Cara Pendaftaran Online ITN 2018/2019

ITN.ac.id - Cara Pendaftaran Online (ITN) Mahasiswa Institut Teknologi 2018/2019 Nasional Malang Institut Teknologi Nasional Malang (ITN Malang) adalah salah satu perguruan tinggi milik swasta yang didirkan oleh Yayasan Pendidikan Umum dan Teknologi Nasional Malang pada tahun 1969.Sebelumnya ITN Malang bernama Akademi Teknik Nasional (ATN) Malang yang ketika didirikan baru memiliki dua jurusan, yakni Teknik Mesin dan Teknik Sipil.

Di tahun 1981, karena ingin memberikan pendidikan hingga tingkat sarjana (S-1), ATN Malang dikembangkan menjadi ITN Malang berdasarkan Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No.0104/0/1983.Institut ini sesuai dengan namanya terletak di Malang, Jawa Timur dengan memiliki dua kampus berbeda yang masih terletak di wilayah Malang.Kampus pertama terletak di Jalan Bendungan Sigura-gura No.2 dengan lahan seluas 4 ha.Sedangkan kampus kedua berada di Jalan Raya Karanglo km.2 dengan luas 65 ha.Jarak antara kampus pertama dengan kampus kedua kira-kira 7 km.

Cara Pendaftaran Online ITN 2018/2019


Fakultas dan Jurusan Institut Teknologi Nasional (ITN) Malang

ITN Malang memiliki berbagai jenjang pendidikan tinggi, mulai dari jenjang D-3, S-1, hingga S-2.ITN Malang memiliki dua fakultas, yakni :
  1. Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan (FTSP) dan 
  2. Fakultas Teknologi Industri (FTI).
  3. Untuk FTSP terdiri dari program studi Teknik Sipil (S-1), Arsitektur (S-1), perencanaan Wilayah dan Kota (Teknik Planologi) (S-1), Teknik Geodesi (S-1), dan Teknik Lingkungan (S-1). 
  4. Sedangkan untuk FTI, terdiri dari program studi Teknik Mesin (S-1), Teknik Elektro (S-1), Teknik Industri (S-1), Teknik Kimia (S-1), Teknik Informatika (S-1), Teknik Mesin (D-III), Teknik Listrik (D-III), dan Teknik Industri (D-III). 
  5. Selanjutnya untuk Pasca Sarjana Magister Teknik, ada dua pilihan yang bisa dipilih.

Di ITN Malang sendiri terdiri dari Kelas Reguler dan Kelas Karyawan, baik untuk jenjang D-III maupun S-1. Untuk Kelas Reguler terdiri dari beberapa jalur penerimaan mahasiswa, di antaranya Jalur Ujian, Jalur Kemitraan, Jalur Prestasi, Jalur Bidik Misi, Penerimaan Mahasiwa Pindahan, serta Penerimaan Mahasiswa Alih Program. Sedangkan untuk Kelas Karyawan, penerimaan mahasiswa menggunakan Jalur Ujian, Jalur Kemitraan, dan Penerimaan Mahasiswa Alih Program.


Syarat Pendaftaran Institut Teknologi Nasional (ITN) Malang

Secara umum, ketentuan untuk mendaftarkan diri sebagai mahasiswa di ITN Malang terbagi menjadi dua, yaitu untuk mahasiswa dari Indonesia dan asing. Untuk persyaratannya, sebagai berikut:

Pendaftaran untuk mahasiswa dari Indonesia
  • Menyerahkan fotokopi yang telah dilegalisir rapor kelas XII
  • Menyerahkan fotokopi legalisir sebanyak 1 (satu) lembar untuk STTB/STL atau Ijazah Paket C. Jika STTB SMA/SMK sedang dalam proses penyelesaian, maka dapat menyerahkan STTB SMP.
  • Menyerahkan fotokopi KTP, KK, dan Akte Kelahiran masing-masing 1 (satu) lembar.
  • Menyerahkan pas foto berwana sebanyak 3 (tiga) lembar ukuran 3 x 4
  • Membayar biaya pendaftaran sebesar Rp 300.000,- serta mengisi formulir pendaftaran.

