3 Jalur Pendaftaran Online ISBI ACEH 2021/2022

Isbiaceh.ac.id - 3 Jalur Pendaftaran Online ISBI ACEH 2021/2022 - Terbaru Ketika lulus sekolah menengah atas, atau SMA, tentu kalian berniat untuk mendaftarkan diri ke salah satu Universitas yang diinginkan. Setiap anak pasti menginginkan untuk bisa masuk ke perguruan tinggi favorit, dimana akreditasinya juga sudah tinggi. Bahkan untuk bisa kuliah, ada yang dengan rela merantau jauh-jauh dari tempat tinggal asalnya untuk bisa menuntut ilmu di perguruan tinggi tersebut. 

Melanjutkan kuliah bukanlah perkara yang mudah jika tidak dibarengi dengan niat yang tulus dari hati. Kuliah itu menentukan juga masa depan kita terutama dalam memilih sebuah jurusan. Jurusan di perguruan tinggi itu bermacam-macam. Dan bagi kalian yang menyukai seni, ada universitas yang cukup baik, yaitu Insititut Seni Budaya Indonesia Aceh, atau biasa dikenal dengan nama ISBI ACEH.



Bagi sebagian orang yang sangat berminat akan seni, tentu menginginkan pembelajaran yang lebih dalam mengenai seni. Tempat yang bagus untuk bisa mempelajari seni adalah kampus ISBI Aceh ini. Kampus ini memiliki 2 jurusan yang masing-masing memiliki 3 prodi tersendiri. Jadi jika digabungkan ada 6 prodi yang tersedia pada kampus ini. 

Di sana kalian bisa memilih jurusan dan prodi yang diinginkan, dimana Anda sangat berminat akan jurusan tersebut. Ilmu seni memang selalu menarik untuk dipelajari, karena ada yang bilang bahwa seni itu tidak ada batasnya.Kita bisa dengan bebas mengekspresikan diri kita sendiri sebagai orang yang berjiwa seni.

Pendaftaran ISBI Aceh

Jika Anda berminat untuk mempelajari seni dengan baik, kampus ISBI Aceh membuka pendaftaran ISBI Aceh yang setiap tahunnya dibuka untuk mahasiswa baru yang berminat untuk berkuliah di sana. Untuk lebih jelasnya, berikut adalah tata cara pendaftaran ISBI Aceh yang bisa Anda ikuti. Pendaftarannya ada 3 cara yang bisa kalian lakukan, tinggal pilih, mana jalur yang nanti kalian lakukan untuk bisa mendaftarnya. Berikut penjelasannya :

 

1. Melalui Jalur SNMPTN

Jika kalian belum tahu kepanjangan dari SNMPTN tersebut, kepanjangan dari SNMPTN adalah Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri. SNMPTN adalah salah satu jalur pendaftaran untuk masuk ke perguruan tinggi Negeri termasuk juga dengan ISBI Aceh ini.Pada jalur ini, calon Mahasiswa yang masuk dituntut adalah siswa yang berprestasi dari sekolahnya. 
 
Jadi yang bisa mengikuti jalur ini adalah rekomendasi dari sekolah bagi siswa-siswanya yang berprestasi untuk bisa mendaftar dengan gratis. Cara penilaian agar bisa masuk dengan cara ini adalah dengan melihat daftar nilai raport dan juga berbagai penghargaan yang diraih terutama dalam bidang seni. Dan jika diterima, siswa tersebut bisa masuk ke ISBI Aceh tanpa melalui tes.
  1. Awal Pendaftaran SNMPTN dipersiapkan dari registrasi akun melalui Portal.Ltmpt.ac.id jauh sebelum pembukaan pendaftaran dilakukan.
  2. Tahapan pembukaan akun dimulai dari mengakses link Daftar, kemudian mengisi form layaknya membuat akun, mengisi form biodata, validasi serta finalisasi pembuatan akun.
  3. Setelah akun selesai tinggal tunggu proses pendaftaran SNMPTN dibuka.
  4. Untuk mendaftar SNMPTN, login ke Portal.Ltmpt.ac.id menggunakan akun yang sudah dibuat, kemudian pilih menu pendaftaran SNMPTN.
  5. Pada menu tersebut setiap peserta diwajibkan mengisi biodata, data keluarga, data penghasilan, data pendidikan serta prestasi.
  6. Beberapa file juga wajib di upload seperti foto, persyaratan, bukti prestasi berupa scan piagam penghargaan, dan khusus bagi calon peserta memilih prodi Seni dan Olaharaga wajib upload portopolio.
  7.  Pastikan semua data terisi dengan benar sesuai identitas.
  8. Setelah selesai tinggal kirim form dan review resume pendaftaran.
  9. Jangan lupa untuk finalisasi akun.
  10. Cetak kartu peserta SNMPTN sesuai jadwal yang sudah ditentukan.
  11. Hasil Seleksi akan diumumkan melalui link Pengumuman.SNMPTN.ac.id.

