Pendaftaran Beasiswa Kip Kuliah Siswa/i 2024/2025


Pendaftaran Beasiswa Kip Kuliah Siswa/i 2024/2025 - Kip Kuliah merupakan salah satu beasiswa yang diberikan pemerintah untuk calon mahasiswa kurang mampu dari Kementerian Pendidikan, bantuan Biaya ini berupa beasiswa tidak hanya biaya kuliah saja tetapi beberapa biaya seperti biaya Hidup 100 persen yang dapat dipergunakan untuk keperluan pendidikan selama kuliah, Beasiswa ini disesuaikan dengan jenjang pendidikan terutama fokus pada jenjang Strata 1 dan Diploma.

Beasiswa Pendidikan Kip Kuliah ini sudah banyak sekali menghantarkan Mahasiswa yang ada di Indonesia terutama berasal dari keluarga kurang mampu mendapatkan gelar pendidikan tinggi, memang siapa saja tentu tidak akan menolak mendapatkan beasiswa terutama beasiswa Kip kuliah tetapi pemerintah melalui Kementerian Pendidikan memberikan persyaratan ketat untuk seleksi ini.
 
 


Tujuan dari pemerintah memberikan beasiswa ini adalah untuk yang kurang mampu, tetapi sayangnya masih banyak kasus mereka yang tidak berhak mendapatkan beasiswa ini malah mendapatkan Beasiswa, seperti kita ketahui ada beberapa kasus mereka yang mendapatkan beasiswa Kip Kuliah bukan yang berhak, bahkan tergolong memiliki ekonomi menengah.

Biasanya siswa melakukan serangkain manipulasi data untuk bisa lulus, namun kecurang seperti ini tidak akan berdapampak baik bagi masa depan, yang dilakukan oknum siswa untuk mendapatkan beasiswa Kip Kuliah, melalui informasi ini kita akan membahas secara rinci mengenai Pendaftaran Beasiswa Kip Kuliah Login Siswa dimana sebelumnya sudah memberikan Cara Pendaftaran KIP Kuliah Login Sekolah.

Untuk lebih jelas disini admin akan memberikan informasi terkait dengan Pendaftaran Kip Kuliah oleh siswa, setelah mendapatkan login siswa dapat mengecek informasi dan mengisi biotada pendaftaran melalui situs resmi rangkaian pendaftaran yang dimaksud meliputi informasi seperti dibawah ini sesuai dengan yang telah dikutip dari situs resmi Beasiswa Kip Kuliah.

Bagi siswa yang sudah atau ingin melakukan proses pendaftaran disini admin akan memberikan informasi mengenai Beaisiswa Kip Kuliah Login Siswa pendaftaran dilaksanakan melalui situs resmi https://kip-kuliah.kemdikbud.go.id/ untuk lebih jelas simak selengkapnya dibawah ini :


Jalur Pribadi Pemegang Kartu KIP
  1. Peserta Beasiswa ini merupakan pemegang kartu KIP sekolah, atau kartu Bansos lainnya.
  2. Melakukan pendaftaran secara online melalui https://kip-kuliah.kemdikbud.go.id/.
  3. Program Kip Kuliah merupakan salah satu program unggulan dan berkelanjutan dari pemerintah untuk penerima bantuan KIP, Kartu Bansos atau kartu bantuan lainnya.


Dashboard
  1. Sesaat setelah melakukan pendaftaran siswa akan akan tampil semua informasi yang harus seperti Menu Pendaftaran Siswa, 
  2. Langkah Pengisian Berkas, 
  3. Sdapun beberapa langkah yang harus dilakukan melalui situs resmi ini seperti Biodata, 
  4. Kondisi Ekonomi, 
  5. Data Keluarga, 
  6. Data Perstasi, 
  7. Kondisi Rumah, 
  8. Aset Keluarga, 
  9. Rencana Hidup, 
  10. Jalur Seleksi 
  11. Isi semua form yang ada secara lengkap sesuai dengan identitas.


Perlengkapan Data "Biodata".
  1. Siswa akan diminat untuk mengisi NISN, 
  2. Nama Siswa, 
  3. Jenis Kelamin, 
  4. Agama, 
  5. Tempat Lahir, 
  6. Tanggal Lahir,
  7.  Alamt, 
  8. Email, 
  9. Kode Post, 
  10. No Telpon, 
  11. No HP, 
  12. Jika semua berkas telah terisi jangan lupa untuk Simpan data, 
  13. Setelah itu siswa diminta untuk mengunggah foto


Kondisi Ekonomi.

  1. Kondisi ekonomi merupakan data yang harus diisi berdasarkan data Pekerjaan Ayah/Wal, Penghasilan Orang Tua berisi penghasilan kotor orang tua  yang dapat disi melalui kolom tersebut, 
  2. Selanjutnya mengisi Bantuan Pemerintah (Jika Ada) untuk yang tidak ada silahkan kosongkan saja, 
  3. lanjut mengisi pekerjaan Ibu, dan Penghasilan Ibu.
  4. Total hutang kepada pihak lain bagi keluarga yang memiliki sangkutan, termasuk cicilan hutang dibayar per bulan, serta data tabungan keluarga yang dimiliki, 


Data Keluarga.
  1. Peserta diharuskan mengisi biodata keluarga meliputi Nama Ayah, 
  2. Status Ayah, 
  3. Hubungan Wali bagi peserta yang sudah tidak memiliki orang tua atau tinggal dirumah saudara atau wakil, 
  4. pendidikan ayah, 
  5. kerja ayah, 
  6. detail ayah, 
  7. nama ibu, 
  8. status ibu, 
  9. pendidikan ibu, 
  10. kerja Ibu untuk ibu yang turut suami silahkan diisi sesuai dengan keadaan sesungguhnya, 
  11. Jumlah Tanggungan, 
  12. No telpon Ortu, 
  13. setelah selesai jangan luap untuk menyimpan data. Jangan lupa untuk upload foto keluarga dengan ukuran tidak boleh melebihi ketentuan ukuran maksimal.


