Pengumuman Hasil Asesmen Nasional SMA/MA 2021-2022

Pengumuman Hasil Asesmen Nasional SMA/MA 2021-2022 - Pada kesempatan kali ini kita akan membahas mengenai Pengumuman Asesmen Nasional ini yang berbeda, pelaksanaan khusus tes Asesmen Nasinoal yang akan menjadi bahan menggali informasi tentang kuatilis pemerataan pendidikan.

Proses tes Asesmen Nasional sangat berbeda dimana pemerintah tidak lagi mengukur kemampuan siswa berdasarkan hasil dan bersifat menghakimi, asesmen nasional berfokus pada penilaian proses pembelajaran dengan mekanisme berbasis AKM, Survei Sosial dan survei lingkungan belajar, ketika bentuk tes akan mengukur secara keseluruhan mutu pendidikan.





Tidak ada keharusan dan kewajiban untuk mencapai nilai tertentu karena ini berbasis survei dan mengukur kemampuan siswa berdasarkan AKM, ketentuan AKM berdasarkan nilai level yang disesuaikan dengan jenjang pendidikan. Pada kesempatan kali ini admin akan membahas mengenai cara cek pengumuman Asesmen Nasional.

Khusus pendidikan Sekolah Menengah Atas sederajat, sistem AN akan dibedakan berasarkan AKM dan waktu pengerjaan, dan dilaksanakan beberapa hari sama seperti ujian biasa, hanya saja persiapan lain tentu mengenalkan tes AN kepada murid, guru dan kepala sekolah tentunya harus benar-benar mengikuti sosialisasi agar pada saat pelaksanaan tes bisa berlajan dengan lancar.

Setelah mengikuti tes nantinya akan muncul untuk melihat hasil dari tes AN apakah diumumkan secara langsung atau melalui pengumuman pemetaan untuk itu kami akan membahas secara rinci dibawah ini untuk lebih jelas simak selengkapnya dibawah ini :


Pengumuman Tes AKM

Seperti kita ketahui AKM berisi tentang tes numerasi dan literasi kedua tes ini bukan hal asing bagi dunia pendidikan dimana menjadi dasar sebagai alat ukur menggali informasi kemampuan siswa untuk proses pengumuman AKM akan diumumkan pusat dan disampaikan melalui dinas provinsi, baru kemudian dinas kota/kabupaten, dalam waktu yang sudah ditentukan sekolah menerima hasil sebagai bahan pertimbangan untuk memperbaiki kemampuan siswa disekolah atau bisa juga dari situs resmi kementerian https://pusmenjar.kemdikbud.go.id/. 

 
Pengumuman Survei Karakter

Terdapat 6 jenis karakter mengacu pada nilai pancasila dan kebenikaan serta beberapa aspek penting lainnya seperti mandiri dan kretif, ini sangat penting bagi masa depan siswa/i dimana selama ini belum pernah digali, tes ini berbasis survei. Pengumuman hasil tes Survei Karakter dilaksanakan setelah survei dilakukan, akan disampaikan oleh pemerintah pusat kesekolah-sekolah untuk hasil dapat dicek melalui situs resmi https://pusmenjar.kemdikbud.go.id/.
 
 
Pengumuman Survei Lingkungan Belajar.

Menariknay dari survei ini tidak hanya melibatkan murid sebagai hasil survei tetapi guru dan kepala sekolah juga mengikuti surevi ini, untuk pengumuman dari survei hasil lingkungan belajar akan diumukan oleh pemerintah pusat langsung setelah survei, mekanisme pengumuman bisa didapat dari dinas pendidikan kota/kabupaten setempat atau melalui website resmi https://pusmenjar.kemdikbud.go.id/.


Dari beberapa informasi yang telah dijelaskan diatas maka dapat disimpulkan pengumuman AN dilaksanakan setelah tes selesai kemudian hasil dari pengumuman akan menjadi bahan pertimbangan untuk meneninngkatkan mutu pendidikan kedepan dimana hampir semua aksek penting yang selama ini belum terukur akan terukur.
 
Demikianlah informasi yang bisa kami berikan semoga bisa membantu anda dalam proses pengumuman apabila kalian masih bingung untuk mengakses informasi tidak usah kwatir cukup ikuti pengumuman yang akan dilaksanakan sekolah melalui hal tersebut kalian bisa ikuti ketentun pendaftaran sesuai yang tertera pada sekolah atau melalui situs resmi sekolah.