2. Melalui Jalur SBMPTN

Berbeda dengan SNMPTN, jika jalur ini mengandalkan tes untuk bisa masuk ke perguruan tinggi Negeri. Jadi bagi kalian yang akan masuk ke ISBI Aceh dengan melakukan jalur ini, kalian harus belajar dengan sungguh-sungguh agar hasil ujiannya bisa bagus dan dapat diterima. Proses seleksi menggunakan mekanisme jalur tertulis.
  1. Buat akun UTBK melalui Portal.Ltmt.ac.id.
  2. Pastikan mengisi form biodata, validasi akun dan finalisasi.
  3. Bagi peserta yang sudah pernah ikut SNMPTN tinggal finalisasi saja data lama akan terisi otomatis.
  4. Sedangkan mereka yang baru ikut SBMPTN mengisi seperti biasa.
  5. Setelah pembukaan Pendaftaran UTBK login ke portal yang sama.
  6. Isi Biodata, data keluarga, data keuangan, data pendidikan secara lengkap.
  7. Setelah semua terisi kirim form, jangan lupa upload beberapa berkas seperti foto, file persyaratan, dan beberapa file lain seperti portopolio (khusus yang memilih jurusan Seni dan Olahraga).
  8. Kirim form secara online.
  9. Akan muncul kode bayar, bawa ke salah satu Bank BUMN untuk melakukan pembayaran.
  10. Jika sudah selesai simpan bukti pembayaran, 
  11. Login ke situs SNMPTN.ac.id atau melalui web pendaftaran sebelumnya.
  12. Lakukan pemilihan PTN dan Prodi sesuai yang diminati, setelah proses selesai tahap selanjutnya piih jadwal dan sesi tes yang diinginkan beserta jenis tes yang akan diikuti.
  13. Setelah selesai lakukan finalisasi.
  14. Cetak Kartu Ujian UTBK.
  15. Ikuti Tes
  16. Hasil Tes akan diumukan melalui Pengumuman.SBMPTN.ac.id
  17. Sertifikat UTBK dapat di donwload satu hari setelah pengumuman SBMPTN.
 

