Cara Pendaftaran UNIVRAB 2024/2025


Univrab.ac.idCara Pendaftaran UNIVRAB 2024/2025 - Setelah menempuh sekolah menengah atas atau SMA biasanya banyak pilihan untuk siswa baik itu akan langsung bekerja atau akan melanjutkan sekolah ke jenjang yang lebih tinggi lagi. Dengan melanjutkan ke jenjang lebih tinggi lagi,

Berarti sebagai siswa Anda harus memilih mana jurusan dan universitas yang menurut Anda cocok dengan kemampuan dan minat Anda. Banyak sekali universitas yang dapat digunakan Anda untuk melanjutkan sekolah, baik itu swasta maupun negeri. Untuk pilihan sekolah swasta ataupun negeri Anda sama saja karena kurikulum yang sama.




Perbedaan dari perkuliahan swasta dan negeri yang paling kentara adalah dari segi biayanya, tetapi itu pun berbeda di setiap universitas. Salah satu universitas swasta adalah Universitas Abdurrab di Pekanbaru.  Jika Anda berminat untuk melanjutkan sekolah di universitas Abdurrab ini, Anda bisa memulainya dengan memenuhi beberapa syarat-syarat pendaftaran universitas Abdurrab Pekanbaru ini. 


Fakultas dan Jurusan di Universitas Abdurrab Pekanbaru

Universitas Abdurrab atau biasa dsebut dengan Univrab ini merupakan salah satu perguruan tinggi Islam swasta yang berada di Pekanbaru Riau. Lokasi tepat universitas Abdurrab ini di jalan Ahmad Dahlan No 88 Sukajadi, Kp. Melayu, Sukajadi Kota Pekanbaru, Riau. Universitas ini memiliki beberapa fakultas dengan jurusan masing-masing seperti:
  1. Fakultas Teknik terdapat jurusan S1 teknik Sipil dan S1 Teknik Informatika
  2. Fakultas KIK atau Kedokteran dan Ilmu Kesehatan terdapat jurusan profesi dokter, pendidikan dokter, D3 Anafarma, D3 Keperawatan, D3 Kebidanan, D3 Fisioterapi
  3. Fakultas Psikologi terdapat jurusan S1 Psikolog
  4. Fakultas ISIPOL atau Ilmu Sosial dan Ilmu Politik terdapat jurusan Ilmu komunikasi, ilmu pemerintahan, dan juga hubungan internasional

Universitas ini dapat menjadi pusat pengembangan SDM yang dapat menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi, agama, integritas, dan profesional yang terampil dan juga mandiri yang melalui proses pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat. Univeritas ini juga mempunyai tujuan dalam menghasilkan lulusan yang bermutu di bidang pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat, pelayanan pendidikan dan juga kerja sama yang luas dan sangat bermanfaat bagi kemajuan untuk institusinya.

Pendaftaran Universitas Abdurrab Pekanbaru ini dapat dilakukan baik itu secara online maupun secara offline. Ada beberapa tahapan dalam pendaftaran ini, mulai dari jalur seleksi, mulai pendaftaran, tes, daftar ulang, pengisian biodata dan mulai ospek dan perkuliahan. Untuk Pendaftaran Universitas Abdurrab Pekanbaru lewat jalur seleksi dapat dilakukan dengan beberapa proses.

Seperti juara kelas yang artinya adapat masuk universitas ini tanpa tes dan juga bebas uang pendaftaran dengan potongan uang pembangunan. Proses ini dengan melampirkan fotokopi buku rapot mulai semester 1 sampai 5 yang sudah dilegalisir. Kemudian dari proses undangan dapat masuk universitas tanpa tes dengan uang pendaftaran 50% dengan menerima surat undangan berdasarkan tryout kepada pihak kampus.

Sedangkan untuk proses prestasi 10 besar dapat mendaftar sesuai dengan jadwal pendaftaran dan juga membayar uang pendaftaran 50%, dan mengikuti tes ujian tulis dengan melampirkan fotokopi buku rapot yang masuk 10 besar mulai dari semester 1 sampai 5 yang dilegalisir. Adapun proses kejasama dengan syarat antara pihak kampus dengan instansi ketika jumlah calon mahasiswa mencapai 20 orang.


Syarat Universitas Abdurrab Pekanbaru

Sedangkan untuk cara Pendaftaran Universitas Abdurrab Pekanbaru secara umum dapat dilakukan sesuai jadwal. Biasanya terdapat 3 gelombang dengan persyaratan pendaftaran sebagai berikut:
  1. Fotokopi ijazah/SKHU SMA/SMK/MA dengan semua jurusan yang sudah dilegalisir sebanyak 2 lembar atau surat keterangan lulus dari kepala sekolah. Adapun syarat khusus untuk calom mahasiswa baru jurusan kedokteran harus dari jurusan IPA, D3 kebidanan dengan tinggi badan minimal 150 cm, dan D3 keperawatan dengan tinggi badan minimal putra 155 cm dan putri 150 cm.
  2. Menyerahkan pas foto berwarna ukuran 4x6 sebanyak 4 lembar
  3. Uang pendaftaran: Kedokteran Rp 250.000 dan tes kesehatan Rp 150.000
  4. Semua jurusan S1 Rp 100.000
  5. Semua jurusan D3 Rp 200.000 dan tes kesehatan Rp 150.000

Setelah itu diadakan tes tulis dengan beberapa persyaratan mengikuti tes tulis diantaranya:
  • Telah mendaftar dan membawa tanda peserta ujian atau nomor ujian
  • Hadir 15 menit sebelum ujian dimulai dan tidak boleh diwakilkan
  • Berpakaian sopan dan rapih dengan kemeja putih dan celana atau rok hitam untuk perempuan berjilbab
  • Membawa alat tulis
  • Untuk calon mahasiswa kedokteran dan juga D3 wajib mengikuti tes kesehatan di Laboratorium Universitas dengan membawa bukti kwitansi biaya tes kesehatan.

Setelah Anda dinyatakan lulus untuk menjadi salah satu calon mahasiswa Anda dapat melakukan daftar ulang dengan membayar uang pembangunan dan SPP semester 1 yang dikirimkan melalui bank Syariah Mandiri. Biaya uang pembangunan dan SPP setiap jurusan di universitas ini akan berbeda.  Mulai dari uang pembangunan paling tinggi adalah kedokteran dengan jumlah Rp 80.000.000 dan SPP per semesternya Rp 25.000.000. 

sedangkan untuk kebidanan uang pembangunan Rp 11.150.000 dan uang SPP setiap semester Rp 3.850.000. Untuk jurusan lain uang pembangunan mulai dari Rp 1.000.000 sampai dengan Rp 5.800.000 dengan uang SPP per semesternya dari Rp 900.000 sampai dengan Rp 3.000.000. Untuk biaya uang seragam, Adm, dan sebagainya juga berbeda mulai jurusan kedokteran Rp 720.000 , kemudian kebidanan Rp 2.370.000, dan semua jurusan D3 mulai dari Rp 1.470.000 sampai dengan Rp 1.835.000. sedangkan untuk jurusan lain Rp 350.000.

Begitulah beberapa cara bagaimana dalam Pendaftaran Universitas Abdurrab Pekanbaru. Apabila Anda berminat untuk melanjutkan ke universitas ini Anda dapat mengikuti beberapa syarat yang telah dijelaskan tadi. Demikianlah informasi yang bisa kami berikan semoga bermanfaat, Proses pendaftaran dilaksanakan melalui online situs http://admisi.univrab.ac.id/