5 Jalur Pendaftaran Online UIN Ar-Raniry Aceh 2020/2021

Info Pendaftaran UIN AR Raniry, Jalur Masuk UIN AR Raniry, Pendaftaran UIN Aceh, Daftar UIN AR Raniry, Peneriman UIN AR Raniry, Penerimaan UIN AR Raniry, Pendaftaran Online UIN AR Raniry, Daftar Online UIN AR Raniry, Registasi UIN Raniry, Jalur Pendaftaran UIN AR Raniry, Cara Pendaftaran UIN AR Raniry, Keyword.

Ar-raniry.ac.id - 5 Jalur Pendaftaran Online UIN Ar-Raniry Aceh - Universitas di Indonesia sangatlah banyak.bahkan ada juga yang datang jauh-jauh dari luar Negeri untuk bisa berkuliah di salah satu Universitas yang ada di Indonesia. Universitas juga ada berbagai macam jenisnya. Ada yang umum dan ada juga Universitas yang sifatnya condong ke agama. Salah satu contoh universitas yang berbasis agama adalah UIN Ar-Raniry yang ada di Banda Aceh. Sebenarnya universitas ini sama halnya dengan universitas pada umumnya. 

Akan tetapi, universitas Ar-Raniry ini akan memasukkan beberapa mata kuliah yang berbasis agama Islam untuk di setiap program studi yang ada. Jadi jangan salah jika Anda mengambil jurusan teknologi, mata kuliah agama tidak akan ada. Pastinya mata kuliah yang berbau agama Islam nantinya akan dimasukkan lebih dari satu untuk bisa menjadi pondasi bagi Mahasiswa untuk bisa mengenal agama Islam lebih jauh meskipun jurusannya tidak berbau agama.


Sejarah Terbentuknya Universitas Ar-Raniry Aceh

Untuk bisa mengetahui seluk beluk Universitas Ar-Raniry ini, Anda perlu mengetahui beberapa sejarah yang ada di universitas tersebut. Tepat pada 5 Oktober tahun 1963, universitas ini resmi berdiri setelah mendapatkan keputusan dari Menteri Agama kala itu. Awalnya memang sebelum menjadi UIN, Ar-Raniry adalah sebuah Institut Agama Islam Negeri.Hingga akhirnya saat semua syarat-syarat menjadi sebuah Universitas terpenuhi, IAIN pun terganti menjadi UIN.

Nama Ar-Raniry ini sebenarnya memiliki makna tersendiri bagi universitas yang telah lahir hingga 50 tahun lebih ini. Nama tersebut diambil dari nama seorang Ulama besar dan mufti yang sangat berpengaruh pada masa Sultan Iskandar Tsani. Nama universitas tersebut pun merupakan kependekan dari Syeikh Nuruddin Ar-Raniry yang merupakan sosok ulama besar dari Gujarat, India. 

Nama beliau dikenang sebagai nama Universitas bukan semata-mata tidak ada jasanya. Justru Ulama tersebut memiliki jasa yang besar hingga namanya bisa dikenang sebagai nama sebuah Universitas Islam. Hal ini didasarkan pada jasa dan kontribusi sang ulama dalam mengajarkan dan menyumbangkan buah pikirnya terhadap agama islam di wilayah Aceh dan Asia Tenggara.

Tidak seperti sekarang yang fakultasnya sudah banyak, dulu waktu masih menjadi IAIN, fakultas yang berdiri barulah beberapa saja, bahkan fakultasnya tidak sampai lima. Fakultas yang pertama berdiri adalah fakultas Syariah pada tahun 1960, lalu dua tahun kemudian fakultas Tarbiyah atau fakultas pendidikan berdiri dan sebagai cabang dari iain Syarif Hidayatullah yang ada di Yogyakarta.

Bahkan kampus ini pewrnah berinduk pada IAIN Syarif Hidayatullah yang ada di Jakarta. Sekarang setelah diresmikan pada tahun 1963, kampus ini telah berdiri sendiri dengan mandiri tanpa menjadi cabang ataupun induk dari kampus lain. Dan bahkan semakin berjaya saat status IAIN menjadi UIN Ar-Raniry yang diresmikan tepat diusianya yang ke 50 tahun pada tanggal 5 Oktober 2013.

Berdirinya dari IAIN ke UIN bukanlah perkara yang mudah.perguruan tinggi tersebut harus sudah memiliki dedikasi yang banyak kepada masyarakat khususnya bagi para pencari ilmu. Karena banyaknya kepercayaan masyarakat kepada perguruan tinggi ini, pemerintah menyetujui untuk mengganti status IAIN menjadi UIN Ar-Raniry.


