6 Langkah Pendaftaran Online SNMPTN 2021-2022

Info Penting CPNS

SNMPTN.ac.id - 6 Langkah Pendaftaran Online SNMPTN 2021-2022 - Tanpa terasa waktu terus berjalan, nah tidak terasa pula proses pendaftaran SNMPTN akan segera berakhir, jadi sebelum semuanya berakhir pastikan semua peserta SNMPTN sudah menyelesaikan semua proses Pendaftaran, nah bagi yang belum mengetahui proses pendaftaran SNMPTN kami akan memberikan beberapa informasi tahapan seperti berikut.

Apakah anda seorang siswa yang sedang ingin mendaftar, jika iya berarti informasi yang sedang anda baca tepat, proses ini akan dilaksanakan sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan, bagi peserta yang ingin mengikuti pendaftaran harus memastikan terlebih dahulu situs yang diakses karena ada banyak sekali penipuan mengatas namakan SNMPTN.



Perlu diingat bahwa panitia tidak pernah memungut biaya apapun dari peserta alias gratis, jadi jika terdapat beberapa informasi yang menyesatkan mengenai SNMPTN atau ada sejumlah oknum tertentu meminta uang pendaftaran bahwa itu tidak benar, panitia sudah dipertegas tidak akan memungut biaya apapun termasuk pendaftaran.

Jika kalian sudah memiliki login yang diberikan oleh siswa itu artinya kalian sudah bisa melakukan pendaftaran, nah bagiaman proses pendaftaran hingga selesai bisa dilakukan tentu terkadang sebagai pendaftaran SNMPTN baru ada banyak sekali kebingungan yang terjadi salah satunya adalah saat mengikuti form pendaftaran.

Selain itu seringkali peserta merasa bahwa apakah sudah melewati tahapan proses pendaftaran dengan benar atau belum, informasi semacam ini menjadi salah satu kendala yang sering dihadapi oleh para peserta terkait dengan SNMPTN oleh sebab itu kalian harus benar-benar memastikan apakah semua proses yang dilakukan sudah benar dengan mengcek kembali pada tahapan yang sesuai bagi yang belum mengetahui dapat membaca 6 Proses Pendaftaran SNMPTN yang harus dilalui.


1. Pendaftaran Oleh Siswa

Proses ini sudah bisa dilakukan oleh siswa, khusus bagi siswa wajib melakukan registrasi akun LTMPT  login SNMPTN. Untuk mendaftar harus melakukan login di website snmptn.ac.id setelah dinyatakan lulus pemeringkatan, peserta harus mengisi semua data dengan lengkap sesuai identitas masing-masing. adapun prosedur yang harus dilakukan sebagai berikut :
  1. Melakukan registrasi akun LTMPT di situs Portal.Ltmpt.ac.id
  2. Mengisi form pendaftaran setelah lulus pemeringkatan, seperti biodata, data keluarga dan lainnya. 
  3. Memilih PTN dan Prodi sesuai jurusan yang akan dikuti 

2. Periode Melengkapi Berkas Pendaftaran Oleh Siswa.

Di dalam mendaftar selain form pendaftaran yang juga harus diisi ada beberapa kelengkapan wajib diisi bagi peserta apakah itu, salah satunya adalah mengisi form dokumen bukti prestasi, kemudian beberapa portopolio terkait dengan jurusan yang akan diambil, terutama bagi jurusan seni dan olahraga ada banyak berkas tambahan yang harus segera diupload, proses ini akan dilaksanakan melalui situs yang sama yaitu snmptn.ac.id.
  1. Upload File yang harus dilengkapi seperti upload foto.
  2. Upload portopolio bagi yang memilih jurusan seni atau olahraga
  3. Upload File Persyaratan 
  4. Upload File Bukti Prestasi
  5. Semua berkas tersebut wajib di upload sesuai format yang ada di web resmi

 3. Finalisasi Pendaftaran Oleh Siswa

Bagi kalian yang sudah mengiris form pendaftaran diharapkan untuk memeriksa kembali data yang telah diisi pastikan semua terisi dengan benar terutama bagi peserta Bidik Misi harus mengecek kembali apakah sudah diverifikasi atau belum, bagi peserta SNMPTN umum harus dipastikan semua kecocokan berkas, jika semua sudah benar silahkan akhiri dengan mengklik Finalisasi, data yang sudah di finalisasi di snmptn.ac.id tidak akan bisa dirubah kembali.
  1. Sebelum melakukan finalisasi data pastikan cek terlebih dahulu semua form yang telah terisi.
  2. Jangan sampai ada salah data karena dapat menyebabkan di batalkan status kelulusan.
  3. Review Resume Pendaftaran
  4. Data yang sudah di finalisasi tidak akan bisa dirubah lagi.


