Keuntungan Ikut PPG Prajabatan Beasiswa 2023/2024

Info Penting CPNS

ppg.kemdikbud.go.id - Keuntungan Ikut PPG Prajabatan Beasiswa 2023/2024 - Perubahan besar terjadi pada sistem rekrutmen pegawai pemerintah, ada yang melalui jalur umum seperti seleksi CPNS, Honorer untuk PPPK dan yang terbaru jalur PPG Prajabatan, saat ini pemerintah membuka pendaftaran PPG untuk lulusan sarjana pendidikan yang belum pernah mengajar.

Biasanya dibuktikan dengan belum terdata di sistem dapodik, namun jika sudah ada tetapi operator sekolah bisa mengikuti PPG Prajabatan, keunggulan PPG Prajabatan terbaru ini menggunakan sistem tes setara dengan SKB CPNS, siapapun yang dinyatakan lulus maka akan langsung menjalani program PPG Prajabatan selama satu tahun dengan sistem pembiayaan Beasiswa dari pemerintah atau gratis.



Mengapa pemerintah membuka pendaftaran PPG Prajabatan, tujuannya adalah untuk memanggil kembali lulusan sarjana yang ingin menjadi guru, berdasarkan data sebagian besar lulusan sarjana pendidikan yang belum menjadi guru bekerja bidang lain, perusahaan swasta, maupun BUMN, tujuannya diadakan PPG Prajabatan bagi yang berminat kembali jadi guru bisa mengikuti program ini.

Namun tidak mudah untuk meninggalkan pekerjaan lama, terutama bagi yang sudah memiliki banyak tanggungan dan cicilan masih cukup berat meninggalkan pekerjaan lama, rata-rata lulusan Sarjana Laki-Laki yang belum mengajar biasanya bekerja sektor lain. Untuk itu diharapkan dengan adanya program ini bisa kembali menjadi guru.

Bagi yang lulusan baru, ini merupakan kesempatan besar karena PPG Prajabatan merupakan salah satu pendidikan profesi yang diatur dan dilindungi undang-undang, siapa saja yang sudah menyelesaikan pendidikan profesi guru akan mendapatkan tunjangan profesi dan pekerjaan sesuai dengan yang diatur dalam undang-undang.
 
Awalnya admin tidak tertarik, karena sudah nyaman bekerja sebagai seorang IT dengan gaji yang lumayan meski bukan pekerjaan tetap tetapi bisa menghidupi keluarga, namun setelah banyak membaca, peluang diangkat menjadi seorang CPNS bagi yang memiliki sertifikat pendidikan sangat besar jadi admin memutuskan untuk mencoba ikut seleksi.
 
Apalagi usia saat ini sudah kepala 3, sangat sayang untuk melewati kesempatan seperti ini, batas maksimal PPG Prajabatan adalah 32 tahun, beruntung sekali bagi lulusan sarjana pendidikan sekarang karena lulus kuliah bisa langsung ikut pendiidkan profesi guru dan setelah selesai satu tahun langsung otomatis PPPK kontrak 2 tahun.
 
Tujuan utama PPG Prajabatan ini untuk mengatasi kekurangan guru karena akan ada puluhan ribu guru pensiun setiap tahunnya, dengan program PPG Prajabatan diharapkan dapat mencari guru yang berkualitas sesuai dengan kriteria pemerintah, untuk lebih jelas admin akan memberikan rincian persyaratan pendaftaran PPG Prajabatan seperti berikut :

Persyaratan PPG Prajabatan
  1. Pendidikan terakhir sarajana sesuai dengan Program Studi yang dibuka pada PPG Prajabatan, tidak hanya sarajana pendidikan tetapi jurusan umum seperti sosiologi dan geografi bisa ikut.
  2. Khusus untuk Sarjana Pendidikan Berbasis Keagamaan program PPG Prajabatan akan dibuka oleh Kemenag.
  3. Berusia maksimal 32 Tahun
  4. Sudah selesai sarjana dibuktikan dengan ijasah dan transkrip nilai dan bagi yang baru ujian hasil skripsi dan sudah lulus namun tinggal menunggu ijasah dan transkrip nilai bisa ikut PPG Prajabatan
  5. Tidak terdaftar di sistem dapodik sebagai guru, jika operator boleh.