Pendaftaran UIN Ar-Raniry

Setelah mengetahui sejarah bagaimana berdirinya UIN Ar-Raniry, tentunya yang ingin berminat untuk belajar di sana semakin bertambah termasuk Anda. Cara pendaftaran UIN Ar-Raniry pun pastinya akan dicari dan dipahami agar saat masa pendaftarannya dibuka, sudah menyiapkan semuanya. Untuk pendaftaran UIN Ar-Raniry sebenarnya hampir sama dengan perguruan tinggi Negeri lainnya. Bahkan jalur yang ditempuh untuk bisa masuk ke perguruan tinggi ini masih lebih banyak dari pada yang umum. Berikut cara mendaftar di UIN Ar-Raniry:


1. Jalur SNMPTN

Sama seperti PTN lainnya, untuk jalur ini memang mengutamakan prestasi siswa-siswa SMA dengan melihat rekam jejak prestasinya melalui nilai-nilai raport dan berbagai piagam penghargaan lomba yang bisa dihitung untuk bisa memperkuat anak tersebut bisa masuk ke UIN Ar-Raniry tanpa melalui tes.
  • Membuat akun LTMPT SNMPTN melalui situs Portal.LTMPT.ac.id.
  • Jangan lupa untuk validasi dan finalisasi akun.
  • Selesai membuat akun tinggal tunggu pemeringkatan dari sekolah.
  • Bagi yang lulus silahkan login ke situs Portal.LTMPT.ac.id untuk melakukan pendaftaran SNMPTN.
  • Pilih menu SNMPTN, isi Form pendaftaran Pada Menu yang ada di situs resmi Pendaftaran.
  • Pastikan data diri, data orang tua, data pendidikan, data prestasi, portopolio bagi yang memilih jurusan seni dan olahraga, isi semua data sesuai dengan identitas.
  • Upload Bukti file persyaratan SNMPTN dan Upload juga Bukti prestasi akademik dan non akademik yang sudah pernah diperoleh selama sekolah, jika ada banyak prestasi yang di dapat pilih prestasi paling tinggi yang pernah di dapat.
  • Setelah semua data sudah terisi dengan benar, pastikan untuk cek terlebih dahulu, jika sudah yakin lakukan finalisasi data, kirim dan simpan.
  • Akan muncul resume pendaftaran, jika data sudah dikirim, anda bisa melakukan donwload kartu bukti peserta SNMPTN.
  • Biasanya untuk cetak kartu peserta SNMPTN ada jadwal tersendiri sesuai yang tertera pada SNMPTN.
  • Untuk cetak login ke situs resmi Portal.LTMPT.ac.id kemudian download dan cetak.
  • Hasil pengumuman SNMPTN akan dimuat melalui situs resmi Pengumuman.SNMPTN.ac.id.


2. Jalur SPAN-PTKIN

Jalur ini sama persis dengan SNMPTN, hanya saja undangan ini dibuat khusus dari lembaga PTAIN di seluruh Indonesia, jika SNMPTN itu semua PTN baik yang universitas umum, hingga yang Islam. jika jalur ini memang khusus bagi PTAIN.. Jika belum tahu, PTAIN yaitu Perguruan Tinggi Islam Negeri.Jadi hanya perguruan Tinggi Islam Negeri yang memberikan undangan khusus kepada siswa berprestasi tanpa tes.
  • Pendaftaran SPAN PTKIN biasanya dibuka tidak jauh dari jalur Nasional PTN, proses pendaftaran SPAN PTKIN diawali dengan proses pengisian PDSS yang akan dilakukan sekolah.
  • Hasil pemeringkatan SPAN PTKIN diberitahukan jika siswa/i yang bersangkutan lulus pemeringkatan dengan diberikan username dan password untuk login ke situs SPAN-PTKIN.ac.id.
  • Setelah siswa/i menerima login dari sekolah silahkan langsung melakukan pengisian form pendaftaran.
  • Pastikan kalian login menggunakan akun yang sudah diberikan sekolah, jika dibutuhkan dapat mengganti password.
  • Proses Pendaftaran meliputi Upload Foto, Pengisian Data Diri, Data Orang Tua, Data Penghasilan orang tua, data pendidikan, seperti pernah mengikuti pesantren dan lama waktunya, upload bukti prestasi dan upload bukti persyaratan.
  • Setelah semua data terisi silahkan lakukan finalisasi untuk menyelesaikan pendaftaran.
  • Jika proses pendaftaran sudah selesai tinggal cetak kartu peserta SPAN PTKIN sesuai jadwal.
  • Tinggal tunggu hasil pengumuman akhir SPAN PTKIN.

