Cara Pendaftaran Online PPG Prajabatan Bersubsidi 2018/2019

Pendaftaran.Net - Cara Pendaftaran PPG Reguler Mei 2018/2019 simak Pendaftaran Online PPG Reguler Mei melalui Pendaftaran PPG Reguler seluruh Indonesia simak Pendaftaran khusus untuk PPG atau Pendidikan Profesi Guru khusus Reguler untuk lebih jelas berikut kami akan memberikan beberapa informasi terkait dengan informasi mengenai Pendaftaran Online PPG Reguler Se Indonesia khusus untuk FKIP se Indonesia.

Pendidikan Profesi saat ini menjadi sangat penting hal itu dikarenakan atas tuntutan saat ini, sebagai seorang guru kita harus memiliki sertifikat sertifikasi PPG, nah atas alasan inilah admin akan membasa mengenai beberapa hal terkait dengan pendaftaran PPG, kabar gembira bagi lulusan fakultas keguruan dan ilmu pendidikan yang ada di seluruh Indonesia, mengapa demikian pada bulan ini akan dibuka pendaftaran PPG Reguler FKIP se Indonesia diberbagai perguruan tinggi negeri ternama di Indonesia.




Salah satunya adalah Universitas Sriwijaya dan didikuti oleh PTN lainnya, lantas apa yang membedakan PPG yang akan dilaksanakan bulan ini jika dibandingkan dengan PPG sebelumnya. PPG yang akan dibuka pada bulan Mei ini bersifat reguler jadi siapa saja yang memiliki ijasah kependidikan bisa ikut bersaing secara terbuka tanpa harus mempertimbangankan lata belakang lulusan dari kampus mana.

Seperti halnya tes CPNS, salah satu pendidikan profesi ini akan terbuka untuk umum dan bisa bersaing secara sehat tentunya untuk bisa mengikuti PPG akan dilakukan berbagai tes salah satunya adalah tes tahap 1 kemudian tes tahap berikutnya, mahasiswa yang dinyatakan lulus PPG Reguler yang telah diikuti berhak menerima bantuan dari pemerintah, senadanya mereka mengajar mereka berhak menerima tunjangan sebesar 7.5 juta atas pendidikan profesi yang diikuti baik itu guru swasta maupun honor. Adapun rincian yang akan didapat oleh peserta yang akan mengikuti PPG Reguler sebagai berikut :

  1. Pada tahun ini Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kemristek Dikti membuka program PPG bersubsidi untuk PPG umum dan PPG SMK Kolaboratif.
  2. Pendaftaran dilakukan secara online melalui web http://ppg.ristekdikti.go.id.
  3. Subsidi/bantuanPemerintahmaksimalsebesar Rp 7.500.000/smt/orang
  4. Biaya hidup, akomodasi dan konsumsi selama mengikuti PPG ditanggung oleh peserta

Informasi mengenai PPG Reguler ini seperti disampaikan oleh wakil dekan 1 Universitas Sriwijaya disela-sela mata pelajaran metode penelitian beliau menyampaikan kepada mahasiswa teknologi pendidikan terkait informasi mengenai PPG Reguler "Bagi kalian calon guru ada pembukaan PPG Reguler di UNSRI, mereka yang baru lulus S1 pendidikan juga boleh ikut dan tidak terpatok pada jejang lulusan yang baru ikut S2 juga boleh ikut asalkan kualifikasinya pendidikan bisa ikut PPG nantinya bersaing umum seperti seleksi SBMPTN siapa saja bisa ikut untuk yang lulus akan diberikan bantuan dari pemerintah sebesar 7.5 juta atas pendidkan profesi yang diikuti tapi ingat hanya yang lulus saja.

Beberapa mahasiswa mempertanyakan informasi mengenai program studi apa saja yang dibuka PPG Reguler apakah seluruhnya atau tidak namun beliau menyampaikan bahwa tidak semua program studi dibuka PPG, " UNSRI hanya PGSD, Penjaskes, Bahasa Inggris,Pendidikan luar sekolah dan beberapa prgram studi lainnya tidak semua" namun hal ini disambut baik oleh mahasiswa S2 teknologi karena kedepan untuk bisa tes CPNS diwajibkan memiliki pendidikan profesi.