Program Studi PPG Yang Dibuka

Setiap tahun pendaftaran PPG Prajabatan dibuka hampir semua jurusan bagi yang berminat mengikuti PPG Prajabatan silahkan cek terlebih dahulu apakah gelombang pendaftaran saat ini ada program studi yang sesuai seperti berikut :
  1. Bahasa Indonesia 
  2. Bahasa Inggris 
  3. Biologi 
  4. Bimbingan & Konseling (BK) 
  5. Ekonomi 
  6. Fisika 
  7. Geografi 
  8. Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) 
  9. Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) 
  10. Kimia 
  11. Matematika 
  12. Guru Kelas SD
  13. Pendidikan Jasmani dan Kesehatan 
  14. Pendidikan Luar Biasa
  15. Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PKn) 
  16. Sejarah 
  17. Seni Budaya
  18. Sosiologi 

Keuntungan Mengikuti PPG Prajabatan

Animo lulusan sarjana dalam mengikuti PPG sangat rendah, jika peserta yang ikut dikit artinya peluang untuk lulus semakin basar, karena masih banyak belum tahu keuntungan memiliki PPG Prajabatan, bagi yang belum mengetahui berikut keunggulan mengikuti PPG Prajabatan bagi calon guru :

  1. Langsung mendapatkan penempatan PPPK Kontrak 2 Tahun
  2. Setelah kontrak habis boleh pindah
  3. Jika menetap di lokasi penempatan maka dipastikan akan diangkat menjadi PNS sampai batas kontrak 5 tahun keatas.
  4. Tidak ada larangan mengikuti tes CPNS
  5. Jika sudah memiliki sertifikat pendidik maka cukup mencapai nilai minimal passing grade tes CPNS dan tidak perlu ikut tes SKB akan otomatis lulus CPNS. (Intinya lebih mudah lulus CPNS)
  6. Mendapatkan gaji PPPK setara dengan pangkat gaji pegawai 3A 
  7. Mendapatkan tunjangan sertifikasi guru 3 bulan 9 Juta.
  8. Setelah masa kontrak selesai jika mendapatkan tempat mengajar jauh dari rumah bisa pindah.

 

Pengisian Form Biodata PPG Prajabatan

Kesempatan tidak akan datang dua kali untuk proses pendaftaran silahkan untuk mendaftar secara online melalui situs resmi https://ppg-prajab.simpkb.id/  atau https://ppg.kemdikbud.go.id klik menu daftar. Untuk tahapan pendaftaran seperti berikut :

  1. Informasi Umum 
  2. Biodata Kemahasiswaan 
  3. Bidang PPG 
  4. Pengalaman Mengikuti Pelatihan 
  5. Pengalaman Berorganisasi 
  6. Pengalaman Menjadi Sukarelawan 
  7. Pengalaman Melatih/Mengembangkan Orang Lain 
  8. Hobi 
  9. Nomor Kontak Darurat 
  10. Dokumen Penting 

Jangan lupa apabila sudah selesai akan muncul ceklist hijau Kirim dan lanjut untuk mengisi essy. 

 

Essai PPG Prajabatan

Isi semua data yang berkaitan dengan keguruan dan ilmu pendidikan selain dari hal tersebut tidak perlu diisi karena yang ditanya berkaitan dengan pengalaman mengajar atau mendidik.