3. Jalur SBMPTN

Jalur ini adalah mengandalkan nilai tes masuk yang diselenggarakan oleh lembaga PTN di seluruh Indonesia.Jadi kalian yang mendaftar melalui ini, harus belajar dengan baik. Untuk lebih jelas berikut informasi pendaftaran SBMPTN.
  • Proses pendaftaran dimulai dari pembuatan akun LTMPT UTBK dan SBMPTN melalui web Portal.LTMPT.ac.id.
  • Setelah itu lakukan validasi dan finalisasi data pembuatan akun.
  • Jika sudah jadi langsung melakukan pendaftaran UTBK melalui situs Portal.LTMPT.ac.id.
  • Proses pendaftaran UTBK dimulai pengisian data awal dimana setiap peserta wajib menyampaikan informasi yang akurat seperti data diri, data keluarga, data pendidikan, dan upload file persyaratan pendaftaran SBMPTN.
  • Tahapan ini akan dibagi dua, pada tahap awal melengkapi data hingga kode pembayaran muncul.
  • Setelah berhasil, lakukan pembayaran melalui Bank Himbaran (Bank BUMN) disarankan pembayaran melalui teller Bank, nantinya akan diberi tahu berapa biaya yang harus dibayar.
  • Setelah mendapatkan bukti pembayaran dari Bank peserta wajib login kembali untuk melengkapi data yang belum terisi.
  • Silahkan login kembali ke Portal.LTMPT.ac.id kemudian lanjutkan proses pengisian data, sebagian data sudah otomatis terisi dari proses awal.
  • Isi Data diri, pemilihan PTN dan Prodi serta pemilihan Lokasi dan Waktu sesi Tes. Setelah itu kirim data dan lakukan finalisasi.
  • Semua data yang sudah difinalisasi tidak akan bisa dirubah lagi.
  • Jangan Lupa untuk cetak kartu peserta Ujian UTBK.
  • Ikuti tes sesuai dengan jadwal yang tertera pada kartu peserta UTBK.
  • Pastikan datang ke lokasi tes 1 jam sebelum tes, jika belum mengetahui lokasi disarankan untuk datang 1 hari sebelum tes dilaksanakan untuk mengecek lokasi tes.
  • Proses SBMPTN tahun ini mengalami perubahan seiring kebijakan pemerintah, dimana hasil UTBK dijadikan hasil akhir Penentu kelulusan SBMPTN.
  • Nilai UTBK juga dapat digunakan untuk tes Jalur Mandiri PTN tanpa harus tes lagi.

4. Jalur UM-PTKIN

Jalur ini adalah jalur masuk mandiri yang diselenggarakan oleh PTKIN  di seluruh Indonesia. Pada dasarnya jalur ini sama seperti SBMPTN hanya saja khusus untuk PTKIN saya untuk lebih jelas berikut informasi lengkap mengenai Pendaftaran jalur UM PTKIN.
  • Pendaftaran UM PTKIN Jalur Tertulis dilakakan secara pribadi tanpa melibatkan pihak sekolah.
  • Setiap peserta yang berminat mengikuti UM PTKIN langsung dapat mendaftaran melalui situs UM-PTKIN.ac.id dengan memilih menu "Daftar".
  • Proses pendaftaran UM PTKIN diawali pengisian biodata secara online sampai tahap awal selesai akan muncul kode pembayaran.
  • Bawa kode pembayaran ke bank yang sudah ditentukan melalui teller, silahkan lakukan pembayaran.
  • Setelah dari bank akan menerima SIP dan PIN gunakan untuk melanjutkan proses pendaftaran Online yang belum selesai.
  • Isi data yang masih kosong, data diri, data pendidikan, data penghasilan orang tua, dan beberapa file yang harus diupload terkait dengan persyaratan, pemilihan PTKIN dan Jurusan serta jenis tes yang akan diikuti.
  • Pastikan menyelesaikan proses tersebut hingga akhir dan finalisasi.
  • Jika sudah selesai tinggal cetak kartu ujian UM PTKIN.
  • Ikuti Ujian.
  • Tinggal Tunggu Pengumuman hasil melalui situs Pengumuman.um-ptkin.ac.id.


