Cara Pendaftaran Online UNUSA 2018/2019

Pmb.Unusa.ac.id - Cara Pendaftaran Online (UNUSA) Universitas Nahdiatul Ulama Surabaya 2018/2019  Siapkah Anda untuk melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi?Universitas Nahdiatul Ulama Surabaya (UNUSA) telah membuka pendaftaran bagi para siswa siswa lulusan Sekolah Menengah Atas atau sederajat untuk melanjutkan pendidikan ke tingkat yang lebih tinggi.

Universitas Nahdiatul Ulama Surabaya (UNUSA) ini telah didirikan sejak lama dan merupakan perguruan atau pendidikan tinggi yang sudah berjalan dibawah kepemimpinan oleh Yayasan Rumah Sakit Islam Surabaya.Lembaga atau Yayasan ini sudah mendirikan perguruan tinggi selama 35 tahun atau lebih.Jadi secara teknis, Universitas Nahdiatul Ulama Surabaya (UNUSA) ini sudah menjadi Universitas yang berpengalaman pada sistem pengajaran dan juga berbagai fasilitasnya. Sebelum mengenal pendaftaran Universitas Nahdiatul Ulama Surabaya, mari kita lihat dulu sejarah universitas ini.



UNUSA sudah sejak tahun 1979 didirikan oleh sebuah Lembaga Yayasan R.S Islam Surabaya (YARSIS).Sebenarnya dahulu hanya didirikan untuk Sekolah Perawat Kesehatan (SPK) oleh Yayasan R.S Islam Surabaya (YARSIS). Setelah sudah mendirikan selama beberapa tahun akhirnya juga berdiri Akademi Keperawatan oleh YARSIS di tahun 1985, sehingga untuk nama SPK kemudian diubah jadi Akademi Keperawatan YARSIS pada tahun 1997. 

Tidak hanya sampai disitu saja perjalanannya, berlanjut lagi pada tahun 2006, dua instusi dari YARSIS (AKPER dan AKBID) akan melakukan sebuah penyatuan Instusi yang menjadi nama STIKES YARSIS. Oleh karena itu, sudah ada penambahan prodi juga yaitu hingga S1 Keperawatan beserta untuk Program Profesi Ners yang dilakukan setelah sarjana.

Karena sudah berjalan lama dan memperoleh berbagai pengalaman sejak 33 tahun lamanya. Kemudian, pada tahun 2012 setelahmendapatkan dorongan dari banyak instansi seperti Muslimat NU, PW NU, PB Nu, dan PC NU Surabaya, mulai diajukan sebuah bentuk Instusi baru ke DIKTI menjadi sebuah Universitas. Barulah di tahun 2013 sudah berdiri menjadi Universitas Nahdiatul Ulama Surabaya (UNUSA).

UNUSA adalah sebuah perguruan tinggi yang telah berkomitmen untuk mendidik para mahasiswa dan mahasiswi nya untuk menjadi alumni atau lulusan UNUSA yang lebih terdepan untuk menjadi seorang entrepreneurship, lebih meju di bidang iptek, dan menjadi pemimpin yang memiliki karakter berkaidah Islam. Dalam hal pembelajaran di UNUSA, saat ini memiliki 2 kampus yang dilengkapi dengan berbagai fasilitas modern dan lengkap untuk 16 program studi atau jurusan yang sudah akan dibuka.

Tidak hanya itu, setiap prodi atau program studi juga memiliki fasilitas laboraturium yang lengkap, dan tentu saja memiliki Rumah Sakit sendiri yaitu R.S Islam Surabaya A. Yani dan R.S Islam Surabaya Jemursari. Fungsi dari kepemilikan rumah sakit tersebut juga sebagai salah satu fasilitas untuk layanan kesehatan bagi umum dan sivita untuk akademika di UNUSA khususnya untuk praktik bagi mahasiswa yang mengambil prodi Kedokteran dan Ilmu Kesehatan lainnya.