  1. Apa yang memotivasi anda menjadi Guru ? 
  2. Ceritakan pengalaman tetika anda mempelajari hal baru untuk meningkatkan performa ? 
  3. Terkadang kita diminta untuk melakukan sesuatu yang menurut kita tidak sesuai dengan nilai, etika, pedoman kerja, atau aturan yang berlaku ?. 
  4. Ceritakan secara spesifik pengalaman anda saat bekerjasama dengan orang lain yang memiliki beragam perbedaan, seperti budaya, cara pandang, latar belakang, pendidikan, cara berfikir, dll ?. 
  5. Ceritakan salah satu pengalaman anda saat mengembangkan kemampuan dari orang lain ? 
  6. Ceritakan salah satu keputusan penting dalam suatu kegiatan baik di pekerjaan/organisasi/komunias/perkuliahan yang pernah anda ambil. 
  7. Certiakan secara spesifik saat anda diharapkan dengan beberapa tugas dalam waktu yang bersamaan.

Setiap essy harus diisi dengan panjang 150 kata sampai 500 kata dengan masing-masing sub essai 3. Berdasarkan PPG Kemdikbud berikut rincian isian essai yang dapat digunakan sebagai referensi :

Apa Motivasi Kamu ingin Menjadi Seorang Guru ? berikut beberapa motivasi menjadi guru.

  • Guru adalah profesi mulia
  • Dapat berbagi ilmu
  • Ladang amal
  • Senang Mengajar
  • Sangat mencintai anak-anak
  • Terinspirasi oleh guru lain
  • Ingin mencerdaskan kehiduan bangsa
  • Ingin menjadi pribadi yang bermanfaat
  • Ingin membantu orang lain menemukan cita-citanya
Setelah semua ceklist hijau pastikan untuk mengirim berkas kemudian tinggal tunggu jadwal pembayaran, setelah itu tinggal bayar.
 
Pembayaran PPG Prajabatan
  1. Biaya pendaftaran 200 rb
  2. Salin kode bayar
  3. Bayar melalui bank Himbaran
  4. Pilih menu pembayaran telkom
  5. Masukan kode pembayaran
  6. Bayar

Setelah selesai membayar, langkah selanjutnya upload bukti pembayaran ke akun SIMPKB, kalau sudah tunggu proses cetak kartu, setelah itu donwload kartu dan ikuti tes sesuai dengan pilihan LPTK  dengan mengikuti tata tertib tes sesuai jadwal yang sudah ditetapkan, pastikan sudah sampai lokasi tes 1 jam sebelum tes dilaksankaan.

Nantinya setelah sampai di lokasi tes, peserta akan mengikuti pemeriksaan suhu badan, menunggu sampai semua jadwal tes, setelah itu menuju ruangan tes dan diabsen satu persatu, nantinya akan mendapatkan kode untuk login saat tes. Masuk tempat tes tertib sesuai dengan arahan pantia.

Setelah semua selesai tinggal tunggu pengumuman akhir yang akan dilaksanakan secara online melalui akun SIMPKB masing-masing. Apabila dinyatakan lulus dapat mengikuti tes wawancara sesuai jadwal yang muncul di akun SIMPKB. Jika dinyatakan lulus bisa mengkompirmasi kesedian penempatan LPTK.

 

Berkas Yang Harus dilengkapi Saat Lapor Diri

Setelah selesai mengikuti lapor diri sesuai LPTK masing-masing adapun syarat lapor diri yang harus dilengkapi sebagai berikut :

  1. Sudah booster dibuktikan dengan melampirkan bukti vaksin booster
  2. SKCK dari Polsek setempat
  3. Surat keterangan bebas narkoba
  4. Surat keterangan sehat dari rumah sakit 
  5. Beberapa persyaratan lain yang sudah ada.

Setelah selesai tinggal masuk orientasi mahasiswa PPG Prajabatan, kemudian selesai, demikian informasi yang bisa admin berikan semoga bermanfaat, jangan lupa untuk terus update pembaruan informasi PPG Prajabatan lainnya. Jadi sudah tau kan alasan kita harus ikut PPG Prajabatan.