Pengumuman Hasil Asemen Nasional (AN) SMP/MTS 2021-2022


Pengumuman Hasil Asemen Nasional (AN)  SMP/MTS 2021-2022 - Pengumuman Hasil Asesmen Nasional akan dilaksanakan sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan oleh panitia seleksi dari pusat, namun tahun ini menjadi tahun spesial yang bisa kita pantau dari pelaksanaan AN secara langsung dan akan segera diterapkan sebagai pengganti yang lebih mendidikan dibandingkan dengan cara sebelumnya.

Pelaksanaan AN sesuai dengan proses pendidikan itu sendiri, dengan berbagai alasan dan pertimbangan akhirnya AN tetap diperhankan namun yang menjadi perhatian sistem ini belum teruji karena baru diterapkan  sendiri, hasil Asemesmen Nasional akan lebih mencerminkan mutu pendidikan di Indonesia karena mempertimbangkan tidak hanya hasil belajar siswa tetapi juga aspek lainnya.


 

Siswa/i Indonesia patut bersyukur dengan sistem baru ini karena kita tidak perlu lagi pusing dengan mempersiapkan ujian berskala nasional, perbedaan dengan tes sebelumnya terletak pada bentuk tes seperti AKM dan survei karakter dan lingkungan sekolah, semoga kedepan pendidikan di Indonesia semakin berkembang dan maju sesuai dengan realitas di lapangan bukan sekedar hasil angka saja.

Pada dasarnya AN SMP/MTS tidak memiliki banyak perbedaan dari tes AN jenjang pendidikan diatasnya, dari segi waktu pelaksanan juga sama, paling hanya pada level AKM saja, apabila murid, guru dan kepala sekolah sudah mengikuti tes ini tentu yang menjadi pertanyaan bagaimana cara untuk mengecek hasil AN ini, apakah akan dilaksanakan secara langsung atau melalui proses lain.

Pada kesepatan kali ini admin akan membahas bagaimana cara untuk mengecek hasil pengumuman AN jika sekolah sudah melaksanakannya, untuk lebih jelas simak selengkapnya dibawah ini ada beberapa kemungkinan yang akan dilakukan oleh pemerintah pusat dalam memberikan laporan hasil kepada sekolah seperti :


1. Pengumuman Hasil Asemsen Nasional Langsung

Bisa jadi untuk memastikan asesmen nasional terbuka setiap sekolah yang sudah mengikuti asesmen nasional akan mendapatkan laporan hasil secara langsung setelah tes selesai, ada kemungkinan seperti itu kita bisa mendapatkan hasil asesmen nasional setelah semua proses tes selesai pada waktu yang sama. Tidak akan menutup kemungkinan.


2. Pengumuman Hasil Asesmen Nasional Melalui Dinas Pendidikan.

Setelah pemrintah pusat mendapatkan hasil AN nantinya data tersebut akan di cek kembali baru kemudian di distribusikan kepada dinas pendidikan provinsi dan akan kembali di informasikan melalui dinas pendidikan setepat. Sekolah dapat mengambil hasil Asesmen Nasional melalui Dinas pendidikan setempat sesuai jadwal yang sudah ditentukan.


3. Pengumuman Hasil Asesmen Nasional Online

Pemerintah pusat telah mempersiapkan website khusus untuk menerbikan hasil asesmen nasional dimana yang memiliki peran tersebut adalah pemerintah pusat melalui kementerian pendidikan setiap sekolah dapat mengakses data hasil AN melalui website kementerian pendidikan https://pusmenjar.kemdikbud.go.id/.



Itulah beberapa hal terkait dengan Pengumuman AN semoga apa yang telah kami berikan dapat membantu anda dalam proses cek pengumuman AN sesuai dengan ketentuan yang ada, berdasarkan hal tersebut situs kami akan terus memberikan update terbaru apabila ada info mengenai Pengumuman AN, alternatif terakhir adalah menunggu dari sekolah. Demikianlah informasi yang bisa kami berikan semoga bisa bermanfaat.