Prestasi.
  1. Untuk pengisian data ini digunakan untuk peserta yang pernah mendapatkan prestasi baik akademik maupun non akademik selama sekolah pada panel data prestasi klik tambahkan, 
  2. Seperti menggungah sertifikat bukti dan upload file seperti biasa besar scan foto sertifikat tidak boleh melebihi ukuran 
  3. Setelah data terisi dengan benar jangan lupa untuk simpan data peserta dapat melanjutkan proses berikutnya.


Rumah.
  1. Setelah pengisian data prestasi maka akan masuk ke pengisian data rumah disana ada beberapa berkas yang harus diisi berupa kepemilikan rumah, 
  2. Tahun perolehan pendirian dan kepemilikan tanah, sumber listrik sesuai dengan listrik yang dimiliki, 
  3. Daya listrik dan luas tanah sesuai NJOP/Meter serta luas bangunan, 
  4. Nahan atap, Bahan Lantai, bahan tembik, Mandi Cuci Kakus, Sumber Air Utama, jarak dari pusat kota, jumlah orang tinggi dirumah. 
  5. setelah selesai harus disimpan. Jangan lupa untuk upload gambar foto rumah tampak depan, ruang foto keluarga setelah itu klik simpan. 
  6. File foto tidak boleh melebihi ukuran


Aset.
  1. Apabila keluarga maupun peserta memiliki aset atau simpanan dapat menggunakan panel ini untuk
  2. cara tambahkan aset pada halaman form aset terdapat Nama Barang/Aset, Merk/Tipe, Jenis Barang, Tahun Perolehan aset, Metode Perolehan, Kondisi Barang/Aset, Serta Harga bara berdasarkan estimasi nilai barang saat ini 
  3. setelah itu klik simpan, bagi yang tidak memiliki aset dapat mengkosongkan form ini.


Rencana Hidup/Tinggal.
  1. Terdapat beberapa data siswa saat pertama kali masuk ke menu ini kalian akan dihadapkan pada beberapa pengisian pendaftaran melalui Rencana Tinggal, 
  2. Dukungan Keluarga, 
  3. Transportasi Asal, 
  4. Transportasi Harian, 
  5. Biaya Transportasi, yang akan dipersiapkan pada saat kalian kuliah berupa rancangan rencana hidup dan tinggal saat kost bagi mereka yang tidak tinggal tempat yang sama.


Seleksi.
  1. Pada proses ini menu seleksi hanya bisa diakses apabila peserta sudah mengisi semua proses pendaftaran sebelumnya pada proses ini peserta harus mengisi seleksi meliputi beberapa data yang harus diisi dengan benar seperti Penghasilan Orang tua, dampak pemalsuan data ketentuan siswa mendaftar Perguruan Tinggi ceklis semua kolom dan klik proses selanjutnya dengan memahami semua syarat dan ketentuan pendaftaran.
  2. Selanjutnya mengikuti seleksi peserta harus mengakses dapatkan pada panel yang sama kemudian klik Dapatkan Pin dan Kap adapaun seleksi yang tersedia adalah 
  3. SNMPN, 
  4. SNBP, 
  5. SNBT, 
  6. Seleksi Mandiri PTN, 
  7. Seleksi Mandiri PTS, 
  8. SBMPN, 
  9. Pilih salah satu jalur masuk yang akan diikuti.
  10. Verifikasi melalui jalur masuk yang akan diikuti.


Cetak Bukti Pendaftaran.
  1. Bagi peserta yang sudah melakukan pendaftaran maka proses terkahir yang bisa dilakukan adalah mencetak bukti pendaftaran yang akan digunakan untuk proses selanjutnya hanya saja pendaftaran kkhusus Kip Kuliah saat sudah mencetak kartu peserta proses pendaftaran sudah selesai. 
  2. Dengan catatan siswa sudah memilih minimal satu jalur seleksi dengan 1 jurusan/ program studi pilihan.


Jangan lupa peserta yang telah menyelesaikan proses pendaftaran Beasiswa KIP Kuliah agar sekitaranya dapat mendaftar jalur masuk yang sudah dipilih kemudian pada kolom verifikasi peserta harus memasukan PIN dan Kap yang sudah didapat dari proses pendaftaran Beasiswa kip kuliah terutama oleh siswa, pendaftaran beasiswa ini bisa dilakukan dengan mandiri, selain itu juga melalui rekomendasi sekolah.

Semoga apa yang telah admin berikan dapat membantu anda dalam proses pendaftaran terutma ini merupakan salah satu mekanisme pendaftaran yang dapat dilakukan oleh siswa, baik secara perorangan maupun wakil sekolah, apabil terdapat beberapa informasi yang tidak jelas dapat mengecek melalui situs resmi Beasiswa kip kuliah Login Siswa.

Demikianlah informasi yang bisa admin berikan Pendaftaran beasiswa kip kuliah dapat disimpulkan sistem Pendaftaran Beasiswa Kip Kuliah dapat diikuti oleh beberapa jalur seleksi yang dipersiapkan melalui https://portal-snpmb.bppp.kemdikbud.go.id/, sampai dengen Seleksi Mandiri PTN dan PTS semoga bisa membantu anda dalam proses pendaftaran terima kasih selamat mencoba.