4 Periode Pencetakan Kartu Peserta SNMPTN.

Setelah melakukan finalisasi pendaftaran, maka peserta tidak akan bisa langsung mencetak bukti pendaftaran SNMPTN, karena salah satu berkas persyaratan agar bisa mencetak Kartu SNMPTN harus memiliki nomor peserta Ujian sekolah, dengan kata lain peserta hanya akan bisa mencetak setelah memiliki nomor tersebut untuk digunakan mencetak bukti pendaftaran, proses cetak ditetapkan apabila sudah ujian.
  1. Periode cetak kartu peserta dapat dilakukan sesuai jadwal yang sudah ditentukan
  2. Untuk mencetak kartu peserta SNMPTN silahkan login kembali selanjutnya donwload kartu peserta.
  3. Simpan baik baik kartu tersebut sampai hasil akhir diumumkan.


5. Pengumuman Hasil Seleksi SNMPTN.


Akan menjadi sejarah baru dimana kalian akan melalui tantangan baru, bisa jadi tanggal ini sebagai awal yang indah untuk kalian karena berhasil lulus SNMPTN, namun bija jadi juga tanggal yang sama adalah hal yang sangat mengecewakan bagi diri anda, karena telah gagal. Apapun hasilnya percayalah bahwa semua itu pasti yang terbaik, untuk mengakses pengumuman silahkan kunjungi situs Pengumuman.SNMPTN.ac.id secara online. Bagi siswa yang tidak lulus jangan berkecil hati bisa ikut SBMPTN silahkan mendaftar melalui situs LTMPT.ac.id
  1. Proses pengumuman biasanya akan melewati drama panjang dimana ada banyak kendala yang dijumpai.
  2. Selain itu pengumuman dapat juga di akses melalui web resmi PTN pilihan peserta.
  3. Pengumuman dapat diakses melalui link Pengumuman.SNMPTN.ac.id


6. Proses Verifikasi dan Pendaftaran Ulang.

Khusus peserta yang sudah dinyatakan lulus harus melakukan verifikasi dan pendaftaran ulang melalui PTN masing-masing tempat kalian lulus periode pendaftaran ulang akan dilaksanakan pada tanggal 08 Mei dan akan berlangsung beberapa hari sesuai dengan kebijkan kampus masing-masing untuk mengetahui persyaratan yang harus dibawa, silahkan akses situs PTN masing-masing.
  1. Proses ini hanya diperuntukan untuk peserta yang dinyatakan lulus SNMPTN.
  2. Semua peserta yang lulus harus melakukan verifikasi berkas dan melakukan pendaftaran ulang sampai batas waktu yang sudah ditentukan.
  3. Setelah melalui proses pendaftaran ulang setiap peserta yang lulus wajib membayar uang kuliah pertama.
  4. Terakhir mengikuti kegiatan pengenalan kampus jika sudah selesai melakukan pendaftaran ulang.


Sementara bagi yang tidak lulus seperti yang telah admin jelaskan bisa ikut jalur lain, masih ada banyak kesempatan yang menanti anda, itulah beberapa rangkaian proses pendaftaran SNMPTN yang harus diperhatikan, tidak ada satu proses yang dilewati, pastikan kalian sudah melakukan pendaftaran sebelum batas akhir yang telah ditetapkan.

Demikianlah informasi yang bisa kami berikan semoga bisa bermanfaat jangan lupa untuk terus update semua proses pendaftaran SNMPTN lainnya hanya di web review pendaftaran terbaik, apabila terdapat beberapa perbedaan tanggal maka yang digunakan sebagai acuan adalah situs resmi SNMPTN. Terima kasih selamat mencoba semoga kalian lulus sesuai dengan yang diharapkan.