5. Jalur Mandiri Lokal UIN Ar-Raniry

Universitas Islam Negeri AR-Raniry (UIN AR-Raniry) kembali membuka kesempatan supaya mahasiswa baru bisa menempuh pendidikan di Universitas Islam Negeri AR-Raniry (UIN AR-Raniry) melalui jalur mandiri yaitu PMB Lokal. Bagi anda yang tertarik untuk melanjutkan pendidikannya di Universitas Islam Negeri AR-Raniry (UIN AR-Raniry) dan ingin mengikuti seleksi PMB Lokal maka berikut adalah informasi mengenai cara pendaftaran jalur mandiri Universitas Islam Negeri AR-Raniry (UIN AR-Raniry).


A. Melakukan pembuatan akun

Langkah pertama yang harus anda lakukan jika ingin mendaftar PMB Lokal Universitas Islam Negeri AR-Raniry (UIN AR-Raniry) adalah dengan melakukan pendaftaran seleksi.
  • Sebelumnya anda harus melakukan pembuatan akun dengan mengisi nama lengkap, email, dan password pada laman resmi PMB Lokal UIN AR-Raniry di https://pendaftaran.ar-raniry.ac.id/daftar
  • Setelah itu klik tombol daftar yang ada di bawah.

B. Melakukan verifikasi akun

Setelah mengisi borang atau form kosong pada laman resmi https://pendaftaran.ar-raniry.ac.id/daftar, maka anda diwajibkan untuk melakukan verifikasi akun.
  • Nantinya link verifikasi akun pendaftaran seleksi mandiri akan dikirim pada email yang sudah didaftarkan sebelumnya. 
  • Jika link verifikasi akun tidak ditemukan di folder inbox, maka anda bisa memeriksanya di folder spam.

C. Melanjutkan proses pendaftaran
  • Proses selanjutnya yang bisa anda lakukan adalah melanjutkan proses pendaftaran dengan melanjutkan mengisi data diri dan kelengkapan berkas lainnya di borang atau form yang kosong pada akun yang telah anda buat di laman di https://pendaftaran.ar-raniry.ac.id/daftar tadi. 
  • Usahakan untuk mengisi kelengkapan data sesuai yang diminta sehingga anda bisa melanjutkan ke proses yang selanjutnya. Proses pendaftaran seleksi calon peserta PMB Lokal UIN AR-Raniry.

D. Melakukan proses pembayaran

Langkah ketiga yang bisa anda lakukan untuk melanjutkan pendaftaran PMB Lokal Universitas Islam Negeri AR-Raniry (UIN AR-Raniry) adalah dengan
  • melakukan proses pembayaran sesuai dengan jumlah besaran biaya yang muncul di akun masing-masing. Proses pembayaran PMB Lokal UIN AR-Raniry bisa dilakukan lewat Bank Aceh Syari’ah atau Bank BRI Syariah dengan menggunakan nomor invoice yang didapatkan setelah melakukan pendaftaran tadi. Pembayaran bisa dilakukan mulai dari tanggal yang sudah ditentukan.

E. Menunggu informasi lanjutan
  • Setelah selesai melakukan pengisian data diri, selanjutnya anda bisa menunggu informasi lanjutan terkait pelasakaan ujian tulis CBT di laman http://www.pmb.ar-raniry.ac.id/.
  • Kemudian untuk informasi mengenai lokasi ujian bisa diperiksa pada akun masing-masing setelah login pada laman resmi https://pendaftaran.ar-raniry.ac.id/daftar tadi. 
  • Untuk pengumuman kelulusan PMB-Lokal Universitas Islam Negeri AR-Raniry (UIN AR-Raniry) bisa diakses di laman resmi https://pendaftaran.ar-raniry.ac.id/ sesuai jadwal yang sudah ditentukan. 
  • Selanjutnya, peserta yang lolos seleksi PMB-Lokal diwajibkan untuk mengisi data secara online dan melakukan pembayaran UKT sesuai dengan yang tertera yang mana informasi lengkapnya bisa dicek di laman resminya yaitu https://pendaftaran.ar-raniry.ac.id/.

Itu tadi informasi mengenai pendaftaran seleksi jalur mandiri Universitas Islam Negeri AR-Raniry (UIN AR-Raniry) melalui jalur PMB Lokal. Untuk informasi lebih lanjut mengenai program studi dan informasi mengenai PMB Lokal bisa langsung dicek pada laman resmi Universitas Islam Negeri AR-Raniry (UIN AR-Raniry) di http://www.pmb.ar-raniry.ac.id/.

2 Responses to "5 Jalur Pendaftaran Online UIN Ar-Raniry Aceh 2020/2021"

  1. bagai mnatelat datang ujian tapi no invoice sudah di bayar

    BalasHapus
    Balasan
    1. disarankan jangan sampai telat datang ujian ya

      Hapus