4 Jalur Pendaftaran Online UNSAM 2021/2022

Pendaftaran ONSAM, Daftar UNSAM, LTMPT UNSAM, Penerimaan UNSAM, Jalur Pendaftaran UNSM, Pendaftaran Online UNSAM, Registasi UNSAM, Penerimaan Mahasiswa baru UNSAM, Jalur Masuk UNSAM, Jalur Mandiri UNSAM, Pendaftaran Mandiri PTN, Pendaftaran Mandiri PTN UNSAM, Pendaftaran Online Jalur Masuk UNSAM, Kata Kunci.

UNSAM - 4 Jalur Pendaftaran Online UNSAM Universitas 2021/202 Samudra atau yang biasa disingkat Unsam merupakan salah satu perguruan tinggi negeri yang terletak di Aceh. Universitas ini berdiri sejak tahun 1985 dan kini telah memiliki 5 fakultas yang terdiri dari Fakultas Ekonomi, Fakultas teknik, Fakultas pertanian, Fakultas Kegruan dan Ilmu Pendidikan, dan Fakultas Hukum.

Universitas dengan 5 fakultas ini menawarkan 25 program studi (prodi) yang bisa dijadikan pilihan untuk melanjutkan pendidikan. Ada beberapa hal yang perlu dijadikan pertimbangan untuk memilih program studi. (1) Pilihlah prodi yang sesuai dengan cita-cita: terkadang setelah lulus SMA kita masih bingung akan kuliah di prodi apa, cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi kebingugan ini yaitu dengan konsultasi (ceritakan keingungan pada guru BK atau karib kerabat yang berpengalaman tentang perkuliahan) atau minta pandangan mereka "aku bercita-cita menjadi...., kira2 menurut kakak, prodi apa yang sejalan dengan cita-citaku itu ya kak?"

(2) Tinjau ulang: tidak cukup hanya masukan yang kita terima, untuk lebih meyakinkan bahwa kita "tidak salah pilih" bisa dilakukan dengan mencari informasi lengkap tentang prodi itu (seperti mata kuliah apa saja yang di pelajari di prodi tsb dan info lain yang berkaitan dengan prodi yang dipilih). Nah, jika kalian telah mantap dengan prodi pilihan masing-masing, selanjutnya bisa mendaftar Unsam melalui beberapa jalur berikut.

Cara Pendaftaran UNSAM




SNMPTN atau Seleksi Nasional Masuk Perguran Tinggi Negeri merupakan sebuah kesempatan masuk Unsam yang diberikan kepada siswa pintar (berprestasi akademik tinggi) disekolahnya melalui seleksi nasional administrasi.  Dalam seleksi ini, tidak ada ujian tertulis dan gratis biaya pendaftaran. Seleksi berkaitan dengan prestasi akademik yaitu penyaringan nilai rapor semester 1-5 untuk SMA/sederajat.dan juga portofolio akademik.

Kalian bisa lulus seleksi ini jika nilai rapor masuk perengkingan sesuai kuota prodi Usam dan portofolio akademik memenuhi persyaratan khusus yang diberikan oleh Unsam. Pendaftaran SNMPTN biasanya buka paling awal jika dibandingkan dengan seleksi lainnya. Untuk info selengkapnya tentang SNMPTN, kalian bisa membacanya di laman http://snmptn.ac.id/.
  • Buka situs Portal.Ltmpt.ac.id untuk membuat akun SNMPTN.
  • Isi data diri, validasi, dan finalisasi, akun sudah jadi.
  • Tunggu hasil pemeringkatan SNMPTN dari sekolah.
  • Jika lulus silahkan login ke Portal.Ltmpt.ac.id menggunakan akun yang sudah pernah dibuat sebelumbya.
  • Isi data dari, data keluarga, data penghasilan, data pendidikan, data prestasi, pemilihan PTN dan Jurusan, Lokasi Tes, Jenis tes dan lainnya, serta mengupload file persyaran dan bukti presestasi.
  • Data yang disebutkan tadi harus semua diisi dengan benar.
  • Finalisasi Data.
  • Cetak Bukti Kartu Peserta SNMPTN.
  • Cek Pengumuman melalui situs Pengumuman.Snmptn.ac.id



SBMPTN atau Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri merupakan sebuah kesempatan masuk Unsam yang diberikan kepada lulusan SMA/sederajat melalui seleksi nasional ujian tertulis. Ujian tertulis berupa butir2 soal pilihan ganda yang terdiri dari 3 kelompok soal (harus dikerjakan dengan tepat dan cepat). Kelulusan seleksi ini ditentukan dari perengkingan nilai hasil pengerjaan soal, bagi nilai yang lulus perengkingan sesuai kuota prodi akan bisa diterima di Unsam melalui seleksi ini.

