Cara Pendaftaran Online UNAS 2018/2019

Pmb.unas.ac.id - Info Pendaftaran Universitas Nasional Terbaru Universitas Nasional (UNAS) merupakan salah satu Perguruan Tinggi Swasta (PTS) yang didirikan pada 15 Oktober 1949. UNAS juga kerap disebut sebgaai PTS tertua kedua di Indonesia dan tertua di Jakarta. Pembangunannya pada saat itu memiliki tujuan sebagai alternatif bagi para lulusan SLTA di Jakarta yang tidak berminat untuk masuk ke Universitas Van Indonesia (kini Universitas Indonesia) milik pemerintah kolonial Belanda.

Presiden Republik Indonesia pertama, Ir. Soekarno menganugerahkan kampus ini sebagai “Universitas Perjuangan”. Hal ini karena saat revolusi fisik perjuangan kemerdekaan, UNAS menjadi garda terdepan perjuangan rakyat Indonesia yang berada di Jakarta.

Cara Pendaftaran Online UNAS 2018/2019


Profile Universitas Nasional

Sebelum berdirinya Universitas Nasional, mulanya lembaga ini merupakan tempat kursus yang meliputi bidang ekonomi, sosial (sosiologi), politik, dan filsafat yang dipimpin oleh Drs. Adam Bachtiar. Pemberian kursus ini memiliki tujuan sebagai dasar pemahaman ilmu pengetahuan sebagai tanggung jawab warga negara Indonesia terhadap kemerdekaan Indonesia. Seiring perkembangannya, kursus ini semakin berkembang dan memiliki peminat yang terus bertambah.

Karena itulah, atas dasar desakan ratusan lulusan dari SMA RI, dibukalah Akademi Nasional pada Oktober 1949. Pemilihan “Akademi” dimaksudkan untuk menghindari peraturan kolonial yang masih berlaku di Jakarta pada masa itu. Akademi Nasional membawahi 5 fakultas, yaitu Fakultas Sosial, Ekonomi, dan Politik; Fakultas Sastra Indonesia; Fakultas Sastra Inggris; Fakultas Biologi; Fakultas Fisika; dan Fakultas Matematika.

Pada waktu ditetapkannya saat itu, antusiasme dan sambutan masayarakat begitu luar biasa. Pada tangal 15 Oktober 1949 dimulailah perkuliahan pertama dan hal ini menjadi momentum historis sebagai perjuangan UNAS. Karenanya, pada hari ini pula ditetapkanlah hari jadi Universitas Nasional. Dua bulan setelahnya, tepatnya pada tanggal 22 Desember 1949, pengakuan dan persamaan penuh diberikan kepada Akademi Nasional dari Kementerian Pendidikan, Pengjaran, dan Kebudayaan (kini Kemendikbud).

Tahun demi tahun, Akademi Nasional semakin berkembang hingga didirikanlah Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM), yaitu suatu lembaga yang menyokong kegiatan penelitian untuk tingkat universitas. Selain didirikannya LPPM, perkembangan lainnya juga ditunjukkan dengan penataan kembali kedudukan fakultas-fakultasnya. Mulai dari peraturan, penggabungan atau pemekaran tiap fakultas, hingga kurikulum yang akan digunakan.

Seiring perkembangannya, UNAS kini memiliki 18 jurusan yang terdiri dari 7 fakultas. Selain itu, UNAS kini memiliki 3 akademi dan program pascasarjana Ilmu Politik. Belum lagi para alumni yang telah tersebar dan menjadi orang besar. Ribuan alumni UNAS tersebar ke berbagai bidang, seperti politisi, profesional bisnis, pengusaha, pejabat pemerintahan, peneliti, pakar ilmu pengetahuan, hingga menjadi artis, yaitu Unang dan Jimmy Gideon. Mengingat universitas ini sudah cukup tua usianya, banyak juga diantara ribuan alumni yang menjadi tokoh nasional.