Sedangkan untuk lama pendidikan profesi ini adalah 2 semester bahkan belau menyampaikan informasi mengenai Pendaftaran akan dibuka sekitar tanggal yang telah ditetapkan, "Nanti informasinya akan diumumkan tanggal yangs udah ditetapkan di website unsri  pendaftaranya online melalui situs Belmawa Ristek dikti ditunggu saja informasinya" beliau menyampaikan bahwa tidak hanya unsri saja tetapi dibuka untuk PPG Reguler seluruh Indonesia. Berikut informasi yang kami dapat dari sosialisasi PPG mengenai program studi dan jurusan yang dibuka PPG Reguler tahun ini.
  1. Matematika 
  2. Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) 
  3. Teknik Elektronika 
  4. Teknik Mesin 
  5. Teknik Otomotif 
  6. Agribisnis Hasil Pertanian dan Perikanan 
  7. Agribisnis Produksi Tanaman 
  8. Agribisnis Produksi Ternak 
  9. Usaha Jasa Pariwisata 
  10.  Pelayaran

Berikut kami berikan uraikan mengenai Program Studi beserta lulusan yang bisa mengikuti PPG pada tahun ini Tabel 1 dan Tabel 2 Program keahlian dan lulusan prodi S1/D-IV untuk lebih jelas berikut tabel Program Keahlian dan Lulusan Prodi peserta hrus wajib memiliki lulusan Prodi yang dimaksud diluar dari itu tidak akan bisa mengikuti PPG baik Reguler Umum maupun PPG Reguler Bersubsidi ataupun PPG SMK Kolaborasi untuk lebih jelas berikut informasi lengkapnya :



Menurut penelusuran tim kami saat dicek melalui situs belmawa belum ada informasi namun saat membuka situs yang beralamatkan http://ppg.ristekdikti.go.id/ belum membuka pendaftaran saat diakses pada situs resmi menurut informasi terbaru bahwa pendaftaran akan dibuka pada tanggal yang ditetapkan untuk itu silahkan langsung kunjungi situs resmi PPG yang dimaksud apabila anda mengunjungi situs resmi PPG akan ada beberapa formulir pendaftaran PPG Se Indonesia pada waktu yang telah ditetapkan. Pendaftaran PPG dibuka se Indonesia.


Progam PPG memiliki jenis yang dibuka oleh Ristek Dikti pertama PPG Reguler Umum kemudian PPG Reguler Bersubsidi dan yang terakhir adalah PPG SMK Kolaborasi, beruntung kesempatan pada bulan ini akan membuka pendaftaran mengenai PPG Reguler Umum yang terbuka bagi siapa saja yang memiliki kualifikasi lulusan pendidik diseluruh Indonesia.

Ini merupakan kabar gembira karena sebelumnya Pendidikan Profesi Guru hanya bisa diikuti melalui program SM-3T namun pembukaan pada bulan Mei ini akan dipastikan bahwa terbuka untuk umum tetapi sangat disayangkan untuk PTN yang dipercaya Ristek Dikti tidak semua jurusan dibuka jadi hal itu tergantung pada PTN yang bersangkutan tetapi dipastikan untuk program studi yang masih jarang seperti PGSD, Penjaskes dan Bahasa Inggris kebanyakan dibuka dan diikuti oleh progran studi yang lainnya.

Untuk bisa mendaftar Pendidikan Profesi Guru tidak ada syarat khusus tinggal di daerah tertentu atau lulusan dari perguruan tinggi tertentu ini terbuka untuk umum dan siapa saja yang dinyatakan lulus akan mengikuti pendidikan selama 2 semester jadi ini merupakan kesempatan besar bagi peserta terutam lulusan dari Fakultas Keguruan dan ilmu pendidikan. Ada beberapa syarat yang harus dipenuhi oleh peserta agar bisa mendaftar dan mengikuti seleksi PPG Reguler Umum sebagai berikut :

Persyaratan PPG Reguler :
  1. Lulusan S1/D4 dari PT dengan AIPT minimal B dan dari prodi terakreditasi minimal B; 
  2. Berusia maks 28 tahun pd tgl 31 Desember tahun pendaftaran.
  3. Prodi S1/D4 linier dengan bidang studi pada program PPG.
  4. Calon terdaftar pada PDDIKTI.
  5. IPK minimal 3,00.
  6. Bebas Napza, (SK BNN atau yang berwenang).
  7. Sehat jasmani (SK dari dokter rumah sakit pemerintah).
  8. Sehat rohani (SK dari dokter rumah sakit pemerintah).
  9. Berkelakuan baik (SK Kepolisian).
  10. Belum menikah dan bersedia tidak menikah selama PPG (surat pernyataan bermaterai Rp 6.000,00 dan disyahkan oleh Lurah/Kepala Desa).
Selain dari PPG Reguler Umum dan Bersubsidi terdapat seleksi untuk PPG SMK Kolaborasi yang bisa diikuti untuk proses pendaftaran tidak jauh berbeda dengan proses seleksi PPG Reguler lainnya hanya yang membedakaan adalah persyaratan bagi anda yang ingin mengikuti PPG SMK kolaborasi dapat memenuhi syarat pendaftaran sebagai berikut :


