Cara Pendaftaran Online SPMB UMBPT & TPBI 2017-2018

SPMB.or.id - Info Cara untuk Pendaftaran jalur SPMB, terdapat SPMB UMB PT, SPMB UMB PTS, SPMB Mandiri, dan SPMB TPBI tahun 2017-2018 simak lengkapnya dibawah ini Melalui informasi ini kita akan membahas mengenai beberapa tata cara pendaftaran khusus SPMB atau lebih dikenal dengan Seleksi Mandiri Nusantara, perbedaan jalur masuk ini dari jalur PTN atau PTS adalah apabila jalur khusus dari masing-masing perguruan tinggi hanya mengikut sertakan perguruan tinggi yang ada diruang lingkupnya.

Berbeda dengan SPMB dimana seleksi ini diikuti oleh 10 PTN dan 10 PTS yang terdaftar meski tidak semua perguruan tinggi tergabung dalam seleksi ini tetapi ini cukup menjadi pilihan untuk bisa masuk perguruan tinggi tujuan setidaknya memberikan peluang bagi yang ikut seleksi, memperluas kemungkinan seleksi.

Apalagi jalur masuk yang sudah dilaksanakan ternyata tidak menemukan hasil atau bisa dibilang gagal SPMB dapat menjadi salah satu alternatif pilihan anda. Untuk bisa melakukan pendaftaran setidaknya peserta harus mendaftar terlebih dahulu baru kemudian mengikuti tahapan lanjutan, nah biasanya seleksi SPMB dibagi beberapa tahap.

Seperti tahun sebelumnya menurut pengalam saya pelaksanaan pertama SPMB dilaksanakan pada saat setelah seleksi SBMPTN, hanya saja kalian harus mengetahui perguruan tinggi mana saja yang tergabung dalam seleksi SPMB ini, bagi yang belum mengetahui disini kami akan memberikan daftar pilihan Perguruan Tinggi yang tergabung dalam seleksi ini.


Penerimaan SPMB UMB PT
  1. Banda Aceh (UNSYIAH
  2. Lhokseumawe (UNIMAL
  3. Meulaboh (UTU
  4. Langsa (UNSAM
  5. Medan (USU) 
  6.  Padang (UNAND
  7. Padang (ISI Padang Panjang) 
  8. Tanjungpinang (UMRAH
  9. Jambi (UNJA
  10. Banten (UNTIRTA
  11. Sub PPL Tangerang Jakarta (UT) 
  12. Sub PPL UT Pondok Cabe Ciputat 
  13. Sub PPL Jakarta 
  14. Sub PPL Bengkulu 
  15. Sub PPL Pontianak 
  16. Palangka Raya (UNPAR
  17. Tarakan (UBT)

Penerimaan SPMB UMB PTS
  1. Universitas U’budiyah Indonesia
  2. Universitas Islam Sumatera Utara
  3. Universitas Malahayati
  4. Universitas Pancasila
  5. Universitas Trisakti 
  6. Universitas Bakrie 
  7. Universitas Gunadarma 
  8. Universitas Trilogi
  9. Universitas Sahid 
  10. Universitas Katolik Parahyangan
Penerimaan SPMB Jalur Ujian Mandir
  1.  UISU Medan

Terdapat jalur masuk yang bisa diikuti dalam beberapa pengelompokan dimana suda disinggung sedikit diatas penerimaan pendaftaran dari masing-masing jalur masuk terbagi sesuai dengan ketentuan penerimaan pada kesempatan kali ini kita akan membahas secara rinci tentang tata cara pendaftaran dan jalur pengelompokan penerimaan dikutip dari situs resmi SPMB.or.id. 


1. Penerimaan SPMB UMB PT 

Merupakan jalur seleksi bersama untuk perguruan tinggi negeri dan swasta pendaftaran dapat dilakukan secara mandiri karena sistem seleksi ini dilakukan melalui ujian tertulis tanpa mempersyaratkan rekomendasi sekolah untuk bisa mendaftaran terdapat persyaratan yang harus dipenuhi seperti kita ketahui sesuai dengan ketentuan yang berlaku terdapat pada situs penerimaan.spmb.or.id. Berikut lampirkan panduan cara pendaftaran UMB PT.