Untuk bisa mengikuti seleksi ini kalian harus membayar biaya pendaftaran dan melakukan pendaftaran online. Bukanya SBMPTN biasanya setelah SNMPTN, nah bagi yang tidak lulus/ tidak berkesempatan mengikuti SNMPTN bisa mendaftar Unsam melalui jalur ini. Info selengkapnya tentang SBMPTN bisa dibaca melalui laman http://sbmptn.ac.id/
  • Secara ringkas pendaftaran SBMPTN dimulai dari pembuatan akun UTBK dan SBMPTN melalui portal.ltmpt.ac.id.
  • Bagi yang sudah ikut jalur sebelumnya tidak perlu banyak mengisi data lagi, tinggal validasi dan finalisasi, sementara bagi yang baru ikut diharuskan mengisi data diri secara lengkap sampi validasi dan finalisasi.
  • Setelah berhasil membuat akun, langkah selanjutnya adalah login ke Portal.LTMPT.ac.id kemudian pilih pendaftaran UTBK.
  • Proses pendaftaran UTBK dengan mengisi data diri, data orang tua, data pendidikan, data penghasilan orang tua, pemilihan PTN dan Prodi, serta Jenis tes yang akan diikuti.
  • Nantinya akan muncul kode pembayaran bawa ke bank BUMN dan bayar melalui teller.
  • Bukti pendaftaran yang sudah didapat disimpan.
  • Peserta dapat login untuk melengkapi pendaftaran dengan mengisi lokasi tes dan memilih sesi serta hari mengikuti UTBK.
  • Setelah terisi semua silahkan finalisasi data.
  • Cetak Kartu Peserta UTBK
  • Ikuti tes sesuai dengan jadwal yang tertera pada kartu peserta UTBK.
  • Nilai/hasil UTBK merupakan hasil akhir SBMPTN.
  • Pengumuman dilaksanakan melalui situs Pengumuman.SBMPTN.ac.id
  • Nilai UTBK dapat digunakan untuk mendaftar jalur PTN Mandiri tanpa tes tertulis lagi.
  • Jika merasa nilai UTBK sudah lumayan, tetapi tidak lulus SBMPTN disarankan gunakan nilai UTBK tersebut untuk daftar Jalur mandiri PTN.


#3 Jalur Mandiri UNSAM

Universitas Samudera atau yang dikenal sebagai UNSAM membuka pendaftaran seleksi jalur mandiri bagi para calon mahasiswa baru secara serentak bersama 15 perguruan tinggi negeri dan beberapa perguruan tinggi swasta ternama lainnya yang berada di wilayah Indonesia bagian barat dalam SMMPTN-Barat (Seleksi Mandiri PTN Indonesia Wilayah Barat).

Berikut merupakan langkah-langkah dan jadwal pendaftaran SMMPTN-Barat (Seleksi Mandiri PTN Indonesia Wilayah Barat) di Universitas Samudera (UNSAM). Bagi anda yang tertarik untuk mendaftar lewat jalur mandiri SMMPTN-Barat ini maka bisa memperhatikan prosedur yang akan dijelaskan secara lengkap di bawah ini.


A. Mengunjungi laman SMMPTN-Barat

Langkah pertama yang harus calon peserta lakukan ketika ingin mendaftar sebagai peserta ujian SMMPTN-Barat di Universitas Samudera (UNSAM) adalah
  • Mengunjungi laman resmi SMMPTN-Barat yaitu pada link berikut https://pendaftaran.smmptnbarat.id/index.php/daftar/login.
  • Ketika masuk pada laman tersebut, maka calon peserta dipersilahkan untuk melakukan login sehingga bisa melanjutkan pendaftaran. 
  • Yang diperlukan untuk login adalah ID Bayar dan PIN. 
  • Jika anda sudah memiliki ID Bayar dan PIN yang diperoleh dari pendaftaran tahap awal bisa langsung memasukkannya saja. 
  • Namun jika anda belum memilikinya, maka bisa melakukan pendaftaran terlebih dulu.