Persyaratan PPG SMK Kolaborasi
  1. Borang isian pendaftaran calon peserta yang dilengkapi dengan pasfoto berwarna terbaru ukuran 4 x 6 sebanyak 4 (empat) lembar latar belakang putih.
  2. Foto kopi ijazah S1/DIV yang sudah dilegalisir oleh Perguruan Tinggi asal dengan bidang keahlian, seperti ditunjukkan pada Tabel 2.
  3. Fotocopy Transkrip Nilai yang dilegalisir oleh sekolah asal.
  4. Surat pernyataan kesediaan mengikuti pendidikan sesuai peraturan yang berlaku dan kesediaan ditempatkan sesuai dengan tempat penugasan yang telah ditetapkan.
  5. Surat keterangan berbadan sehat dari dokter.
  6. Surat keterangan bebas napza dari instansi yang berwenang.
  7. Calon mahasiswa mendaftar untuk program keahlian yang ditawarkan sesuai dengan latar belakang program studinya, seperti ditunjukkan pada Tabel 1.

Bahkan pendidikan profesi ini tidak hanya dibuka untuk Keguruan saja jurusan seperti teknik dan beberapa fakultas lainnya juga membuka pendidikan profesi jadi kita harus tetap sigap dan jangan sia-siakan kesempatan ini, karena kedepan untuk mendaftar CPNS atau CASN dipastikan sertifikat PPG menjadi salah satu persyaratan pendaftaran.

Sementara untuk calon guru yang honor atau guru swasta saat setelah mendapatkan sertifikat ini mereka dipastikan berhak mendapatkan tunjangan dan akan dibayarkan oleh pemerintah sebesar 7.5 juta jadi ini kesempatan besar bagi calon guru yang ada di Indonesia terutama mereka yang belum PNS ataupun masih honor baik di Negeri maupun swasta.

Untuk PTN yang membuka PPG Reguler akan diikuti sekitar lebih dari 45 PTN yang memiliki fakultas keguruan ataupun ilmu pendidikan namun sampai informasi ini diterbitkan belum ada kejelasan kepastiannya adalah silahkan mengunjungi situs Belmawa Ristek Dikti, ataupun situs resmi PTN dikota anda dan ppg.ristekdikti.go.id pada tanggal yang sudah ditetapkan. Untuk lebih jelas berikut daftar jadwal penting terkait dengan PPG Reguler Umum :


Catata Penting :
  1. Alamat pendaftaran :http://ppg.ristekdikti.go.id
  2. Pendaftaran mulai 6 Februari
  3. Verifikasi pendaftaran (Seleksi administrative) 
  4. Pengumuman hasil seleksi admin istratif 20 April
  5. Tes online (Tes Potensi Akademik,Tes Bidang Studi,Tes Kemampuan Bahasa Inggris)
  6. Pengumuman hasil tes online
  7. Seleksi minat bakat dan keperibadian (dalam bentuk tes online) atau kemungkinan waktunya bersamaan dengan tes online utama. 
  8. Pengumuman Final 1 Juni • Awal kuliah

Demikianlah informasi mengenai Pendaftaran Online PPG Reguler Se Indonesia jadi pastikan anda tidak melewatkan kesempatan ini karena tidak kesemptan tidak akan datang untuk dua kali, apalagi PPG Reguler ini terbuka untuk umum tanpa ada batasan lulusan dari mana, demikianlah informasi yang bisa kami berikan mereka yang mendaftar pada bulan yang sama akan mengikuti tes tahap 1 dan kemudian pengumuman tes tahap 1 akan diumumkan melalui bulan yang sama beberapa hari dalam rentang 1 Juni. Adapun beberapa informasi mengenai alur seleksi seperti berikut ini :



Semoga informasi ini dapat membantu anda untuk mendapatkan informasi untuk PPG Reguler UNSRI akan diumumkan melalui website www.unsri.ac.id dan ppg.ristekdikti.go.id/daftar pada tanggal 8 Mei selain itu silahkan juga buka situs fkip.unsri.ac.id jika tidak menemukan informasi sementara untuk situs resmi akan dibuka pendaftaran sekitar tanggal yang sudah ditetapkan semoga bisa memberikan manfaat pendaftaran PPG Reguler ini juga akan diikuti dengan beberapa PTN lainnya secara serentak pada bulan yang sama.

