Cara Pendaftaran Online UNITOMO 2018/2019

UNITOMO.ac.id - Cara Pendaftaran Online UNITOMO 2018/2019 Dan Biaya Pendaftaran Mahasiswa Baru di Universitas Dr Sutomo Anda ingin berkuliah di Surabaya? Ada banyak perguruan tinggi baik negeri maupun swasta yang ada di kota metropolitan tersebut. Walaupun berlabel swasta, ada banyak juga perguruan tinggi yang mampu bersaing dengan perguruan tinggi negeri bahkan sampai kancah internasional. 

Bagi Anda yang ingin bersekolah di Surabaya dan masih mencari universitas apa yang tepat untuk Anda, Anda dapat memilih universitas Dr Soetomo sebagai salah satu alternatif pilihan. Sebagian orang mungkin belum mengenal betul nama universitas ini. Namun, bagi Anda yang tinggal di sekitar Surabaya atau di kawasan jawa timur, Anda tentunya sudah sangat mengenal universitas ini. Nama universitas ini sudah tidak asing lagi di telinga.

Cara Pendaftaran Online UNITOMO 2018/2019


Mari kita berkenalan terlebih dahulu dengan universitas Dr Soetomo. Universitas yang berada di Surabaya ini sudah berdiri cukup lama yaitu pada tahun 1981. Hal ini membuat universitas ini sudah cukup berpengalaman di bidang pendidikan tinggi dan sudah banyak meluluskan sarjana dari berbagai bidang. Bagi yang belum biasa mendengar nama universitas ini, mungkin Anda pernah mendengar nama UNITOMO. 

Ya, UNITOMO adalah singkatan dari nama universitas tersebut. Universitas ini memiliki setidaknya 8 fakultas yang dapat Anda pilih sesuai dengan keinginan. Adapun fakultas yang ada di UNITOMO ini diantaranya adalah fakultas hukum, sastra, ilmu administrasi, ekonomi, ilmu komunikasi, keguruan dan pendidikan, teknik, serta pertanian. Walaupun termasuk universitas swasta, namun tidak menutup kemungkinan untuk mendapatkan akreditasi A. Salah satu fakultas di UNITOMO ini memiliki akreditasi A yaitu fakultas pertanian. Fakultas ini sudah meluluskan setidaknya 1000 alumni yang sudah tersebar di seluruh Indonesia.


Syarat dan Langkah Pendaftaran MABA UNITOMO

Setelah mengenal UNITOMO, kini saatnya kita mengetahui bagaimana cara mendaftar di universitas tersebut. Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah mengetahui syarat pendaftarannya. Selain syarat, langkah mendaftar juga penting untuk diketahui karena berbeda universitas biasanya memiliki model mendaftar yang sedikit banyak berbeda pula. Adapun pendaftaran calon mahasiswa Universitas Dr Soetomo dilakukan dalam beberapa langkah berikut ini.
  1. Datang ke lokasi pendaftaran langsung di UNITOMO pada hari dan jam kerja dengan membawa dokumen pendaftaran.
  2. Mengisi  formulir pendaftaran dengan data yang benar.
  3. Melakukan pembayaran biaya pendaftaran sesuai ketentuan.
  4. Mengikuti tes masuk UNITOMO yang terdiri dari tes potensi akademik atau TPA dan tes wawancara.
  5. Menunggu pengumuman hasil seleksi masuk UNITOMO.
  6. Melakukan daftar ulang untuk peserta yang lolos TPA dan wawancara.

Selain langkah di atas, ada lagi cara pendaftaran lainnya. Pendaftaran tersebut adalah pendaftaran secara online. Cara ini dapat lebih mudah dilakukan jika Anda memiliki akses internet yang tepat. Pendaftaran via online dapat dilakukan dengan cara seperti di bawah ini.
  1. Buka situs pendaftaran mahasiswa baru UNITOMO di maba.unitomo.ac.id.
  2. Mengisi data pada formulir pendaftaran online dan melampirkan scan dokumen pendaftaran.
  3. Membayar biaya pendaftaran ke rekening BNI atas nama PMB UNITOMO dengan nomor rekening 840888883.
  4. Mengikuti tes sesuai jadwal yang sudah ditentukan.
  5. Menunggu hasil pendaftaran.
  6. Melakukan registrasi ulang dengan membayar biaya daftar ulang dan juga melengkapi berkas syarat pendaftaran.

Seperti yang kita ketahui, penerimaan mahasiswa baru biasanya dilakukan melalui beberapa jalur. Begitu pula pendaftaran di Universitas Dr Sutomo ini. Setiap tahunnya, universitas ini membuka pendaftaran dengan beberapa jalur penerimaan. Adapun jalur yang dibuka diantaranya adalah sebagai berikut.


1. Pendaftaran jalur reguler

Untuk jalur reguler atau umum, setiap pendaftaran harus memenuhi kriteria dan persyaratan pendaftaran seperti lulusan SMA sederajat bagi yang mendaftar S1 dan lulusan S1 atau D4 terapan untuk pendaftaran S2.


2. Pendaftaran jalur khusus

Calon mahasiswa yang mendaftar di jalur khusus harus yang mempunyai prestasi atau pun sesuai kriteria yang ditentukan UNITOMO. Jalur khusus ini terbagi dalam beberapa kelompok antara lain jalur prestasi akademik, jalur prestasi non akademik, salur kemitraan, jalur alumni sekolah Dr Soetomo, dan jalur bidikmisi.

Nah, untuk dapat melakukan pendaftaran, kita perlu mengetahui berapa biaya pendaftaran yang ditentukan. Ketentuan mengenai biaya pendaftaran calon mahasiswa baru, dapat disimak pada ulasan berikut.
  1. Pendaftaran program strata 1 biaya yang dikenakan adalah Rp 400.000,-
  2. Pendaftaran mahasiswa pascasarjana biayanya sebesar Rp 500.000,,-
  3. Biaya pendaftaran dibayar setelah mengisi formulir pendaftaran.
  4. Tempat pembayaran dilakukan di kampus atau transfer.
  5. Pembayaran pendaftaran Universitas Dr Soetomo harus dilakukan sesuai batas waktu yang diberikan.
  6. Biaya pendaftaran akan mendapatkan cashback Rp 50.000,- yang nantinya akan masuk ke saldo BNI Taplus Muda masing-masing mahasiswa.

Seleksi masuk UNITOMO melalui tes potensi akademik dilaksanakan dengan ketentuan sebagai berikut.
  1. TPA dilakukan di kantor sekretariat PMB di UNITOMO.
  2. Pelaksanaan TPA menggunakan CBT atau computer based test.
  3. Waktu pelaksanaan TPA adalah setiap saat di jam 8 pagi hingga 8 malam untuk hari senin sampai sabtu, dan pada hari libur bisa dilaksanakan antara jam 9 pagi sampai jam 1 siang.
  4. Sistem CBT akan memberikan hasil tes yang dapat diketahui langsung.
  5. Ada batas nilai untuk kelulusan tes dan pendaftar diberikan 3 kali kesempatan untuk TPA.

Itu tadi ulasan mengenai cara mendaftar lengkap dengan biaya pendaftaran di Universitas Dr Sutomo. Semoga dapat membantu dan memperluas wawasan Anda dalam memilih universitas yang tepat dan mengetahui bagaimana cara pendaftarannya. Demikianlah informasi yang bisa kami berikan semoga bermanfaat.
GET IT ON Google Play