Cara Pendaftaran Online Prov PPDB Jambi 2019/2020

Jambi.Siap-PPDB.com - Cara Pendaftaran Online PPDB Prov Jambi 2019/2020 Mungkin sebagian besar dari kita belum begitu mengenal PPDB Online, salah satu sistem penerimaan peserta didik baru melalui online, sekarang pendaftaran untuk sekolah saja sudah menggunakan sistem online seperti mendaftar kuliah, ada banyak keuntungan dari proses PPDB Online dimana waktu pendaftaran lebih fleksibel dan tentunya akan lebih menghemat waktu.

Tentu orang-orang kekinian akan sangat senang dengan proses pendaftaran PPDB Online, berbeda dengan orang tua yang lahir dijaman dulu, mereka akan merasa kesulitan ketika mengakses PPDB Online karena tidak falimiliar tidak jarang orang tua siswa yang lahir dibawah tahun 80an lebih memilih pendaftaran PPDB secara manual.


Jika permasalahan itu yang banyak dirasa, jangan berkecil hati, sistem PPDB Online tidak sepenuhnya menggunakan proses Online karena ada beberapa persiapan seperti Pra Pendaftaran yang mengharuskan siswa untuk mendaftar melalui operator yang telah ditunjuk oleh dinas pendidikan provinsi setempat.

Bagi yang tidak memahami pendaftaran PPDB Online akan dibantu prosesnya, selain itu anak-anak kita lebih terampil dalam mengakses dunia online jadi jangan terlalu dipikirkan. Terlepas dari itu sistem PPDB Online sudah mulai diterapkan di sekolah yang ada di Provinsi Jambi. Untuk masyarakat Jambi terutama jenjang pendidikan tertentu harus mempersiapkan diri mengikuti proses pendaftaran yang akan dilaksanakan secara online.

Provinsi Jambi merupakan salah satu bagian dari provinsi yang ada di Sumatera berdekatan dengan Sumsel hanya berjarak beberapa jam dari kota pempek, tahun ini pemerintah setempat mengharuskan siswa atau orang tua mendaftar melalui online, ada beberapa hal yang harus dipersiapkan agar bisa mendaftaran PPDB Online untuk lebih rinci berikut informasi lengkapnya.


PPDB Online SMA

Saat ini Provinsi Jambi membuka pendaftaran khusus untuk jenjang pendidikan SMA PPDB Online membuka jalur pendaftaran Reguler dan Zonasi Kota Jambi bagi yang berminat mendaftar namun belum mengetahui seperti apa kedua jalur ini berikut kami berikan rincian mengenai pendaftaran jalur yang dimaksud.

Reguler

Jalur ini dibuka untuk masyarakat umum yang berada di Jambi semua peserta bisa mengikuti jalur ini tanpa ada syarat tertentu, proses pendaftaran dilaksanakan melalui online situs resmi PPDB Online Provinsi Jam.

Zonasi Kota Jambi

Jalur Zonasi adalah salah satu jalur atas dasar jarak tempuh sekolah yang paling dekat dengan tempat tinggal dan berada pada kota yang sama yaitu Kota Jambi, untuk mendaftar jalur ini hanya mereka yang berada pada zonasi tertentu saja yang menjadi prioritas, bisa dibilang sebagai rayon wilayah.


PPDB Online SMK

Tidak hanya jalur SMA saja yang dibuka, bagi yang berminat mengikuti pendaftaran PPDB Online khusus SMK juga bisa terdapat satu jalur yang dibuka melalui PPDB Ini yaitu jalur Reguler, yaitu jalur yang terbuka secara umum dapat diikuti oleh siapa saja.