Tujuannya yaitu untuk menunjang adanya pencapaian untuk target kompetensi yang dimiliki setiap mahasiswa. Selain itu, ada pula beberapa fasilitas lainnya seperti laboraturium Studio Audio Visual dengan fungsi untuk melakukan praktik pembelajaran atau seperti micro teaching bagi mahasiswa di Fakultas Pendidikan.


Syarat Pendaftaran Universitas Nahdiatul Ulama Surabaya

Nah, di awal tahun ajaran 2018 ini UNUSA akan membuka pendaftaran Universitas Nahdiatul Ulama Surabaya bagi para siswa-siswa lulusan SMA/sederajat. Beberapa syarat dan cara pendaftaran juga harus mengikuti ketentuan yang berlaku. Untuk syarat pendaftaran bagi mahasiswa baru adalah sebagai berikut:
  1. Menerima Mahasiswa baru dari Warga Negara Indonesia (WNI) atau bisa juga Warga Negara Asing (WNA) yang sudah memiliki ijin dari negara dan sekolah sebelumnya untuk melakukan pendidikan di Indonesia.
  2. Harus mengisi formulir untuk pendaftaran dengan cara online melalui laman atau website http://pmb.unusa.ac.id
  3. Menyiapkan dan menyerahkan semua berkas untuk pendaftaran yang lengkap yaitu fotocopy ijazah yang telah dilegalisir, fotocopy kartu identitas atau KTP, dan surat keterangan kerja bagi yang sudah bekerja.

Setelah melakukan persyaratan dengan baik dan benar, Anda juga harus mengikuti cara atau prosedur pendaftaran Universitas Nahdiatul Ulama Surabaya yang sudah ditetapkan oleh pihak kampus, yaitu sebagai berikut:
  • Wajib mengisi formulir pendaftaran secara offline maupun online
  • Wajib membayar biaya untuk pendaftaran sebesar Rp 250.000,-
  • Wajib membayar DOP dan DPP yang sesuai dengan fakultas yang dipilih.
  • Wajib membayar biaya untuk PKKMB dan juga untuk mendapatkan jas almamater sebesar Rp 600.000,-
  • Membayar biaya asuransi untuk calon mahasiswa S1 sebesar Rp 200.000,-
  • Wajib menyerahkan formulir untuk pendaftaran yang sudah diisi calon mahasiswa.

Diharapkan kepada calon mahasiswa/mahasiswi baru yang akan mendaftarkan diri sebagai mahasiswa UNUSA mengikuti semua persyaratan dan juga prosedur yang sudah ditentukan oleh pihak Unversitas. Untuk program studi yang telah disediakan bagi para calon mahasiswa adalah Fakultas Kedokteran (S1 Kedokteran), Fakultas Ilmu Kesehatan (S1 Ilmu Kesehatan Masyarakat, D-IV Analis Kesehatan, S1 Gizi), Fakultas Keguruan dan Pendidikan ( S1 PGSD dan S1 PG Paud), Fakultas Ekonomi (S1 Akutansi, S1 Manajemen),

Fakultas Keperawatan dan Kebidanan ( S1 Keperawatan, D-IV Bidan, D-III Keperawatan, dan Ners), dan Fakultas Teknik ( Sistem Informasi). Ada pula perkualiahan regular sore dengan sistem perkuliahan yang diterapkan di UNUSA adalah dilaksanakan hanya di hari Senin sampai Jum’at saja di pukul 16.00-21.00 WIB.

UNUSA menerapkan kurikulum yang sudah up to date yaitu yang sudah sesuai dengan kurikulum modern menggunakan metode pembelajaran dengan Kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK). UNUSA juga memiliki visi dan misi yang sangat jelas dan sangat menguntungkan semua penggunanya dengan terus menambahkan berbagai fasilitas dan juga program studi yang baru dengan tujuan untuk pengembangan dari sistem pendidikan serta untuk kebutuhan masyarakat masa depan nanti.