B. Mendaftar di laman SMMPTN-Barat

Jika anda belum memiliki ID Bayar dan PIN yang digunakan untuk login di laman sebelumnya, maka langkah awal yang harus anda lakukan adalah
  • dengan melakukan pendaftaran terlebih dulu yang bisa diakses pada laman https://pendaftaran.smmptnbarat.id/index.php/beranda
  • Pendaftaran dilakukan dengan mudah, hanya dengan mengisi data diri calon peserta pada form atau pada borang kosong yang disediakan. 
  • Setelah semua borang terisi dengan data diri anda, maka klik tombol daftar supaya anda bisa mendapatkan ID Bayar dan PIN yang bisa anda gunakan untuk menyelesaikan pembayaran di Bank.

C. Membayar biaya seleksi SMMPTN-Barat di Bank

Setelah melakukan pendaftaran di laman resmi SMMPTN-Barat, maka anda mendapatkan ID Bayar dan PIN.
  • Kemudian anda bisa langsung melakukan pembayaran biaya seleksi SMMPTN-Barat Universitas Samudera (UNSAM) sesuai dengan yang tertera pada laman akun anda. 
  • Anda bisa melakukan pemabayaran di beberapa bank yaitu Bank BTN, Bank BNI, atau Bank Mandiri. Nanti, pihak bank akan menerima pembayaran dari calon peserta sesuai dengan jumlah yang tertera kemudian akan melakukan penandaan pada ID Bayar anda bahwa ID Bayar tersebut telah selesai melakukan pembayaran sehingga bisa melanjutkan ke proses selanjutnya.

D. Menerima bukti pembayaran

Sebagai calon peserta ujian SMMPTN-Barat Universitas Samudera anda akan menerima bukti pembayaran setelah membayar lunas biaya seleksi tersebut. Yang mana bisa anda gunakan untuk melanjutkan pendaftaran tahap lanjut pada laman SMMPTN-Barat Universitas Samudera (UNSAM).


E. Lanjut login pada laman SMMPTN-Barat

Step kelima, setelah akun anda sudah ditandai atau diflagging karena sudah melakukan pembayaran maka anda bisa langsung
  • login pada laman resmi SMMPTN-Barat https://pendaftaran.smmptnbarat.id/index.php/daftar/login. Masukkan ID Bayar dan PIN kemudian klik tombol masuk supaya bisa login.

F. Proses pendaftaran lanjutan

Proses pendaftaran lanjutan ini bisa dilakukan dengan mengisi borang atau form yang kosong, kemudian jika diperlukan maka calon peserta bisa mengunggah berkas dan juga portofolio yang dibutuhkan sesuai syarat.
  • Untuk proses pendaftaran SMMPTN-Barat Universitas Samudera (UNSAM) sendiri dilaksanakan serentak. 
  • Setelah berhasil menyelesaikan pendaftaran lanjutan maka anda bisa menunggu informasi selanjutnya mengenai ujian dan pengumuman kelulusan.
  • Untuk informasi lebih lengkap bisa diakses pada laman resmi SMMPTN-Barat https://smmptnbarat.id atau dengan mengakses laman resmi Universitas Samudera (UNSAM) http://pmb.unsam.ac.id

Telah kita bahas cara mendaftar Unsam yang teridiri dari jalur SNMPTN, SBMPTN, Mandiri PTN, dan Bidikmisi. Selalu ada jalan untuk sebuah kemauan, jika kita benar-benar "mau" tidak akan ada yang bisa menghalangi. Keterbatasan bukanlah penghalang dan kegagalan hanyalah ujian. Satu seleksi tertutup, masih ada seleksi berikutnya, cepat bangkit untuk melihat peluang.

Fokus pada kesempatan yang masih terbuka, karena menyesal akan kegagalan kan menelan semua kesempatan. "Kesuksesan adalah proses penaklukkan diri sendiri", sejatinya orang yang sekses adalah merreka yang bisa mengenyampingkan pikiran negatif dalam diri dan memegang penuh kendali atas dirinya sendiri. Juga memaksimalkan potensi dan memanfaatkan waktu dengan sebaik-baiknya.

Lakukan dengan sadar setiap tahap yang dilalui, berikan energi terbaik baik dalam persiapan seleksi, proses seeksi maupun perkuliahan nanatinya. Jika kita telah terbiasa dengan perjuangan ekstra, proses apapun yang kita jalani akan terasa menyenangkan dan lebih nringan. Selamat berjuang! Berikan yang terbaik! Semoga sukses mengiringi!