4 Jalur Pendaftaran UKI 2024/2025


Uki.ac.id4 Jalur Pendaftaran UKI 2024/2025 - Universitas Kristen Indonesia (UKI) merupakan universitas swasta di daerah Jakarta yang diresmikan pada tanggal 15 Oktober 1953. UKI didirikan atas pemikiran beberapa tokoh Kristen Indonesia yang tergabung dalam Dewan Gereja Indonesia (DGI) pada masa itu. 

UKI memiliki tujuh fakultas meliputi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP), Fakultas Ekonomi (FE), Fakultas Kedokteran (FK), Fakultas Hukum (FH), Fakultas Sastra (FS), Fakultas Teknik (FT), Fakultas Ilmu Sosial dan Politik (FISIPOL) dan Program Pacasarjana. Selain itu terdapat tiga akademi yang menjadi bagian dari UKI yaitu Akademi Fisioterapi, Akademi Perbankan, Akademi Keperawatan.




Jadwal Pendaftaran Universitas Kristen Indonesia, Jakarta

Memasuki tahun ajaran baru, UKI membuka pendaftaran untuk mahasiswa baru yang ingin bergabung dengan universitas ini. Pendaftaran Universitas Kristen Indonesia Jakartaterdiri dari dua jalur utama yaitu Ujian Saringan Masuk (USM) dan Jalur Khusus. Jalur Khusus terdiri dari berbagai macam:


a. Program Early Bird (Pendaftaran Gelombang 1-3)

Calon mahasiswa baru yang masuk kategori ini adalah bagi mahasiswa lulus USM dan mendaftar pada periode gelombang 1-3 dan melakukan pembayaran uang cicilan kuliah. Keuntungan dari jalur ini adalah mendapatkan potongan biaya studi berupa bebas biaya SPP. Hal ini berlaku pada semua program studi kecuali program studi Pendidikan Kedokteran.


b. Program Beasiswa Penuh

Program ini diperuntukkan bagi 40 mahasiswa baru saja nantinya.  sementara USM khusus jalur beasiswa. Syarat yang diperbolehkan mengikuti jalur ini adalah siswa SMA, beragama kristen protestan, nilai rapor SMA semester 1-4 ≥ 8,00. Jika lolos seleksi maka mahasiswa akan mendapatkan beasiswa penuh untuk 8 semester dengan beberapa ketentuan tambahan.


c. Jalur Prestasi (Seleksi nilai rapor)

Penilaian dari jalur ini dilakukan melalui nilai rapor semester 3-5 dengan ketentuan mata pelajaran tertentu seperti Fisika, Matematika, Bahasa Inggris, Bahasa Indonesia, Biologi nilainya ≥ 7,5. Seleksi dilakukan dengan calon mahasiswa yang merupakan lulusan SMA tahun lalu dan tahu ini wajib mengikuti Psikotes saja tanpa TPA. Program ini juga dipersilahkan bagi siswa berprestasi yang memenangkan lomba tingkat nasional maupun internasional. Jalur ini dan tidak diperuntukkan bagi Fakultas Kedokteran, PPs, serta Alih Program. Jalur prestasi ini akan dimasukkan dalam Grade B sehingga peserta lolos akan dibebaskan biaya SPP.


d. Jalur Undangan

Jalur ini khusus diperuntukkan bagi sekolah atau gereja yang diberikan undangan oleh UKI untuk mengirimkan 5-20 calon mahasiswa baru berprestasi. Peserta merupakan lulusan SMA  dengan yang memiliki nilai rata-rata rapor semester 1-5 yaitu ≥ 8,00 (Grade A), 7,00-79,99 (Grade B), dan 65,00-69,99 (Grade C). Peserta jalur ini wajib mengikuti psikotes dan undangan. Jalur ini tidak berlaku pada FK, PPs, dan Alih Program.

Semua jalur khususdiwajibkan membayar administrasi sebesar Rp 250.000 dan setiap Grade yang didapat peserta akan mendapatkan potongan biaya kuliah tertentu. Grade A bebas biaya SPP dan Beban Tetap Semester 1, Grade B bebas biaya SPP, dan Grade C bebas SPP sebesar 50%. Selain itu masih terdapat potongan bagi yang mempunyai saudara kandung dan bekerja di UKI ataupun anak dari karyawan UKI.


Mekanisme Proses Pendaftaran Universitas Kristen Indonesia Jakarta


Materi USM untuk FK meliputi Kimia, Biologi, Bahasa Inggris Kedokteran, MMPI, Tes Bakat, Tes Kesehatan dan wawancara. Sementara materi USM untuk Non FK yaitu TPA, Bahasa Inggris, Menggambar untuk program studi Arsitektur dan wawancara. Sementara syarat peserta USM FK merupakan lulusan SMA IPA. Syarat peserta USM Non FK merupakan lulusan SMA IPA, IPA, maupun bahasa sesuai dengan jurusan yang akan dipilih dan SMK jurusan teknik.

Mekanisme pendaftaran mahasiswa baru secara online dengan membuka web pmb.uki.ac.id. Selanjutnya membuat account online pada web tersebutdan ikuti petunjuk selanjutnya hingga mengisi formulir pendaftaran online hingga selesai. Lalu pilih program studi yang akan ditempuh, konfirmasi pendaftaran dan pilihan program studi. 

Setelah semua proses pendaftaran selesai maka membayar uang pendaftaran sebesar 250.000 untuk Non FK, sedangkan 400.000 untuk FK melalui Bank BNI dan gunakan kode UKI 8034 diikuti nomor pendaftaran. Akun tersebut digunakan hingga proses USM selesai untuk mengetahui status pendaftaran,proses pembayaran, jadwal USM, cetak kartu, dan melihat pengumuman. Oleh karena itu gunakan email yang benar dan valid saat proses pendaftaran secara online.