3 Program Beasiswa S1 Terbaik di Indonesia 2024/2025


3 Program Beasiswa S1 Terbaik 2024/2025 - untuk Kamu yang Ingin Kuliah Tanpa Membebani Orang Tua, Pada kesempatan kali ini kami akan membahas mengenai beberapa program beasiswa S1 Terbaik yang ada di Indonesia. Seperti yang telah kita ketahui bersama, biaya merupakan salah satu penghalang terbesar yang membuat banyak anak SMA di Indonesia tidak bisa melanjutkan jejang pendidikan mereka ke bangku kuliah.

Hanya karena permasalahan biaya, banyak lulusan SMA yang akhirnya tidak dapat kuliah dan berakhir menjadi pekerja serabutan. Di lain sisi, ada pula beberapa anak SMA dari keluarga tidak mampu yang tidak patah arang dan berupaya untuk bisa kuliah dengan mengandalkan beasiswa. Nah, untuk kamu yang saat ini sedang duduk di bangku kelas 3 SMA dan ingin melanjutkan kuliah dengan menggunakan beasiswa, berikut merupakan beberapa program beasiswa S1 terbaik yang bisa kamu coba untuk membiayai kuliahmu selama 8 semester mendatang:



3 Program Beasiswa S1 Terbaik di Indonesia




1. Beasiswa KIP Kuliah

Program beasiswa ini diadakan oleh Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi untuk anak SMA yang berasal dari keluarga kurang mampu. Beasiswa ini tergolong ke dalam beasiswa full, dimana setiap orang yang mendapatkan nya akan diberi fasilitas berupa biaya kuliah gratis dan uang saku bulanan sekitar 650 ribu rupiah. Sampai saat ini, program beasiswa ini sudah mendanai sekitar ratusan ribu mahasiswa.

Untuk mendaftar beasiswa ini, kamu harus mendapatkan rekomendasi dari sekolah. Biasa nya, murid yang direkomendasikan untuk mendapatkan beasiswa ini adalah mereka yang memiliki Kartu Indonesia Pintar dan atau Kartu Indonesia Sehat. Jika kamu bukan pemegang dua jenis kartu tersebut, kamu tetap bisa mendaftar beasiswa ini dengan menunjukkan surat keterangan tidak mampu dari kelurahan tempat kamu tinggal.


2. Beasiswa Utusan Daerah

Khusus untuk kamu yang tinggal di daerah 3T (Tertinggal, Terdepan, dan Terluar), kamu bisa memanfaatkan program beasiswa S1 terbaik yang satu ini. Saat ini ada sekitar 74 PTN yang bekerjasama dengan pemerintahan daerah 3T untuk mendidik putra putri daerah mereka yang dianggap potensial. Sayang nya, tidak semua universitas membuka program ini setiap tahun.

Satu – satu nya universitas yang terus membuka program ini setiap tahun adalah Institut Pertanian Bogor. Untuk informasi lengkap nya, kamu dapat mengunjungi halaman situs http://bud.ipb.ac.id Jika kamu berhasil mendapatkan beasiswa ini, nanti nya kamu akan mendapatkan beasiswa full yang mencakup biaya kuliah selama 8 semester, uang saku bulanan, dan program pelatihan khusus. Tidak hanya itu, khusus untuk beberapa daerah tertentu, selepas lulus dari perguruan tinggi, penerima beasiswa utusan daerah juga akan langsung ditempatkan untuk bekerja di lembaga pemerintahan daerah tersebut.


3. Beasiswa Tanoto Foundation

Sama seperti halnya dua program beasiswa yang sebelumnya, program beasiswa S1 terbaik yang satu ini juga tergolong ke dalam beasiswa full. Setiap orang yang mendapatkan beasiswa ini akan berhak mendapatkan berbagai macam fasilitas, seperti: biaya kuliah selama 8 semester, uang saku bulanan, program pelatihan kepemimpinan, program konseling, dan program magang di salah satu perusahaan yang tergabung ke dalam Grup Royal Golden Eagle.

Untuk bisa mendapatkan beasiswa ini, mahasiswa wajib mendapatkan IPK minimal 3. Sedangkan untuk yang masih duduk di bangku SMA, nilai rata – rata yang harus dipenuhi adalah 8 (untuk format nilai lama) atau 3 (untuk formal nilai baru). Oh ia, untuk mendapatkan beasiswa ini, kamu juga harus bisa masuk ke salah satu perguruan tinggi yang bekerja sama dengan Tanoto Foundation.

Beberapa perguruan tinggi tersebut yaitu: IPB, UGM, UI, ITB, UNAND, UNDIP, UB, UNMUL, UNHAS, UR, UNJA, dan USU. Itu lah beberapa program beasiswa S1 terbaik di Indonesia yang bisa kamu coba untuk ikuti. Sekedar informasi tambahan, selain beberapa program beasiswa di atas, sebenarnya masih ada banyak program beasiswa lain nya yang bisa kamu dapatkan di perguruan tinggi tingkat sarjana. Namun begitu, kebanyakan di antara nya tidak berbentuk beasiswa full seperti tiga beasiswa di atas. Beberapa contoh beasiswa tersebut yaitu: beasiswa dari BazNaz, beasiwa PPA dan BBM, beasiswa Data Print, dll.