Sebelum melakukan pendaftaran terlebih dahulu kami berikan panduan edit foto untuk kartu kalian bisa melakukan dengan mudah melalui online edit foto melalui situs http://resizepic.com/ dengan ketentuan ukuran Masukkan angka  400 pada  Width  dan  600 pada Height. Jangan lupa untuk downaload setelah diedit. Kalian juga bisa melakukan edit melalui paint atau corel bahkan aplikasi lainnya.

Klik untuk "Registrasi" pada saat tampilan dengan situs pendaftaran seperti pada gambar.


Selanjutnya isikan formulir pendaftaran online seperti pada gambar dibawah ini.


Isi semua dengan benar sesuai identitas pendaftaran yang telah anda gunakan setelah selesai langkah selanjutnya adalah beli ceklist pada kolom pertanyaan kemudina klik "Simpan" nantinya akan tampil seperti berikut.

Untuk cek kembali kalian dapat klik pada bagian kiri situs "Lihat Data Peserta" maka akan tampil seperti dibawah ini.


Pilih menu Ujian UMB PT akan tampil beberapa informasi yang telah diisi sesuai ketentuan pendaftaaran seperti pada gambar berikut.


Sebagai peserta UMB PT kalian harus melakukan "Registerasi dengan memilih panel pendaftaran UMB PT kemudian isi sesuai dengan data yang ada seperti pada gambar.


Langkah selanjutnya kalian dapat memilih jenis pembayaran jika sudah selesai langkah selanjutnya adalah klik simpan seperti pada gambar. Jangan lupa untuk memilih panitia lokal dan kelompok ujian klik "Simpan.


Setelah itu silahkan pilih program studi yang akan anda ikuti setelah selesai jangan lupa ceklist tanda seperti pada gambar dibawah.

Langkah selanjutnya adalah semua data awal yang sudah diisi jangan lupa untuk cetak bukti pra registrasi akan ditampilkan seperti gambar dibawah ini.


Jika semua data sudah terisi dengan banar maka tahap selanjutnya adalah klik tombol cetak kartu bukti pra registrasi.

Hanya saja untuk melanjutkan proses tersebut kalian bisa mengecek terlebih dahulu apakah data yang diisi sudah benar atau belum meski Anda juga dapat membatalkan apabila ingin mengedit data jika dirasa perlu, kemudian setelah itu akan masuk pada tampilan berikutnya.

Klik link untuk mendowload kartu kemudian mengikuti segala ketentuan yang terdapat situs resmi nantinya akan tampil seperti dibawah ini.


Jangan lupa untuk diprint setelah itu peserta harus melakukan pembayaran melalui Bank bisa dilakukan melalui teler saran dari kami kalian bayarlah melalui teller langsung karena tinggal berikan bukti tersebut untuk mendapatkan bukti pembayaran atau bagi yang ingin mendaftar melalui layanan lain seperti Internet Bangking atau ATM dapat membaca rincian petunjuknya melalui link http://spmb.or.id/?page_id=328.

Setelah melakukan pembayaran peserta harus kembali login dengan username dan password yang telah didapat sebelumnya dari hasil pra registrasi melalui situs Penerimaan.SPMB.or.id setelah login akan tampil data seperti pada gambar.

Pada menu kiri situs ada pilihan cetak kartu peserta selanjutnya kalian bisa melakukan download dan mencetak kartu peserta pendaftaran yang sudah dibuat akan tampil sesuai dengan ketentuan pendaftaran seperti dibawah ini.


Jangan Lupa untuk mencetak atau print out kartu jadwal dan tempat tes dapat anda lihat melalui kartu yang tercetak, kalian bisa mengecek tempat ujian sehari sebelum pelaksanaan tes dilakukan sampai pada tahap ini sudah selesai.