3. Jalur Mandiri

Bagi Anda yang ingin mendaftar ke Institut Seni dan Budaya Indonesia Aceh atau disingkat ISBI Aceh, maka Anda bisa mencoba jalur pendaftaran lewat Seleksi Mandiri Masuk PTN Wilayah Barat atau SMM-PTN Barat yang diikuti oleh 16 perguruan tinggi negeri dalam BKS PTN Wilayah Barat termasuk di dalamnya adalah ISBI Aceh. Beberapa poin penting terkait tahapan-tahapan pendaftaran SMMPTN Barat  adalah sebagai berikut.
  1. Mekanisme seleksi jalur ini bergantung pada hasil ujian tulis cetak (UTBC) Anda serta kombinasi hasil ujian tulis dan ujian keterampilan Anda. Pelaksanaan ujian-ujian tersebut dilakukan di bawah koordinasi panitia resmi SMM PTN-BARAT.
  2. Bila peserta sudah pernah mengikuti SBMPTN sebelumnya, maka Anda akan diminta memasukkan nomor tes SBMPTN Anda pada kolom yang telah tersedia
  3. Lulusan yang bisa mendaftar adalah lulusan SMA/MA/sederajat dari 10 tahun terakhir
  4. Pendaftaran SMM PTN-BARAT bisa dilakukan secara daring (online) pada laman resminya di https://pendaftaran.smmptnbarat.id 
  5. Isi formulir yang ada di laman resmi https://pendaftaran.smmptnbarat.id
  6. Beberapa hal yang wajib untuk Anda isi adalah NIK (Nomor Induk Kependudukan) yang sesuai dengan yang tertera di Kartu Keluarga, Nama Anda sesuai ijazah, Nama Anda di Lembar Jawaban Ujian nantinya, NISN (Nomor Induk Siswa Nasional) yang akan Anda gunakan untuk login nantinya, alamat tetap Anda sekarang ini serta alamat tempat lahir Anda dulunya. Jangan lupa juga mengisi kolom-kolom penting seperti tanggal lahir, jenis kelamin, alamat email yang sedang aktif, kategori pembayaran serta hasil dari penjumlahan yang diisi sesuai dengan form.
  7. Lakukan pembayaran biaya pendaftaran dan seleksi terlebih dahulu sebelum mulai mengisi borang atau formulir pendaftaran
  8. Transaksi pembayaran yang akan dilakukan harus melalui bank-bank yang sudah ditentukan oleh pihak panitia yakni Bank BNI, Bank BTN, dan Bank Mandiri
Bila masih bingung dengan cara-cara pembayaran, Anda bisa melihat terlebih dahulu tata cara pembayarannya di laman https://smmptnbarat.id/tata-cara-pembayaran.html
  1. Setelah selesai membayar biaya registrasi dan seleksi, Anda akan diberikan Nomor PIN sebagai catatan atau bukti pembayaran dari pihak bank
  2. Setelah menyelesaikan transaksi pembayaran, kini saatnya Anda harus mengisi borang atau formulir pendaftaran untuk ujian tulis dan keterampilan
  3. Langkah selanjutnya adalah Anda wajib login kembali di https://pendaftaran.smmptnbarat.id/ 
  4. Pengisian formulir pendaftaran ini dilakukan dengan cara memasukkan Nomor Identitas Anda yang terdiri atas kombinasi antara NISN Anda dengan tanggal lahir dalam bentuk ddmmyy serta Nomor PIN yang sudah Anda dapatkan sebelumnya dari pihak bank
  5. Perlu diingat, bagi Anda yang sudah pernah mengikuti SBMPTN, maka jangan lupa untuk memasukkan Nomor Test SBMPTN Anda pada kolom yang sudah disediakan
  6. Isi form pendaftaran yang tersedia dengan benar dan lengkap
  7. Setelah semua sudah terisi dengan lengkap barulah pada laman akan muncul gambaran kartu ujian Anda nantinya
  8. Pilih option “Cetak Kartu Ujian”
Proses pendaftaran SMM PTN-BARAT masuk ISBI Aceh sudah selesai sepenuhnya. Anda tinggal menunggu dan mempersiapkan hal-hal yang harus Anda bawa saat ujian dilaksanakan.
Jenis ujian yang akan dilaksanakan adalah 
  • Ujian Tulis (UTBC) dan Ujian Keterampilan. Materi-materi yang akan diujikan dalam UTBC adalah Tes Kemampuan dan Potensi Akademik (TKPA), 
  • Tes Kemampuan Dasar Sains dan Teknologi (TKD Saintek) yang meliputi uji mata pelajaran seperti Matematika, Biologi, Kimia, dan Fisika serta 
  • Tes Kemampuan Dasar Sosial dan Humaniora (TKD Soshum) yang meliputi uji mata pelajaran seperti Sejarah, Sosiologi, Geografi dan Ekonomi. 
  • Tentu saja tes ujian tulis ini tergantung pada jenis kelompok ujian yang Anda ambil baik itu Kelompok Ujian Saintek, Soshum, maupun Campuran.
 
Jika kalian merasa Pendaftaran ISBI Aceh sedikit sulit, Anda bisa mendatangi kampus ISBI Aceh tersebut di Jln. Nuri No. 1 Jantho Makmur, Kota Jantho, Kabupaten Aceh Besar, Aceh. Di sana Anda bisa bertanya-tanya kepada staff kampus untuk mengetahui bagaimana cara mendaftarnya dan apa yang harus kalian lakukan untuk bisa memenuhi syarat-syarat pendaftaran tersebut.

Bila Anda semua ingin tahu.ISBI Aceh adalah salah satu Institut kesenian yang memiliki kualitas yang bagus pula. Pada tanggal 6 Oktober 2014, mantan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono meresmikan ISBI Aceh di Surabaya. Memang kampus ini baru berjalan tiga tahunan, akan tetapi kulitas yang ditawarkan kepada Mahasiswanya cukup bagus. 

Didukung oleh dosen-dosen pengajar yang berilmu tinggi, menjadikan nantinya mahasiswa ISBI Aceh semakin terdepan dalam mengembangkan keilmuan seni yang sangat bermacam-macam. Untuk jurusan yang ada di ISBI Aceh ini ada 2 yaitu seni pertunjukan dan seni rupa dan desain. Untuk seni pertunjukan, dibagi menjadi 3 prodi yaitu prodi karawitan, prodi seni tari, dan yang terakhir untuk prodi seni teater. 

Bila Anda adalah tipe seniman yang suka mengekspresikan dengan fisik atau bagian tubuh Anda, Anda bisa memasuki salah satu dari ketiga program studi tersebut. Masing-masing prodi tentu memiliki keunggulan serta visi dan misi tersendiri untuk menjadikan mahasiswanya sukses ke depannya. Selanjutnya, untuk yang kedua adalah jurusan seni rupa dan desain. 

Untuk prodi ini, cara menuangkan jiwa seni Anda adalah dengan menyalurkannya pada sebuah benda untuk bisa menciptakan karya seni yang hebat. Prodi yang ada di jurusan ini adalah seni murni, prodi seni kriya, dan terakhir adalah prodi desain komunikasi visual. Jika Anda berminat salah satu, silahkan mengajukan pendaftarannya.