Cara Pendaftaran Online ISBI Bandung 2018/2019

Pmb.isbi.ac.id - Informasi Pendaftaran ISBI Bandung 2018/2019 Terbaru Artikel kali ini akan membahas tentang cara pendaftaran ISBI Bandung. ISBI Bandung atau InstItut Seni Budaya Indonesia Bandung merupakan perguruan tinggi negeri yang terletak di Bandung, Jawa Barat. Perguruan tinggi yang terletak di Jalan Buah Batu No 212 ini sebentar lagi akan membuka pendaftaran bagi para siswa lulusan SMA/SMK/MA sederajat yang tertarik untuk mempelajari seni lebih dalam lagi. 

Karena itulah jika Anda berminta untuk melanjutkan pendidikan Anda di ISBI Bandung, maka simak informasi penting pada artikel kali ini. Berdirinya ISBI Bandung tentu saja tidak terlepas dari masyarakat Bandung itu sendiri. Banyaknya aspirasi masyarakat Bandung dan daerah Jawa Barat lainnya yang ingin mendirikan lembaga pendidikan tinggi seni tari di Bandung inilah yang merupakan cikal bakal dari ISBI Bandung.



Kemudian pada tanggal 31 Maret 1968 berdirilah Konservatori Tari atau KORI. Karena banyaknya masyarakat yang menaruh minat pada seni tari, maka banyak yang meminta agar KORI diakui sebagai lemabag formal. Lalu pada tanggal 27 Februai 1971 pun KORI berubah menjadi Akademi Seni Tari Jurusan Sunda. Pada tahun 1995 pun semakin banyak program studi yang ada di sini. Sheingga pada tahun tersebut pun berubah nama menjadi ISBI Bandung.

Fakultas dan Program Studi
ISBI Bandung mempunyai 4 fakultas yaitu:
  1. Fakultas Seni Pertunjukan yang terdiri dari program studi Seni Tari, Seni Teater, Seni Karawitan, serta Angklung dan Musik Bambu.
  2. Fakultas Seni Rupa dan Desain yang terdiri dari program studi Seni Rupa Kriya, Seni Rupa Murni, serta Tata Rias dan Busana.
  3. Fakultas Budaya dan Media yang terdiri dari program studi Film dan Televisi serta Etnostudi.
  4. Serta ada pula program Pascasarjana Magister Penciptaan/Pengkajian Seni.

Cara Pendaftaran

Bgai siswa yang tertarik untuk melanjutnya studinya di ISBI Bandung maka perguruan tingig ini terbuka bagi semua lulusan SMA/SMK/MA sederajat. Pendafataran pun dilakukan secara mandiri di kampus ISBI Bandung. Terdapat dua jalur penerimaan mahasiswa baru di ISBI Bandung yaitu jalur mandiri yang berupa tes ujian seleksi dan kedua adalah jalur yang sama seperti di perguruan tinggi lainnya yaitu SNMPTN dan SBMPTN yang dilaksanakan serentak dengan perguruaan tinggi lainnya di Indonesia.

Selain itu, ada pula jalur penerimaan mahasiswa lewat lewat jalur PMDK atau Penelusuran Minat dan Kemampuan. Untuk jalur yang satu ini, merupakan program yang dikhususkan untuk para lulusan SMA/SMK/MA sederajat yang baru lulus. Persyaratan pendaftarannya adalah pendaftar masuk dalam ranking tertinggi di kelas pada semester 3, 4, dan 5. 

Hal ini juga disertai dengan bukti surat keterangan dari Kepala Sekolah. Selain itu, pendaftar juga harus menyertakan sertifikasi prestasi di berbagai bidang (namun sebaiknya bidang seni) pada tingkat Kabupaten, Provinsi, dan Nasional dalam kurun waktu tiga tahun terakhir. Akan lebih baik lagi jika pendaftar mempunyai prestasi di bidang seni yang sesuai dengan program studi yang dipilih.

Nah, bagi Anda yang ingin melanjutkan studi di ISBI Bandung namun terkendala oleh biaya, maka Anda bisa mendaftar beasiswa dari pemerintah yaitu Beasiswa Bidikmisi. Beasiswa ini merupakan bantuan dari pemerintah RI untuk calon mahasiswa yang mempunyai potensi dan prestasi namun terkendala oleh masalah finansial. Jika Anda menerima beasiswa Bidikmisi maka Anda sudah tidak perlu memikirkan soal biaya kuliah lagi. Anda akan bebas biaya kuliah dan akan menerima uang saku selama 8 semester.

Persyaratan Pendaftaran

Ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi oleh pendaftar jika ingin mendaftar di Institut Seni Budaya Indonesia Bandung. Adapun persyaratannya adalah:
  1. Bagi lulusan SMA/SMK/MA sederajat yang lulus pada tahun 2018 atau tahun sebelumnya, wajib mempunyai ijazah dan SKHUN. Bagi lulusan Paket C juga harus menyertakan nilai hasil ujian.
  2. Pendaftar harus menyertai Surat Keterangan Lulus Pendidikan yang sudah dilegalisir oleh Kepala Sekolah.
  3. Mengikuti tes tertulis dan wawancara di ISBI Bandung sesuai dengan program studi yang dipilih.

 Ketentuan

Selain menyertakan beberapa syarat tersebut, pendaftar pun juga harus memenuhi beberapa ketentuan khusus sebagai persyaratan wajib. Ketentuan tersebut berupa tingkat kesehatan yang harus dimiliki oleh tiap pendaftar. Hal ini diwajibkan agar kelak mahasiswa baru nanti tidak akan terhambata selama proses perkuliahan yang sesuai dengan minat studinya. Selain tingkat kesehatan, bagi para pendaftar yang mendaftarkan diri selain Seni Musik Etnostudi, dan Seni Karawitan, wajib memiliki surat keterngan tidak buta warna dari dokter spesialis. 

Bagi Anda yang mendaftar Fakultas Seni Pertunjukan tidak boleh mempunyai penyakit THT dan paru-paru. Sedangkan untuk yang mendaftar Fakultas Budaya dan Media tidak boleh cacat fisik, gagu, ataupun gagap karena dapat mengganggu proses studi di perkuliahan. Untuk SNMPTN dan SBMPTN di ISBI Bandung mempunyai persyaratan yang sama seperti di Perguruan Tinggi Negeri lainnya. Biaya pendaftarannya pun juga sama saja. Untuk keterangan lebih lanjut, akan diupload di lama resmi ISBI Bandung. 

Sedangkan untuk peserta penerimaan calon mahasiswa baru yang tinggal di luar Pulau Jawa bisa mengikuti SNMPTN dan SBMPTN di tempat tinggalnya, bagi yang berdomisili di Pulau Jawa dan ingin mengikuti ujian mandiri, maka bisa mengirimkan berkas verifikasi dan validasi data ke kampus ISBI Bandung lewat jasa pengiriman barang. Dengan syarat, mengirim berkasnya tidak melewati batas waktu yang telah ditentukan. Biaya pendaftaran ISBI Bandung adalah Rp. 200.000 yang ditransfer ke Bank BNI.

0 Response to "Cara Pendaftaran Online ISBI Bandung 2018/2019"

Posting Komentar