id.
  4. Selanjutnya mengisi biodata, data pendidikan, data wali, dan pemilihan UIN/IAIN/STAIN sesuai minat hingga selesai.
  5. Proses seleksi dilaksanakan setelah semua pendaftaran selesai dengan menggunakan sistem pemeringkatan nilai rapot.
  6. Pengumuman SPAN PTKIN dapat dicek melalui situs resmi http://pengumuman.span-ptkin.ac.id/.


SNBP PTN

Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri seperti kita ketahui merupakan salah satu jalur undangan untuk PTN secara keseluruhan animo pelajar sangat tinggi mengikuti seleksi satu ini, jalur ini sudah sangat terkenal, karena tujuan dari SNBP adalah menjaring mahasiswa baru melalui sistem pemeringkatan nilai rapot selama sekolah, berikut cara pendaftaran :

  1. Melakukan registrasi akun terlebih melalui situs resmi https://portal-snpmb.bppp.kemdikbud.go.id/ dan melakukan verifikasi akun.
  2. Selanjutnya sekolah melakukan pengisian PDSS melalui situs yang sama.
  3. Setelah berhasil sekolah akan melakukan prosedur pemeringkatan.
  4. Siswa yang berhasil login dapat melanjutkan pendaftaran SNBP seperti biasa.
  5. Pengisian Biodata, data pendidikan, pemilihan PTN dan Program Studi, sampai dengan finalisasi data.
  6. Setelah berhasil melakukan pendaftaran tinggal cetak kartu dan menunggu hasil seleksi.
  7. Pengumuman akan dimuat melalui situs resmi https://snbp.bppp.kemdikbud.go.id


SSCN DIKDIN

Adalah salah satu seleksi masuk perguruan tinggi kedinasan dengan pola seleksi berstandar CPNS dimana tahapan seleksi sama dengan prosedur rekrutmen CPNS, untuk proses pendaftaran sekolah kedinasakan dilaksanakan melalui satu portal, adapaun proses pendaftaran seperti dibawah ini :
  1. Melakukan pembuatan akun terlebih dahulu melalui situs resmi https://sscasn.bkn.go.id atau https://dikdin.bkn.go.id kemudian pilih menu SSCN Dikdin.
  2. Selanjutnya melengkapi data sampai selesai, setelah berhasil membuat akun, login dan melanjutkan pengisian biodata sampai dengan selesai.
  3. Proses ini akan berlangsung sesuai jadwal, selanjutnya menuju situs Perguruan Tinggi kedinasan yang dipilih, login menggunakan akun yang sama.
  4. Lanjutkan proses pengisian data sampai selesai.
  5. Apabila sudah selesai proses selanjutnya menunggu verifikasi.
  6. Peserta yang lulus verifikasi membayar biaya pendaftaran dan melakukan kompirmasi pembayaran.
  7. Setelah semua selesai tinggal cetak kartu peserta dan mengikuti tes.
  8. Setiap tes yang diikuti akan menggunakan sistem gugur.
  9. Pengumuman hasil setiap tes akan dimuat melalui situs resmi masing-masing perguruan tinggi kedinasan.

Tidak ada salahnya dan tetap diperbolehkan mengikuti semua jalur masuk perguruan tinggi milik pemerintah secara bersamaan, dengan catatan sekolah mau mengisi pdss setiap jalur masuk, semoga bermanfaat selamat mencoba, harapan kami informasi ini dapat sampai ke pihak sekolah maupun siswai yang ingin kuliah tahun ini.