Demikianlah informasi yang bisa kami berikan semoga bisa memberikan manfaat untuk para peserta yang berminat mengikuti seleksi dan Pendaftaran PPG seluruh Indonesia sesuai dengan ketentuan yang berlaku, apabila terdapat update mengenai PPG lainnya akan kami segera informasikan kepada kalian yang sedang mencari info mengenai PPG terima kasih dan semoga anda berhasil poin 10 pada persyaratan menjadi sangat penting untuk diikuti maka dari itu kalian yang ingin mendaftar tidak boleh terlebih dahulu menikah apabila sudah menikah sangat disayangkan tidak bisa mengikuti PPG.

35 Responses to "Cara Pendaftaran Online PPG Prajabatan Bersubsidi 2018/2019"

  1. Apakah pendaftaran untuk PPG bersubsidi 2018/2019 sudah ditutup min ? ��

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk 2018/2019 Belum dibuka Silahkan terus update infromasinya akan kami berikan kabar jika sudah dibuka.

      Hapus
    2. kami informasikan ppg tahun 2018 sudah dibuka untuk mendaftar silahkan kunjungi situs http://ppg.ristekdikti.go.id/daftar/

      Hapus
  2. PPG BERSUBSIDI AKAN DIBUKA TANGGAL 5 MARET 2018

    BalasHapus
    Balasan
    1. Benar Sekali Mas Baim Infonya dan pendaftaran akan berakhir pada 17 April, semoga bisa lulus seleksi bagi yang ikut PPG tahun ini

      Hapus
    2. kalau saya ada masalah dimana katanya tanggal lahir tidak cocok, dimana bsa perbaiki ny ya? mohon infonya
      trims

      Hapus
    3. Apakah sudah memenuhi persyaratan seperti yang terlampir

      Persyaratan Calon Peserta :
      1. Lulusan S1/D4 dari perguruan tinggi terakreditasi
      2. Berusia setinggi-tingginya 28 tahun dihitung sampai dengan tanggal 31 Desember tahun pendaftaran
      3. Program studi S1/D4 linier dengan bidang studi pada program PPG (Daftar Linieritas Terlampir)
      4. Calon mahasiswa terdaftar pada Pangkalan Data Pendidikan Tinggi (PDDIKTI)
      5. Bebas Napza, yang dibuktikan dengan surat keterangan dari BNN atau yang berwenang
      6. Sehat jasmani yang dibuktikan dengan surat keterangan dari dokter rumah sakit pemerintah
      7. Sehat rohani yang dibuktikan dengan surat keterangan dari dokter rumah sakit pemerintah
      8. Berkelakuan baik yang dibuktikan dengan surat keterangan dari kepolisian; dan
      9. Belum menikah dan bersedia tidak menikah selama mengikuti program PPG, yang dibuktikan dengan surat pernyataan bermaterai Rp 6.000,00 dan disyahkan oleh Lurah/Kepala Desa.

      Jika sudah memenuhi persyaratan berarti sistem yang sedang gangguan, dicoba dilain waktu jika tidak bisa dapat menayakan masalah tersebut melalui email resmi PPG Ristek Dikti: dit.pembelajaran@ristekdikti.go.id

      Hapus
    4. Sama kya gw nih kasusnya .. syarat udah oke semua min ,, cma yah itu tgl lahir gw salah katanya .. gw udh cba email sih tpi blum d bls2 jga

      Hapus
    5. Silahkan dicek apakah memenuhi persyaratan minimal usia sampai batas maksimal usia

      Hapus
    6. masalah yang sma, katanya tnggl lahir tidak cocok,, gimna itu min?

      Hapus
    7. Berusia setinggi-tingginya untuk ppg prajabatan 28 tahun dihitung sampai dengan tanggal 31 Desember tahun pendaftaran. Apakah sudah memenuhi persyaratan tersebut jika sudah kemungkinan yang error adalah situs pendaftaran, solusinya cobalah dilain waktu pada jam tidak sibuk

      Hapus
  3. Ppg bersubsidi 2018, untuk prodi ipa, apakah di dlm nya yg di mgsd juga adalah prodi pendidikan fisika, pendidikan biologi dan pendidikan kimia?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tidak Jika tertera IPA berarti yang dimaksud adalah IPA saja, jika ada pendidikan Fisika atau lainnya akan tertulis jelas satu persatu bukan gabungan IPA. Artinya tahun ini hanya untuk PPG IPA saja, bisa berarti untuk SD, dan yang ada mapel IPA.