Persyaratan Umum :

Calon peserta didik baru SMA, SMK wajib :
  • Melakukan pendaftaran di portal jambi.siap-ppdb.com
  • Memiliki ijazah SMP/MTs/Program Paket B;
  • Terdaftar dalam kartu keluarga (KK) minimal 6 (enam) bulan sebelum PPDB;
  • Memiliki SKHU/SKHUN atau Surat Keterangan Pengganti SKHUN;
  • Usia Calon Peserta Didik setinggi-tingginya 21 (dua puluh satu) tahun pada tanggal 17 Juli 2017.
Persyaratan Khusus :

Calon peserta didik SMK yang dapat diterima harus memenuhi ketentuan sebagai berikut:
  • Tidak bertato baik sementara maupun permanen.
  • Tidak bertindik (untuk calon siswa laki-laki).
  • Tidak butawarna (kecuali Program keahlian: Bisnis manajemen dan Rekayasa perangkat Lunak).
  • Tidak cacat tubuh yang dapat menggangu kegiatan belajar mengajar.
  • Tidak terlibat penyalahgunaan narkoba dan obat-obatan terlarang lainnya;
  • Tidak terlibat dalam tindakan Kriminal/melawan hukum;
  • Tidak terlibat pelanggaran norma-norma sosial lainnya;
  • Persyaratan untuk peserta didik yang lulus di bawah tahun pelajaran 2016/2017 (di bawah usia 21 tahun) dapat melakukan pendaftaran secara langsung ke Dinas Pendidikan Provinsi Jambi, mengikuti jadwal yang tertera pada juknis.

Persyaratan lain :
  • Setiap pendaftar yang telah memenuhi persyaratan mendapat tanda bukti pendaftaran;
  • Setiap pendaftar yang mengundurkan diri, tidak dapat melakukan pendaftaran lagi di SMA, SMK sederajat yang mengikuti PPDB Sistem real time online

Lokasi Pendaftaran



Alur Pra Pendaftaran
  1. Calon siswa menyiapkan berkas sesuai dengan persyaratan. 
  2. Calon siswa datang ke dinas pendidikan provinsi Jambi. 
  3. Panitia dinas pendidikan melakukan entri biodata siswa dan nilai UN. 
  4. Panitia dinas mencetak tanda bukti pra pendaftaran. 
  5. Calon siswa baru menerima lembar cetak pra pendaftaran. 
  6. Calon Peserta didik baru melakukan pendaftaran online secara mandiri di https://jambi.siap-ppdb.com atau datang langsung ke sekolah tujuan.

Alur Pendaftaran PPDB (Model A)
  1. Calon peserta didik mengambil dan mengisi formulir pendaftaran. 
  2. Calon siswa menyerahkan berkas pendaftaran, operator melakukan entri data pendaftaran. 
  3. Calon siswa menerima tanda bukti pendaftaran. 
  4. Calon siswa melihat hasil secara online dapat dilakukan kapan saja dan dimana saja.

Alur Pendaftaran PPDB (Model B) 
  1. Calon siswa melakukan pendaftaran secara online mandiri. 
  2. Calon siswa mencetak bukti pendaftaran. 
  3. Calon peserta didik datang ke sekolah pertama untuk melakukan verifikasi pendaftaran. 
  4. Operator Sekolah melakukan verifikasi pendaftaran. 
  5. Operator sekolah mencetak bukti verifikasi pendaftaran. 
  6. Calon peserta didik menerima tanda bukti verifikasi pendaftaran.
  7. Calon peserta didik memantau hasil ppdb online melalui situs https://jambi.siap-ppdb.com

Demikianlah informasi yang bisa kami berikan semoga bisa bermanfaat jangan lupa untuk terus update info PPDB lainnya, jika ada pertanyaan seputar pendaftaran atau lainnya bisa diakses secara berkala melalui situs ini, dari pembahasan diatas secara umum dapat disimpulkan pendaftaran PPDB Provinsi Jambi diikuti semua kota dan kabupaten memiliki 2 cara yang bisa dilakukan.

Catatan penting adalah peserta yang bisa mendaftar hanya mereka yang memenuhi persyaratan pendaftaran oleh sebab itu peserta harus memahami betul proses dan syarat yang sudah ditentukan, apabila terdapat informasi yang berbeda dari situs resmi jambi.siap-ppdb.com maka yang digunakan adalah informasi yang ada pada situs resmi PPDB.

0 Response to "Cara Pendaftaran Online Prov PPDB Jambi 2019/2020"

Posting Komentar