Cara Pendaftaran Online UKRIDA 2021/2022

Info Penting CPNS

Ukrida.ac.id - Cara Pendaftaran Online UKRIDA 2021-2022 - Universitas Kristen Krida Wacana atau dikenal dengan UKRIDA berdiri pada 20 Januari 1967. Dahulu universitas ini bernama Universitas Kristen Djaya yang berada di bawah yayasan Badan Pendidikan Kristen Jawa Barat. Namun, pada tangal 8 Februari 1992 namanya diubah menjadi Universitas Kristen Krida Wacana berdasarkan SK Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI No. 0106/0/1992.

Memasuki penerimaan mahasiswa baru 2018/2019, UKRIDA memberikan kesempatan kepada putra putri terbaik bangsa yang ingin mewujudkan mimpi mereka melalui UKRIDA. UKRIDA memiliki 5 fakultas yaitu Fakultas Kedokteran (FK), Fakultas Psikologi (FPSI), Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer (FTIK), Fakultas Ekonomi & Bisnis (FE) dan Fakultas Sosial & Humaniora (FISH). UKRIDA dan semua jurusannya telah memperoleh akreditasi oleh BAN-PT.





Apabila dapat memanfaatkan Jalur Prestasi maka calon mahasiswa baru tidak perlu melakukan ujian tes saringan masuk namun hanya tes kesehatan saja. Bahkan terdapat potongan SPP dari 45% - 70% untuk setiap jenis jalur prestasi dan gelombang. Pendaftaran dilaksanakan melalui situs resmi register.ukrida.ac.id.


Syarat Pendaftaran Universitas Kristen Krida Wacana Jakarta

Bagi yang menggunakan Jalur Ujian Saringan Masuk terdapat beberapa persyaratan yang perlu dibawa saat akan melaksanakan ujian. Persyaratan tersebut yaitu membawa KTP/SIM maupun Kartu Pelajar, Alat tulis dan perlengkapannya dengan ketentuan pensil 2B, Foto 3x4 2 lembar, pakaian rapi, sopan, bersepatu serta datang tepat waktu yaitu saat registrasi pukul 08.00 dan ujian pukul 09.00. Materi ujian untuk setiap fakultas yang akan dimasuki pun berbeda.
  1. Materi ujian FK berupa Biologi Molekuler, Kimia Klinis, Bahasa Inggris, serta ada tambahan berupa tes kesehatan dan wawancara psikologis.
  2. Materi ujian FE, FTIK, dan FPSI berupa Matematika, Bahasa Inggris, dan tes buta warna untuk jurusan Teknik Elektro.
  3. Materi ujian FISH yaitu English Proficiency Test.

Sementara untuk Jalur Prestasi juga terdapat kriteria dan syarat khusus bagi pendaftar sesuai dengan jenis jalur yang akan dimasuki. Keterangan lebih lengkap dan panduan terdapat di web UKRIDA. Mekanisme pendaftaran mahasiswa baru tahun ini dapat dimulai dengan akses ke website UKRIDA. Pendaftaran dapat dilakukan secara online dengan mengisi formulir onlinedi register.ukrida.ac.id

Selanjutnya melakukan biaya pendaftaran ke rekening UKRIDA melalui BCA atau Bank INA. Biaya pendaftaran sebesar Rp 250.000 untuk program studi non FK dan Rp 550.000 untuk program studi Kedokteran Umum. Khusus biaya pendaftaran di kirim ke Bank INA dengan No. rekening 1000.2384.45 atas nama Yayasan BPTK Krida Wacana. 

Langkah selanjutnya yaitu mengikuti seleksi melalui Jalur Prestasi atau Ujian Saringan Masuk di Kampus I UKRIDA karena proses penerimaan mahasiswa baru hanya dilakukan di kampus I yang beralamat di Jalan Tanjung Duren raya No.4 Jakarta Barat 11470. Pengumuman dapat dilihat setelah tiga hari melaksanakan tes dengan datang langsung ke Unit Admisi pada hari dan jam kerja atau melalui email admisi@ukrida.ac.id dan telepon ke 021-566 6952. 

Setelah itu jika diterima, maka diwajibkan melakukan pelunasan seluruh pembayaran sesuai jadwal. Peserta yang dinyatakan diterima harus mencetak bukti pembayaran serta dan melengkapi administrasi untuk diberikan ke Admisi UKRIDA. Kemudian mahasiswa diwajibkan mengikuti kegiatan Pengantar Studi Mahasiswa Baru (PSMB) dan dilanjutkan kegiatan perkuliahan.

Sistem pembayaran biaya studi di UKRIDA dapat dilakukan dalam tiga termin. Pembayaran I sebesar 50% dari SPP, pembayaran II sebesar biaya pendidikan untuk semester pertama dan pembayaran III sebesar 50% dari biaya SPP. Jika mampu membayar lunas pada pembayaran I maka akan mendapatkan potongan 5% dari SPP. Keterangan lebih lengkap terkait biaya studi untuk setiap fakultas  dapat diperoleh dengan mengakses www.ukrida.ac.id.