      Hapus
    2. Apakah benar pendaftaran ppg diperpanjang hingga tanggal 6 mei 2018?

      Hapus
    3. Ya benar pendaftaran dan finalisasi sampai tanggal 6 Mei, bisa dicek di http://ppg.ristekdikti.go.id/daftar/index.php/pendaftaran/formulir/index

      Hapus
  4. Program ppg ini khusus untuk lulusan fkip atau umum jg bisa ikut?
    Lalu untuk lulusan ppg ada ikatan dinas gak ?
    Terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tidak hanya FKIP saja tetapi semua program studi yang berkaitan dengan Pendidikan dan Keguruan

      Hapus
    2. Diluar dari lulusan keguruan dan pendidikan tidak bisa ikut PPG Ristek Dikti ini

      Hapus
  5. Kapan diurus bebas napza, keterangan sehat jasmani, sehat rohani, berkelakuan baik, dan pernyataan bersedia tidak menikah,,, apakah di upload saat mendaftar atau bisa menyusul,,,???

    BalasHapus
    Balasan
    1. Cobalah untuk mendaftar terlebih dahulu, ke situs resmi PPG RistekDikti.

      Hapus
  6. Ipk hrs minimal 3 ya? Sedangkan di SK tidak tertulis minimal ipk? Jika akreditas jurusan A namun ipk kurang dari 3 bagaimana?

    BalasHapus
  7. Apabila informasi kami berbeda dengan SK resmi PPG Ristekdikti maka yang digunakan informasi terdapat di SK Resmi PPG Ristekdikti, untuk IPK kurang dari 3 tetap bisa mendaftar, dengan catatan memenuhi semua persyaratan ppg

    BalasHapus
  8. Mohon maaf ijin bertanya, apakah file yang diupload saat mendaftr itu hnya 3? Foto, SKL dan transkrip??
    .nah untuk berkas yang lain sperti sehat jsmani rohami dll, diupload saat apa y?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sesuai yang ada di website resmi, untuk berkas yang lain jika tidak ada instruksi untuk upload disimpan dan bawa kemungkinan pada saat proses lanjutan dibutuhkan

      Hapus
  9. Mohon maaf ijin bertnya, wktu mndftr saat ini hnya mengupload 3 file yaitu foto, SKL dan transkrip kah? Lalu berkas yang lain sperti sehat jasmni rohani dll diupload saat apaa?

    BalasHapus
  10. Saat melakukan pendaftaran online langkah 1, ketika save data, halaman web ke close, saat coba daftar lagi dan save lagi, muncul tulisan 'tunggu, sedang diproses'. Tapi setelah ditunggu beberapa lama, masih belum selesai juga. Bagaimana cara mengatasinya ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Silahkan bersihkan history broswer anda, kemudian lakukan lagi namun apabila masih tidak bisa cobalah mendaftar pada waktu jam tidak sibuk seperti malam hari, biasanya error seperti itu terjadi karena lalu lintas situs sedang padat.

      Hapus
    2. Sudah Saya coba, tapi masih belum bisa juga.
      Saya juga sudah coba mengirim pesan ke Ristek Dikti: dit.pembelajaran@ristekdikti.go.id tapi belum ada balasan.
      Semoga segera ada solusinya. ��

      Hapus
    3. Tim kami mencoba mendaftar hasilnya bisa, dicoba lagi pastikan jaringan yang digunakan stabil ya, kalau tetap tidak bisa coba kordinasi ke PTN yang ada di wilayah anda khususnya yang menyelenggarakan PPG.

      Hapus
  11. Balasan
    1. Sama2 Rida, Hal seperti itu biasa terjadi apalagi menjelang akhir pendaftaran, rajin2 coba kalau masih belum bisa.

      Hapus
  12. Pengumuman Seleksi PPG Prajabatan Bersubsidi 2018 lihat dimana..?

    BalasHapus
    Balasan
    1. bisa dicek melalui situs http://belmawa.ristekdikti.go.id dan http://ppg.ristekdikti.go.id/

      Hapus
  13. Ada isu katanya dikti juga menanggung biaya hidup dan akomodasi selain memperoleh bantuan 7,5 jt/smt/org. Apakah benar min ?
    Penentuan penempatannya atas dasar apa min ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Isu tersebut tidak benar, untuk PPG Bersubsidi hanya 7,5/smt/org, sedangkan untuk tanggungan biaya hidup dan akomodasi khusus mereka yang mengikuti ppg ristekdikti dari program beasiswa tertentu dilaur dari itu tidak ada subsidi tambahan untuk PPG.

      Hapus