Cara Pendaftaran Online POLTEK STIS 2020/2021

STIS.ac.id - Politeknik Statistika STIS adalah perguruan tinggi negeri dibawah BPS, setiap tahun kampus ini membuka pendaftaran mahasiswa baru agar bisa mendaftar calon peserta harus melakukan registrasi tepat waktu pada tanggal yang sudah ditetapkan oleh panitia.

Biasanya seluruh Politeknik Kedinasan serentak melaksanakan penerimaan jalur ikatan dinas, selain ikatan dinas ada beberapa jalur lain yang bisa diikuti seperti jalur tugas belajar dan lainnya, hanya saja yang paling populer adalah jalur ikatan dinas, untuk proses pendaftaran dilaksanakan secara online melalui situs dikdin BKN.
 

Apabila calon peserta berminat mendaftar Politeknik Statistik maka hanya diizinkan mendaftar 1 formasi saja tidak bisa memilih lebih, proses seleksi Politeknik STIS dilaksanakan melalui portal SPMB untuk lebih jelas berikut beberapa hal yang harus dipersiapkan untuk melakukan pendaftaran kampus STIS.


SISTEM SELEKSI SPMB STIS

Untuk dapat mengikuti seleksi PMB STIS, calon mahasiswa harus memenuhi syarat-syarat berikut:
  1. Sehat jasmani dan rohani (dapat dan layak bekerja dan beraktivitas, baik di dalam ruangan maupun di lapangan), tidak buta warna, dan bebas narkoba.
  2. Lulusan SMA/MA Jurusan IPA; atau Siswa SMA/MA Jurusan IPA Tahun Ajaran saat ini.
  3. Umur tidak lebih dari 22 tahun
  4. Belum menikah dan bersedia tidak menikah selama mengikuti pendidikan di STIS sampai dengan pengangkatan PNS;
  5. Tidak sedang menjalankan ikatan dinas dengan instansi lain; 
  6. Bersedia mematuhi peraturan STIS.
  7. Bersedia menandatangani Surat Perjanjian Ikatan Dinas (SPID) bagi yang dinyatakan lulus seleksi dan akan mengikuti pendidikan di STIS;
  8. Setelah lulus pendidikan di STIS, bersedia ditempatkan di unit kerja Badan Pusat Statistik (BPS) sesuai penempatannya di seluruh wilayah Indonesia sampai ketingkat kabupaten/kota.

    Jalur Masuk Ikatan Dinas STIS.

    1. Mahasiswa Ikatan Dinas merupakan lulusan SMA/MA yang setelah lulus pendidikan di STIS akan diangkat menjadi Calon Pegawai Negeri Sipil dan selanjutnya ditempatkan di unit kerja BPS seluruh Indonesia sampai dengan tingkat kabupaten/kota. 
    2. Lulusan STIS dengan status ikatan dinas wajib menjalani ikatan dinas dengan BPS sesuai dengan penempatannya selama dua kali masa pendidikan secara berturut-turut. 
    3. Selama masa pendidikan, mahasiswa tidak dibebani biaya pendidikan dan mendapat tunjangan ikatan dinas sesuai dengan peraturan yang berlaku.


    Jalur Masuk Tugas Belajar STIS. 

    1. Merupakan jalur seleksi untuk mereka yang memiliki status sebagai Pegawai Negeri Sipil (PNS), pegawai tetap pada BUMN/BUMD, atau anggota TNI/POLRI, dan telah menyelesaikan pendidikan SMA/MA jurusan IPA, yang ditugasi oleh instansi yang bersangkutan untuk mengikuti pendidikan di STIS. 
    2. Biaya pendidikan ditanggung oleh instansi yang memberi tugas. 


    Bagi kalian yang ingin melakukan pendaftaran harus mengikuti tahapan dan prosedur seperti berikut untuk lebih jelas seperti berikut ini :

    Cara Pendaftaran

    Akses dan Buat Akun SSCASN
    1. Proses pendaftaran dilaksanakan melalui satu portal bersama https://sscasn.bkn.go.id khusus penerimaan perguruan tinggi kedinasan.
    2. Selanjutnya peserta memilih menu SSCN DIKDIN
    3. Kemudian membuat akun dengan mengklik "Registrasi" Proses pembuatan akun memerlukan KTP dan KK.
    4. Pembuatan akun meliputi pembuatan password dan lainnya pastikan semua sudah benar
    5. Verifikasi lewat email apabila sudah selesai bisa langsung login.

    Login Portal SSCASN
    1. Login menggunakan akun yang sudah dibuat melalui situs https://sscasn.bkn.go.id.
    2. Pilih sekolah Politeknik STIS.
    3. Lengkapi biodata diri sampai dengan selesai.
    4. Apabila berkas sudah dikirim pastikan kalian mencetak resume bukti pendaftaran.

    Akses Portal SPMB Poltek STIS
    1. peserta mengakses portal SPMB.stis.ac.id menggunakan login SSCASN.
    2. Setelah login peserta akan mendapatkan kode bayar melalui bank yang sudah ditunjuk oleh Poltek STIS sebelum batas akhir pembayaran.
    3. Pembayaran akan di verifikasi oleh sistem proses selesai.

    Cetak Kartu
    1. Peserta dapat melakukan cetak bukti dengan login melui situs SPMB Politeknik STIS download kartu tanda peserta ujian masuk.
    2. Untuk jadwal tes dapat dilihat melalui situs https://spmb.stis.ac.id/ pilih Jadwal.

    Apa yang disampaikan tadi merupakan rangkain pendaftaran POLTEK STIS semoga bermanfaat kami doakan semoga yang membaca artikel ini bisa lulus POLTEK STIS tahun ini, terima kasih selamat mencoba.