Pendaftaran untuk mahasiswa asing (bukan WNI)
  • Memiliki izin belajar dari Kemenristek Dikti
  • Memiliki kemampuan Bahasa Indonesia yang baku
  • Menyerahkan fotokopi yang telah dilegalisir ijazah SMA sederajat sebanyak 2 (dua) lembar
  • Menyerahkan fotokopi Kartu Identitas sebanyak 1 (satu) lembar
  • Menyerahkan pas foto berwana sebanyak 3 (tiga) lembar dengan ukuran 3 x 4
  • Membayar biaya pendaftaran sebesar Rp 300.000,- dan mengisi formulir pendaftaran.
  • Menyerahkan bukti pembayaran dari Bank (BNI, BRI, CIMB Niaga) untuk segala ketentuan administrasi sesuai ketentuan yang berlaku.

Untuk melakukan pembayaran biaya pendaftaran dapat dilakukan melalui Bank BNI Cabang Malang atas nama (a.n.) Rektor ITN Malang dengan nomor rekening 0429837497. Setelah membahas mengenai alur pendaftaran dan pembayaran, pembahasan yang tidak kalah pentingnya adalah beberapa macam jalur penerimaan. Telah disebutkan sebelumnya bahwa ITN Malang menerima mahasiswa melalui beberapa jalur dan berikut ini pembahasannya:


Penerimaan Jalur Ujian

Untuk penerimaan jalur ujian, terbuka untuk siswa SMA/SMU, SMK (di bidang teknik) atau MA untuk mengikuti Seleksi Masuk ITN yang terdiri dari Tes Potensi Akademik (TPA) yang bertujuan untuk mengukur bakat dan kemampuan calon mahasiswa di bidang akademik.


Penerimaan Jalur Kemitraan

Untuk penerimaan jalur kemitraan merupakan kerjasama yang terjalin anatara ITN Malang dengan SMA, SMK (di bidang teknik), MA maupun pemerintah daerah dan negara sahabat. Bagi para siswa yang terpilih dapat diterima sebagai mahasiswa di ITN Malang tanpa mengikuti tes dengan ketentuan berikut ini:
  • Secara bersama-sama pihak sekolah, pemerintah daerah maupun pihak lain mengusulkan secara bersama berdasarkan undangan ITN Malang sesuai dengan MOU yang telah disepakati bersama sebelumnya
  • Calon mahasiswa menyelesaikan persyaratan administrasi sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

Penerimaan Jalur Prestasi

Penerimaan jalur prestasi didasarkan kepada prestasi akademik dan non akademik para siswa SMA/SMU, SMK (di bidang teknik) ataupun MA selama berada di kelas XII. Para siswa berprestasi tersebut dapat diterima sebagai mahasiswa di ITN Malang tanpa melalui tes dengan ketentuan sebagai berikut:
  • Memiliki nilai rapor rata-rata minimal 80 di kelas XII atau berprestasi di bidang olahraga dan/atau seni minimal I tingkat kabupaten/kota selama menjadi siswa kelas X-XII yang dilengkapi dengan piagam/bukti lain yang diakui secara sah
  • ITN Malang memberikan penghargaan atas prestasi yang diperoleh calon mahasiswa ITN Malang dengan membebaskan biaya SPP semester pertama, jika calon mahasiswa memenuhi satu dari dua syarat berikut, yaitu
  • Memiliki nilai rapor rata-rata minimal 85 di kelas XII
  • Memiliki prestasi di bidang olahraga dan/atau seni minimal tingkat propinsi selama menjadi siswa kelas X-XII yang dibuktikan dengan piagam/bukti yang diakui secara sah.

Proses pendaftaran dilaksanakan melalui online pada situs resmi https://itn.ac.id/ mereka yang sudah memenuhi syarat mendaftar dapat lanngsung melakukan pendaftaran secara online, sebagai salah satu informasi bahwa ITN adalah salah satu kampus dengan pengelolaan alumni terbaik versi ristek dikti meski swasta bisa dibilang kampus ini cukup termana untuk bisa mendaftar anda cukup mengakses secara online, semoga apa yang telah saya berikan bisa memberikan penjelasan dan dapat membantu terima kasih selamat mencoba.
GET IT ON Google Play