Cara Pendaftaran Online PPDB Jateng 2018/2019

Jateng.Siap-ppdb.com - Cara Pendaftaran Online PPDB JATENG 2018/2019 - Jawa Tengah adalah satu salah provinsi besar yang ada di pulau Jawa, pada tahun ini Jateng kembali menjalin kerjasama dengan program PPDB Online Telkom melalui situs siap-ppdb.com dinas pendidikan setempat mengharapkan proses pendaftaran siswa baru akan semakin mudah dan lebih cepat, menurut data dari Siap PPDB Jawa Timur merupakan salah satu Provinsi yang paling banyak menerima pendaftaran secara online.

Sampai dengan saat ini totalnya mencapai ratusan sekolah yang ada di wilayah tersebut, ini merupakan salah satu yang paling terbanyak, berutunglah kalian jika berada di wilayah Jawa Timur karena jangkauan proses pendaftaran PPDB sudah sangat merata hingga ke pelosok desa. Selain itu program PPDB Online dinilai akan memberikan keuntungan bagi wali murid yang sibuk.


Dimana mereka tetap bisa memantau dan mendaftarkan anak untuk masuk sekolah yang diinginkan, tidak seperti proses pendaftaran manual yang harus memakan waktu cukup banyak hanya sekedar ingin mengikuti pendaftaran, belum lagi desak-desakan karena ingin duluan.

Proses PPDB Online akan dinilia sebagai salah satu terobosan baru karena lebih efektif selain itu hal ini akan mengurangi tindak kecurangan yang mungkin akan dilakukan oleh sekolah, PPDB akan terbuka secara umum. Untuk website Jawa Tengah sendiri pada tahap pertama akan membuka pendaftaran jenjang SMA/SMK.

Baru kemudian dilanjutkan dengan proses pendidikan menengah pertama dan sekolah dasar, yang harus perlu diingat bahwa proses pendaftaran tidak akan lama hanya kurang dari beberapa minggu sudah selesai.


PPDB Online Jenjang SMA

Sistem PPDB Online Jawa Timur membuka kesempatan untuk bisa mendaftar melalui jalur online khusus SMA terdapat ratusan sekolah yang terdaftar di sistem ini, bisa dibilang hampir semua sekolah sudah bisa dipilih.


PPDB Online Jenjang SMK

Jika berminat masuk SMK tahun ini Jawa Timur membuka pendaftaran PPDB secara online bersamaan dengan proses pendaftaran PPDB SMA, yang membedakan adalah terletak pada beberapa jalur pendaftaran, untuk itu bagi yang ingin mendaftar harus membaca informasi ini sampai dengan selesai.


Jalur Pendaftaran

Ada banyak sekali jalur masuk yang bisa diikuti bagi siswa Jawa Timur di PPDB Online salah satunya jalur reguler, jalur khusus anak guru, jalur bagi siswa yang kurang mampu dan prestasi serta beberapa jalur luar daerah lainnya untuk lebih jelas berikut informasinya dibawah ini :

Reguler

Proses pendaftaran jalur reguler dapat diikuti oleh peserta umum tanpa persyaratan khusus yang penting berada di wilayah Jawa Timur dibuktikan dengan berkas tempat tinggal seperti KTP dan KK, proses pendaftaran dilaksanakan melalui online.

Anak Guru 

Terdapat beberapa sebutan bagi jalur anak guru ini, namun apapun namanya intinya pemerintah setempat memberikan pengecualian bagi anak guru yang ingin masuk sekolah di Jawa Timur dapat mengikuti pendaftaran sesuai dengan ketentuan adapun persyaratan yang harus dilengkapi adalah :
  • Surat keterangan anak guru yang ditandatangani oleh kepala sekolah dan fotocopy SK kepegawaian orang tua siswa yang sudah dilegalisir. 
  • Surat keterangan anak guru yang ditandatangi oleh kepala sekolah dan fotocopy SK kepegawaian orang tua siswa yang sudah diligalisir.

Siswa Miskin 

Untuk siswa berasal dari keluarga kurang mampu, jangan berkecil hati karena ada jalur masuk tersendiri diprioritaskan bagi siswa miskin, untuk bisa mengikuti proses pendaftaran jalur ini ada beberapa persyaratan yang harus diikuti seperti berikut.
  • fotocopy surat keterangan tidak mampu (SKTM) yang diterbitkan oleh pemerintah daerah setempat. 

Prestasi

Untuk siswa yang memiliki prestasi baik akademik maupun non akademik dapat melampirkan dan mengikuti pendaftaran PPDB Online Prestasi, syaratnya cukup mudah kalian tinggal melegkapi berkas bukti prestasi yang dimiliki, hal itu menjadi syarat wajib adapun persyaratan agar bisa mengikut jalur prestasi seperti berikut :
  •  Piagam prestasi tertinggi yang dimiliki dan sesuai kriteria yang ditetapkan. 

Dokumen Persyaratan
  1. Menyerahkan dokumen asli, Sertifikat Hasil Ujian Nasional (SHUN) SMP/Sederajat.
  2. Menyerahkan fotocopy yang sudah dilegalisir dan menunjukan aslinya. 
  3. Ijasah SMP/sederajat. 
  4. Menyerahkan foto copy dokumen dan menunjukan aslinya. 
  5. Akta kelahiran. 
  6. Kartu Kelaarga. (KK)
Alur Pendaftaran

  1. Calon siswa melakukan entri pengajuan pendaftaran secara online melalui situs http://ppdb.jatengprov.go.id dan https://jateng.siap-ppdb.com selanjutnya mencetak tanda bukti pendaftaran online sesuai jadwal yang sudah ditentukan. 
  2. Calon peserta didik datang ke sekolah Pilihan untuk melakukan verifikasi pendaftaran dengan membawa tanda bukti pendaftaran online dan kelengkapan berkas persyaratan. 
  3. Panitia sekolah menerima dan melakukan verifikasi pendaftaran calon peserta didik serta mencetak tanda bukti verifikasi pendaftaran. 
  4. Calon siswa menerima bukti verifikasi pendaftaran. 

Pengumuman dan Daftar Ulang

Pengumuman Hasil Seleksi Akhir diumumkan melalui website https://jateng.siap-ppdb.com dan sekolah pilihan anda. Bagi calon siswa yang diterima pada sekolah diharuskan untuk melakukan daftar ulang di sekolah pnerimaan sesuai jadwal yang tertera pada situs PPDB Online.

0 Response to "Cara Pendaftaran Online PPDB Jateng 2018/2019"

Posting Komentar