Alur Pendaftaran Universitas Nasional

Jadilah bagian dari kebanggaan kampus UNAS dengan melakuan pendaftaran di Universitas Nasional. Berikut ini adalah alur pendaftaran Universitas Nasional:
  1. Calon mahasiswa mendatangi pusat informasi pendaftaran dan melakukan input transaksi pembelian formulir pendaftaran
  2. Calon mahasiswa melakukan pemotretan dan segera upload foto
  3. Calon mahasiswa mengisi data pribadi dan mencetak kartu ujian
  4. Calon mahasiswa wajib melegalisasi kartu ujian
  5. Calon mahasiswa, baik mahasiswa baru regular, maupun kelas karyawan melakukan ujian tertulis dan wawancara
  6. Calon mahasiswa melakukan tes urin di Fakultas Kesehatan UNAS
  7. Menunggu hasil tes urin, sekaligus hasil dari tek kesehatan

Selain manual, pendaftaran mahasiswa baru di UNAS juga dapat dilakukan secara online, dengan cara berikut:
  1. Calon mahasiswa membuka informasi pendaftaran pada laman http://www.unas.ac.id
  2. Calon mahasiswa memasukkan data/mengisi data diri secara online
  3. Calon mahasiswa mencetak bukti pendaftaran online
  4. Calon mahasiswa melakukan transfer biaya formulir seharga Rp. 300.000,- (untuk jenjang D3, D4, dan S1), Rp. 400.000 untuk jenjang S2, dan Rp. 450.000 untuk jenjang S3. Biaya pendaftaran ini dibayarkan pada Bank Mandiri, atas nama Universitas Nasional.
  5. Calon mahasiswa mengirim bukti transfer/pembayaran dan pendaftaran online ke Universitas Nasional melalui email info@unas.ac.id/ppmb@unas.ac.id atau melalui fax (021) 7806462. Penyerahan bukti ini paling lambat 3 hari sebelum ujian dilakukan
  6. Pihak universitas melakukan validasi pendaftaran
  7. Melakukan legalisasi katu ujian
  8. Calon mahasiswa baru melakukan tes ujian tertulis dan wawancara
  9. Calon mahasiswa melakukan tes urin di Fakultas Kesehatan UNAS
  10. Menunggu hasil tes urin, sekaligus hasil dari tek kesehatan

Tes penerimaan calon mahasiswa baru Universitas Nasional dilakukan pada pukul 08.00 WIB sampai dengan selesai. Ujian dilakukan di kampus UNAS, Jalan Sawo Manila No. 61, Pejaten, Pasar Minggu, Jakarta Selatan. Peserta ujian penerimaan calon mahasiswa baru Universitas Nasional wajib mengikuti tata tertib, sebagai berikut:
  1. Memakai pakaian formal, yaitu kemeja dan sepatu. Selain kostum yang yang tersebut, tidak akan dilayani untuk pendaftaran ataupun pembayaran
  2. Membawa alat tulis ujian sendiri yang terdiri dari; pensil 2B atau pulpen/spidol hitam
  3. Membawa kartu ujian yang telah dicetak
  4. Peserta ujian diwajibkan datang pada 30 menit sebelum ujian dimulai

Ujian tulis terdiri dari:
  • Lingkup IPA: Matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa Ingggris, Biologi, Fisika, Kimia, dan IPA Terpadu
  • Lingkup IPS: Geografi, Sejarah, Ekonomi, Sosiologi, IPS Terpadu

Untuk peserta wawancara:
  • Selama wawancara berlangsung segala alat komunikasi WAJIB dimatikan atau disilent
  • Selama wawancara berlangsung peserta tidak diperbolehkan untuk makan, minum, dan merokok

Demikianlah informasi mengenai pendaftaran Universitas Nasional. Bagi Anda yang ingin mengetahui informasi lebih lengkap, kunjungi laman http://pmb.unas.ac.id/. Semoga apa yang telah kami berikan bisa memberikan informasi terkait dengan pendaftaran UNAS, hati-hati terhadap segala bentuk penipuan yang mengatas namakan kampus UNAS. Selamat Mencoba.
GET IT ON Google Play