2. Penerimaan SPMB TPBI.
Test Potensi Bidang Ilmu (TPBI) diperuntukkan bagi siswa SMTA yang duduk di kelas 12 (semester 1) yang hasilnya dapat menjadi bahan pertimbangan lain untuk Perguruan Tinggi Negeri dalam menerima calon mahasiswa barunya melalui jalur Minat dan Bakat seperti jalur Undangan Universitas. pendaftaran dilaksanakan melalui online situs penerimaan.spmb.or.id secara online.

Terdapat mekanisme pendaftaran yang sama dari proses Pra Registrasi jalur TPBI, kemudian untuk cara pendaftaran Juga sama yang membedakan pendaftaran PTBI dengan UMB PT adalah registrasi setelah melakukan pembayaran yaitu registrasi dan cetak kartu pembayaran untuk lebih jelas simak selengkapnya dibawah ini.

Calon  peserta  melakukan  registrasi  online  melalui  web  http://umb.spmb.or.id/ , akan  muncul menu seperti terlihat pada gambar berikut:



Selanjutnya adalah upload foto untuk ketentuannya juga sama dengan pendaftaran UMB PT dapat kalian lihat diatas kemudian upload foto pada situs seperti dibawah ini.




Jangan lupa untuk memilih panel yang ada pada samping kiri situs kemudian klik TPBI sesuai dengan yang anda ikuti seperti pada gambar dibawah ini.




Selanjutnya pilih area Ujian TPBI yang ada sesuai dengan yang tertera pada situs dan domisili anda tes setidaknya pilihlah lokasi yang paling dekat yang bisa anda ikuti mengingat peserta TPBI tidak hanya dari kota domisili karena banyak sekali mahasiswa yang berminat dari luar kota.

Klik untuk melanjutkan menu PTBI sesuai dengan proses pendaftaran yang akan diikuti selanjutnya peserta akan menuju langkah berikutnya kemudian akan tampil seperti pada tampilan gambar.


Jangan lupa untuk mengecek terlebih dahulu data uang telah diisi apabila terdapat kesalahan agar dapat sekiranya diperbaiki untuk yang sudah merasa pas silahkan klik menu Cetak Kartu Peserta.


Setelah mengklik cetak kartu ujian maka tampilan akan seperti pada gambar jangan lupa untuk print out kartu peserta maka tampilan akan seperti dibawah ini.


Jika semua sudah dilakukan dengan benar dan sudah selesai jangan lupa untuk logout kalian dapat login kembali apabila dibutuhkan untuk login sesuai dengan registrasi yang telah dilakukan sampai pada tahap ini semua proses pendaftaran sudah benar.

Kisaran biaya pendaftaran yang kalian harus keluarkan adalah mencapai 2 kali lipat dari biaya SBMPTN bagi kalian yang ingin melakukan pendaftaran dapat mengikuti petunjuk pendaftaran seperti yang telah dijelaskana bagi yang merasa kurang puas juga dapat mengakses petunjuk pendaftaran yang ada pada situs resmi https://penerimaan.spmb.or.id/informasi/panduan.

Sedangkan untuk jadwal pendaftaran juga sama kalian bisa mengakses melalui situs resmi bagi yang belum mengetahui dapat diakses melalui situs resmi https://penerimaan.spmb.or.id/informasi/jadwal sesuai dengan yang telah ditetapkan oleh panitia seleksi penerimaan SPMB, semoga bisa memberikan manfaat bagi kalian terutama bagi para peserta.

Tidak lengkap rasanya apabila kalian hanya memperhatikan cara pendaftaran dan informasi jadwal tampa mengetahui berapa biaya pendaftaran yang harus dikeluarkan secara rinci data tersebut dapat diakses melalui situs resmi http://spmb.or.id/ secara online, apabila terdapat kekurangan mohon dimaafkan tanpa berbasa-basi lagi silahkan coba semoga berhasil terima kasih.
GET IT ON Google Play